Comscore Tracker

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahu

Sangat membantu pekerjaan sehari-hari

Bedak bayi biasanya digunakan oleh bayi untuk menyegarkan tubuh maupun mengatasi ruam popok. Namun, karena aromanya yang sedap, tak jarang orang dewasa juga menggunakan bedak bayi untuk menyegarkan tubuh.

Padahal, selain menyegarkan tubuh dan mengatasi ruam popok, bedak bayi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Ya, bedak bayi adalah produk yang sangat berguna untuk berbagai hal dan pastinya akan meringankan berbagai pekerjaanmu. Ditambah, harga bedak bayi relatif murah sehingga bisa menjadi alternatif bagi banyak produk yang lebih mahal.

Namun, kira-kira apa saja kegunaan lain dari bedak bayi? Daripada makin penasaran, simak penjelasannya di sini, yuk!

1. Menyegarkan sepatu

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Grailify

Sepatu yang bau dan lembap bisa mengganggu pemakai dan orang-orang di sekitar. Jika sepatumu dalam kondisi lembap dan bau sedangkan belum sempat mencucinya dalam waktu dekat, kamu bisa memanfaatkan bedak bayi untuk mengatasi masalah ini.

Taburkan sedikit bedak bayi di dalam sepatu yang berbau dan biarkan semalaman. Saat pagi, cukup kibaskan bedak bayi, bahkan kamu bisa mendiamkannya untuk menghilangkan bau tak sedap. Bedak bayi berfungsi menyerap kelembapan dan menghilangkan bau yang membandel, yang membuat sepatu jadi lebih segar seketika.

2. Mengusir semut 

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Anton Darius

Bedak bayi bisa digunakan untuk mengusir semut dan serangga lainnya. Cukup taburkan secukupnya bedak bayi di sekitar kaca jendela, di celah-celah lantai, dan tempat lain yang kerap didatangi semut.

Cara ini cukup efektif karena semut tidak bisa melewati bedak sehingga kamu akan aman dari hama-hama kecil tersebut. Selain itu, bedak bayi juga dinilai lebih aman dan murah daripada menggunakan bahan kimia pembunuh semut, terutama untuk digunakan di tempat-tempat yang dekat dengan makanan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Skincare Set untuk Remaja, dari Face Wash hingga Bedak

3. Mempermudah waxing

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Manki Kim

Waxing merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan rambut di tubuh. Sayangnya, waxing dapat meninggalkan rasa sakit dan kemerahan. Namun, jika kamu menaburkan sedikit bedak bayi ke kulit sebelum mengoleskan lilin. Ini akan membantu membuat keseluruhan proses tidak terlalu menyakitkan.

Sebab, bedak bayi akan menyerap kelembapan yang memungkinkan lilin bekerja lebih baik karena akan menempel pada setiap helai rambut. Ditambah, ini melindungi kulit sehingga tidak terlalu merah dan menyakitkan.

4. Sebagai sampo kering

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahupexels.com/element5 digital

Jika rambut terlanjur lepek, tapi belum sempat keramas, kamu bisa menggunakan bedak bayi sebagai sampo kering. Kamu tinggal memercikkannya ke sisir lalu menyisir rambut ke akar. Cara ini akan menghilangkan minyak dan lemak serta membuat rambut terlihat seperti habis keramas.

Ditambah, baunya juga harum sehingga mampu menyamarkan bau keringat. Dengan menggunakan bedak bayi, rambut tidak hanya akan terlihat bagus, tetapi juga akan wangi sampai keramas berikutnya.

5. Menyegarkan lemari dan karpet

Selain untuk Bayi, 5 Fungsi Lain dari Bedak Bayi yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Lauren Fleischmann

Lemari atau laci yang apak dapat membuat baju menjadi turut berbau tidak sedap. Untungnya, lemari atau laci yang apak bisa disegarkan kembali dengan bedak bayi. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit ke dalam stoples atau piring dan menaruhnya di dalam lemari. Sifat bedak bayi yang menghilangkan kelembapan membuatnya sempurna untuk menjaga lemari dari bau apak.

Selain untuk lemari, kamu juga bisa menggunakan bedak bayi untuk menyegarkan karpet. Taburkan saja bedak bayi tipis-tipis pada karpet. Biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian sedot. Ini adalah trik yang bagus untuk menghilangkan bau apak, bahkan bau yang lebih menyengat, seperti asap rokok.

Ternyata, banyak juga manfaat bedak bayi selain untuk mengharumkan tubuh. Jika kamu menghadapi masalah-masalah di atas, manfaatkan bedak bayi untuk mengatasinya, ya!

Baca Juga: Tampil Jelita dengan Aman, Ini 6 Rekomendasi Bedak Padat untuk Remaja

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya