Comscore Tracker

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak Gelap

Bebas dari bahan kimia berbahaya

Saat ini, deodoran telah menjadi kebutuhan banyak orang untuk mengatasi masalah bau badan serta keringat berlebih. Sayangnya, tak sedikit deodoran yang mengandung berbagai bahan yang bersifat keras, sehingga menyebabkan ketiak gelap dan kasar.

Solusinya, kamu bisa lho memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai pengganti deodoran. Bahan-bahan alami ini jelas minim dari bahan kimia berbahaya, sehingga tidak akan menyebabkan ketiak menjadi gelap atau kasar, tapi tetap ampuh mengatasi bau badan dan ketiak basah.

Dikutip dari laman Tree Hugger dan Bicycling, inilah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti deodoran.

1. Soda kue dan tepung maizena 

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak GelapUnsplash.com/Jess Bailey

Soda kue bisa digunakan sebagai alternatif deodoran yang minim bahan kimia tapi efektif untuk melawan bau badan. Kamu bisa mencampurkan soda kue dengan sedikit air tapi jangan sampai larut dan gosokkan pada ketiak.

Kamu juga bisa membuat deodoran dari campuran soda kue dan tepung maizena untuk melawan bau badan serta membantu mencegah ketiak basah. Campurkan soda kue dan tepung maizena dengan perbandingan satu banding enam dan taburkan sedikit di ketiak.

2. Lemon

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak Gelapunsplash.com/Louis Hansel

Asam sitrat dalam jus lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Nah, kamu bisa mengoleskan irisan lemon setiap hari pada ketiak untuk mengatasi bau tak sedap. Akan tetapi, pastikan kamu tidak mengoleskan jus lemon ke ketiak yang baru saja dicukur karena akan menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: 6 DIY Pengharum Ruangan dari Bahan Alami yang Murah dan Aman

3. Rubbing alkohol

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak Gelapamazingy.com

Rubbing alkohol adalah bahan yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti deodoran karena bisa membunuh bakteri penyebab bau. Cukup isi botol semprot dengan alkohol dan semprotkan ke ketiak.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit untuk memberinya aroma. Misalnya, witch hazel yang mampu menyerap minyak dan bersifat astringen ringan, atau tea tree oil untuk membantu meredakan bau badan.

4. Minyak kelapa

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak Gelapunsplash.com/Tijana Drndarski

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat membunuh beberapa bakteri yang memicu bau. Ditambah, minyak kelapa memiliki aroma alami yang khas untuk menutupi bau.

Minyak kelapa juga mudah diaplikasikan dan dapat bekerja sepanjang hari. Hanya saja, jangan menggunakannya terlalu banyak, karena akan terasa sangat berminyak dan mungkin tidak nyaman.

5. Cuka apel

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Deodoran, Gak Bikin Ketiak Gelapunsplash.com/Jacek Dylag

Cuka apel bersifat antiseptik sehingga tidak hanya mengatasi bau badan tapi juga membersihkan jerawat pada ketiak dengan cepat. Walaupun saat pertama kali diaplikasikan akan tercium aroma asam yang cukup menyengat, tapi aroma ini akan memudar dengan cepat.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pengganti deodoran, celupkan kapas ke dalam cuka apel lalu oleskan ke ketiak dan tunggu sebentar hingga baunya hilang. Kamu juga bisa mengaplikasikan kembali cuka apel jika diperlukan.

Selain menjadi alternatif pengganti deodoran yang lebih aman, bahan-bahan di atas juga bisa mengatasi berbagai masalah ketiak akibat penggunaan deodoran yang keras, seperti kulit gelap, kasar, hingga jerawat. Jadi, kamu mau mencoba?

Baca Juga: 8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya