Comscore Tracker

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Sama

Pahami ini selain untuk mempercantik rumah

Armrest atau sandaran lengan biasanya jadi salah satu faktor yang mempengaruhimu saat memilih kursi. Fungsinya memang untuk menyangga lengan saat kita duduk sehingga memastikan bahu berada dalam posisi rileks. Namun, ini hanya berlaku bila ketinggian dan lebarnya pas. 

Untuk itu, saat membeli kursi berlengan ada baiknya kamu menimbang beberapa hal di bawah. Tak semua lengan kursi itu sama, beberapa dibuat dengan fungsi atau kegunaan yang sedikit berbeda. Cari tahu, yuk. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jenis Usaha untuk Pebisnis Pemula, Lihat Prospeknya!

1. Lengan banyak ditemukan pada lounge chair 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samakursi lounge dengan armrest (bedthreads.com.au)

Fungsi utama armrest atau lengan kursi adalah menyangga lengan dan membantu tangan serta lengan kita berada di posisi yang senyaman mungkin. Tak heran kalau kemudian, ia sering ditemukan pada lounge chair atau kursi yang fungsinya untuk bersantai. 

Biasanya posisinya lebih rendah dari sandaran sehingga kursi bisa memberikan support pada punggung dan lengan dengan maksimal. Contohnya seperti kursi berlengan di atas. Ideal untuk membaca karena kamu bisa menyandarkan siku atau lengan di armrest yang berada di kedua sisi kursi. 

2. Bisa ditambah bantal sendiri 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samakursi berlengan kayu (design-milk.com)

Jika kurang nyaman karena lengan kursinya terbuat dari bahan yang keras, kamu bisa menambahkan bantalan sendiri. Namun, untuk tujuan ini silakan cari kursi yang ukurannya agak lebar, sehingga bantal bisa masuk tanpa menyita banyak ruang untuk tubuhmu. 

Bila tak yakin bisa mendapatkan bantal yang ukurannya pas, cari deh kursi berlengan yang sudah dilengkapi bantalan. Desain bongkar pasang begini memudahkanmu untuk melakukan perawatan.

3. Armrest yang tinggi bukan untuk menyangga lengan

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samakursi lengan rotan (instagram.com/the_citizenry)

Jika menemukan kursi dengan armrest yang lumayan tinggi, bahkan sejajar dengan sandaran, ini artinya ia bukan ditujukan untuk menyangga lengan semata. Sisi-sisi kursi yang melingkar bisa dipakai untuk menyangga tubuh secara keseluruhan. 

Misalnya kamu ingin agak condong ke kiri atau ke kanan tanpa khawatir jatuh. Jika memilih tipe kursi seperti ini, pastikan lebar dudukannya agak lapang karena cenderung terasa sempit. 

Baca Juga: 6 Tips Memilih Perabot untuk Rumah Baru Agar Tak Menyesal

4. Lebih cocok disebut ekspansi dari sandaran, bukan armrest 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samakursi Little Petra (instagram.com/andtradition)

Sisi kiri kanan yang melengkung pada sofa di atas mungkin mirip dan disamakan dengan armrest. Padahal kalau diperhatikan lebih seksama, mereka lebih tepatnya masih jadi bagian dari sandaran kursi. 

Kursi karya Little Petra dari desainer Viggo Boesen ini memang didesain untuk memberikan kenyamanan seperti pelukan. Jadi, pengguna bisa bersandar dalam posisi paling nyaman, tidak harus tegak lurus.  

6. Armrest yang sejajar dengan sandaran yang pendek 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samasofa dengan armrest empuk (instagram.com/haydesign)

Beda lagi dengan model sofa berlengan di atas. Ia terlihat sejajar dengan sandaran karena sofa memang didesain dengan sandaran punggung yang pendek. Saat diduduki, ketinggian armrest akan pas dengan posisi lenganmu. 

Hal menarik lainnya dari sofa ini adalah bahan armrest yang sama persis dengan sofa, sehingga sama-sama empuk dan nyaman. Lebarnya dibuat lebih besar dari ukuran lengan manusia normal, jadi bisa pula diduduki. 

6. Ukuran lebar dan tinggi lengan kursi yang ideal 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samasofa berlengan (instagram.com/fritzhansen)

Sebenarnya ukuran lebar armrest tidak perlu terlalu besar. Cukup ramping yaitu minimal 2 inci atau sekitar 5-6 cm lebarnya dan dengan panjang minimal 8 inci atau 20-21 cm. Sofa ruang tamu di atas bisa jadi contohnya. 

Posisinya berada lebih rendah dari sandaran yang bisa menyangga sebagian besar bagian punggung kita. Bahannya pun cukup empuk, tetapi tidak pula terlalu lemas. 

7. Sandaran lengan untuk kursi kerja 

7 Tips Memilih Kursi Berlengan, Tidak Semuanya Punya Fungsi Samalengan untuk kursi kerja (instagram.com/fritzhansen)

Tidak hanya sofa dan lounge chair yang butuh armrest, kursi kerja ternyata juga bisa diberi fitur tambahan ini. Fungsi armrest ini bisa memberikan support yang optimal untuk memastikan lengan sebagai kelanjutan dari tangan di meja berada dalam keadaan rileks sempurna sehingga tidak menimbulkan tekanan pada bahu selama kita bekerja. Untuk itu, ada baiknya memilih kursi yang adjustable ketinggiannya sehingga bisa disesuaikan dengan postur masing-masing individu. 

Armrest untuk kursi kerja diposisikan berjarak dari sandaran untuk memungkinkan pengguna tetap leluasa bergerak. Lebarnya pun akan lebih ideal bila tidak terlalu kecil sehingga bisa menyangga siku dan lengan dalam waktu lama tanpa menimbulkan rasa sakit. 

Membeli furnitur bukanlah perkara gampang, apalagi kalau kamu membelinya lewat toko daring. Semoga tips di atas bisa membantumu membeli produk dengan lebih jeli, ya. 

Baca Juga: 6 Tips Tetap Nyaman saat Memilih Tinggal Sendirian di Rumah

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya