Comscore Tracker

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interior

Usahakan meletakkan televisi dan meja kerja di luar kamar

Memiliki hunian nyaman dengan interior indah mungkin menjadi impian banyak orang. Terlebih untuk ruangan pribadi seperti kamar tidur, yang menjadi tempat utama melepas lelah dan penat. Ruangan yang damai dan minim gangguan tentu menjadi prioritas, bukan?

Tenang, gak harus menjadi ahli interior untuk mewujudkan tata ruang impian kok. Dilansir dari Insider, berikut tips merancang desain kamar tidur yang nyaman dan praktis. Simak yuk!

1. Jangan terlalu banyak bantal di atas tempat tidur 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorpixabay/Free-Photos

Tren mendekorasi ruangan terkadang membuat orang terlalu bersemangat untuk menambahkan banyak barang tanpa memperhatikan keseimbangan ruangan. Seperti meletakkan banyak bantal di tempat tidur yang sebenarnya justru akan membuat ruangan tidak praktis dan terasa sesak.

Menurut Jody Wallace, pemilik dan desainer di Greylyn Wayne Home Staging & Interior Design, bantal adalah cara bagus untuk menambahkan dimensi dan tekstur pada tempat tidur. Namun jika terlalu banyak, juga akan menyebabkan kekacauan dan membutuhkan waktu lama untuk merapikan tempat tidur.

Ia menyarankan, meletakkan tiga bantal di atas tempat tidur mungkin cukup untuk menjaganya tetap rapi dan praktis. Menurutnya jumlah tersebut juga akan menciptakan keseimbangan ruangan yang memuaskan.

2. Minimalkan distraksi di meja samping kasur 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/Tyler Schaefer

Tak hanya meminimalkan gangguan pada tempat tidur, mengurangi distraksi pada meja samping tempat tidur juga penting dilakukan. Menurut Sara Beverin, desainer interior di Interior Marketing Group, cukup meletakkan beberapa item seperti segelas air, kotak tisu dan pelembab bibir pada meja samping kasur. Karena sisanya hanya akan menghabiskan tempat dan menjadi sarang debu.

3. Menyesuaikan ukuran meja samping tempat tidur dengan tinggi kasur 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorpixabay/Pexels

Sara Ray, pemiliki Desain Interior Sara Ray di Nashville, Tennessee, juga menyarankan untuk menyesuaikan ukuran meja samping tempat tidur dengan tinggi kasur. Ia mengatakan bahwa memiliki meja samping tempat tidur dengan ukuran dan tinggi yang pas merupakan kebutuhan yang mutlak.

Karena jika ukuran meja terlalu pendek atau tinggi, akan membuat tidak nyaman saat menjangkau barang-barang di atas meja dari tempat tidur. Sara Ray juga menyarankan untuk memiliki meja yang berukuran lebar untuk meletakkan beberapa item.

Baca Juga: 13 Desain Kamar Mandi dengan Wastafel Mini yang Efisien

4. Cukup menambahkan dua tanaman hias kecil di dalam kamar 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/Francesca Tosolini

Menambahkan tanaman hias dalam ruangan, kini memang menjadi tren yang banyak diminati. Apakah kamu termasuk salah satunya yang menyukai tanaman hias indoor untuk interior kamu?

Biar tetap nyaman dan tidak merusak area tidurmu, Desainer interior, Wallace, merekomendasikan cukup memiliki dua tanaman kecil atau satu tanaman besar untuk diletakkan dalam kamar. Ia juga menyarankan supaya menggantung tanaman kecil dalam ayunan makrame untuk menghemat ruang.

5. Meminimalkan dekorasi dinding 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/SHOP SLO®

Bermain dekor untuk ruangan pribadi memang sangat menyenangkan. Seperti menambahkan kutipan  atau frasa inspiratif pada dinding kamar. Namun, terlalu banyak aksen dinding dekoratif ternyata justru akan menimbulkan banyak distraksi, lho!

Menurut Wallace, jika ingin menambahkan aksen dekoratif pada dinding, sebaiknya pilih saja beberapa item yang sentimental. Karena jika terlalu banyak item,  otak kita justru akan menjadi kewalahan dan tidak fokus pada motif terpenting dalam ruangan. Kamu bisa menggantung beberapa foto, cermin, atau kutipan yang paling mempengaruhi pemikiran kamu.

6. Jika ingin menambahkan karpet, pilihlah ukuran terbesar yang sesuai dengan ukuran kamar  

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/Nikole Enns

Menurut Sara Beverin, ukuran karpet sebenarnya menentukan ukuran visual sebuah ruangan. Semakin besar ukuran karpet, akan membuat ruangan terlihat lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya memilih ukuran karpet terbesar yang pas untuk ukuran kamar kalian.

Megan Gorelick, desainer interior berbasis di Delaware sekaligus pemilik Megan Gorelick Interiors, menyarankan untuk memilih karpet yang bisa menutup sebagian besar ruangan. Pilihlah karpet yang berukuran sedekat mungkin dengan batas ruangan dan menyisakan sekitar enam inci di semua sisinya, jika ventilasi lantai memungkinkan.

7. Memilih cat tembok dengan warna yang tidak terlalu mencolok 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/Isaac Quesada

Desain interior memang bersifat pribadi. Semua orang memiliki preferensinya masing-masing. Meskipun demikian, Tammy Connor, pemilik Tammy Connor Interior Design menyarankan untuk tidak memilih warna cat dinding yang telalu cerah dan berani. Karena warna-warna ini sebetulnya tidak menenangkan untuk tempat istirahat.

8. Pemilihan pencahayaan yang tepat 

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorunsplash/isaac jarnagin

Sistem pencahayan dalam kamar tidur juga menjadi faktor kenyamanan yang penting. Sara Lanniciello, rekan senior dan direktur desain di Whitehall Interiors New York, menyarankan untuk menghindari pencahayaan fluoresecent untuk kamar tidur. Karena pencahayaan jenis ini memiliki pancaran cahaya yang terlalu tinggi. Sebaiknya kamu menggunakan bohlam LED dengan pancaran yang lebih lembut.

9. Sebaiknya tidak meletakkan meja kerja dan TV dalam kamar  

9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interiorpixabay/Pexels

Tujuan mendesain kamar tidur adalah untuk menciptakan tempat yang tenang dan damai. Adanya tumpukan kertas, folder, maupun elektronik dalam kamar bisa saja menyebabkan tidur tidak berkualitas. Wallace juga menyebutkan bahwa memiliki televisi atau menonton hiburan di kamar dapat menyebabkan gelisah dan kekacauan.

Itulah rekomendasi ahli bagaimana merancang desain interior kamar tidur yang nyaman dan minim gangguan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Estetis untuk Rumah Mungil, Nyaman!

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

Words heal me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya