Comscore Tracker

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022

Mulai dari penerapan disco ball hingga DIY tiles 

Dewasa ini, aplikasi TikTok memang dikenal sebagai platform kelahiran banyak tren baru. Bahkan, tak jarang yang menggunakan TikTok sebagai gudang inspirasi dan motivasi. Salah satu cukup sering dibahas adalah seputar inspirasi dekorasi ruangan

Selama awal hingga pertengahan tahun 2022 ini, tren dekorasi pun berkembang pesat. Ada banyak hal baru yang mungkin menarik untuk diadopsi di rumahmu sendiri. Tren dekorasi ruangan yang menjamur di TikTok sendiri banyak terinspirasi dari kebangkitan desain khas 1970-an, cottage core, dan maksimalisme.

Cek langsung sederet inspirasi dekorasi ruangan berikut, yuk!

1. Disco ball 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022lampu disko (instagram.com/softstyle_handmade)

Disco ball adalah salah satu warisan tahun 70-an yang kembali populer berkat TikTok. Nuansa yang ia bawa adalah kegembiraan dan kemeriahan ala pesta. Meski tergolong benda yang dengan kesan maksimalis, disco ball memiliki warna perak yang cukup netral. 

Ia masih oke diletakkan di ruangan minimalis dan industrialis, kok! Paling ideal, disco ball ini juga bisa diletakkan di dekat jendela atau lokasi yang terkena eksposur matahari. Dijamin ornamen ini akan memantulkan percikan cahaya yang indah. 

2. Lampu jamur 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022lampu jamur (instagram.com/mia_loves_things)

Lampu jamur juga tergolong inovasi desain tahun 1960-70-an. Di era tersebut, desain interior berkembang pesat seiring meningkatnya kesejahteraan penduduk dan tren materialisme serta konsumerisme.

Seakan kembali ke masa itu, tahun 2022 pun ditandai dengan kebangkitan ekonomi pasca pandemik COVID-19. Lampu jenis ini pun dilirik karena efektif memeriahkan ruangan yang kelewat minimalistik. Apalagi, lewat tampilan warna-warna mencolok, seperti jingga atau merah. 

3. Ornamen pecah belah

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022barang pecah belah (instagram.com/elinpk)

Sebenarnya, tren kerajinan keramik mulai bangkit sejak 2020 lalu. Namun, hingga sekarang keramik dan barang pecah belah masih jadi primadona dalam dunia seni. Tidak hanya difungsikan secara praktikal, tetapi ornamen keramik dan barang pecah belah menciptakan nilai estetika tersendiri. 

Selain dipakai untuk wadah, ornamen pecah belah, seperti keramik dan gelas, adalah benda ideal untuk menyemarakkan suasana rumah. Ornamen ini bisa jadi detail kecil yang ampuh mengubah segala nuansa ruangan kamu, lho! 

4. Dinding bertekstur 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022dinding bertekstur (instagram.com/salvalopez)

Tren lain yang populer di TikTok adalah dinding bertekstur. Untuk mendapatkannnya bisa dengan berbagai teknik, seperti stucco, plaster, colorwash, dan lain sebagainya.

Meski dibuat tak mulus atau warnanya tak rata, dinding bertekstur justru tampak sempurna ketika diaplikasikan di rumah-rumah minimalis dan industrial. Seakan menjadi penyeimbang dari segala kesederhanaan dan ruang-ruang kosong, dinding macam ini juga sejalan dengan konsep dekorasi cottage core atau rumah-rumah ala pedesaan. 

5. Material organik 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022meja semen (instagram.com/thefinestore)

Sejalan dengan itu, banyak pula orang yang kini memilih material-material organik untuk rumah mereka. Masih sejalan dengan cottage core, tetapi tak canggung diadopsi rumah modern sekalipun. 

Material organik yang dimaksud antara lain, kayu, batuan alam, logam, dan semen. Semuanya memang mahal, tetapi memiliki ketahanan yang tidak perlu diragukan untuk penggunaan jangka panjang. Material yang sederhana dan tentunya ramah lingkungan!

Baca Juga: 5 Dekorasi Interior Gaya Vintage yang Kembali Jadi Tren di Tahun 2022

6. Cermin asimetris 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022cermin asimetris (instagram.com/lastchancemirror)

Tren dekorasi ruangan TikTok berikutnya adalah cermin asimetris. Ornamen ini umumnya didesain tanpa bingkai sehingga tampil lebih minimalis dan elegan, tetapi tetap eklektik.

Tren ini sedikit bergeser dari tren tahun 2021 yang menasbihkan statement mirror atau cermin dengan bingkai bold sebagai produk yang dicari. Cermin asimetris bisa diletakkan di berbagai ruangan, mulai dari kamar mandi, ruang tengah, hingga kamar tidur. Ornamen ini lebih baik digantung untuk menghemat tempat. 

7. Pendant lamp 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022pendant lamp (instagram.com/santacole)

Di tahun 2020-an ini tampaknya bakal lebih banyak orang yang fokus pada penggunaan lampu guna mempercantik ruangan. Tidak puas dengan bohlam biasa, lampu-lampu dengan kap pun mulai dilirik. Salah satunya lampu gantung pendant seperti ini. 

Ornamen ini mampu memberikan kesan mewah atau menambah estetika di ruangan apapun. Tidak hanya di ruang tamu dan ruang tengah, keberadaannya juga menawan di kamar mandi, bahkan dapur serta ruangan makan. 

8. Black accent 

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022aksen hitam di ruang makan (instagram.com/m.a.r.c.c.o.s.t.a)

Warna hitam kerap dimanfaatkan sebagai peningkat kesan modern di ruangan. Ornamen ini berpadu sempurna dengan material organik, seperti batuan alam, semen, logam, dan kayu. 

Untuk penempatannya, kamu bisa menaruh warna hitam di kusen pintu atau jendela, kaki kursi, table top, lampu, bahkan detail kecil lain, misalnya macam guci dan vas. Kalau jeli terkait penempatannya, warna hitam justru terlihat mewah yang jauh dari kesan suram, lho! 

9. Handmade tiles

9 Tren Dekorasi Rumah yang Menjamur di TikTok Tahun 2022ubin yang dicat tangan (instagram.com/noi_estudio)

Masih sejalan dengan maksimalisme, klasik 70-an, serta cottage core, tren handmade tiles pun masih jadi primadona di ranah desain interior dan eksterior. DIY tiles sendiri merujuk pada ubin yang dibuat dengan tangan sehingga menghasilkan potongan dan warna yang tidak sama persis. 

Handmade tiles yang paling populer adalah terracotta dan zellige. Namun, bisa juga kamu buat dengan menggunakan keramik biasa yang kemudian dicat sendiri atau diberi corak dengan teknik stencil. 

Bicara tren memang tak ada habisnya, apalagi tren dekorasi ruangan yang belakangan sangat menjamur di TikTok. Namun, tetap hati-hati dalam memilih tren mana yang ingin kamu adopsi, lho! Biar tak menyesal, coba temukan tren yang timeless dan paling sesuai dengan seleramu saja, ya!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Bertema Parisian Chic, sedang Tren!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya