Comscore Tracker

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaian

Ternyata, deterjen adalah bahan serbaguna  

Sebagian besar dari kita membeli deterjen hanya untuk mencuci pakaian. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, bisakah deterjen melakukan lebih dari sekadar membersihkan pakaian?Jawabannya adalah ya, bisa.

Deterjen merupakan agen pembersih yang kuat dan dapat dimanfaatkan lebih dari sekadar mencuci pakaian. Berikut adalah beberapa kegunaan yang tidak terduga dari deterjen dirangkum dari laman Taste of Home dan Wise Bread.

1. Membuka saluran yang tersumbat  

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaianilustrasi wastafel (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat ada saluran pembuangan yang tersumbat, jangan buru-buru memanggil tukang ledeng. Kamu bisa memanfaatkan deterjen untuk membuat saluran yang tersumbat lancar kembali.

Masukkan kira-kira seperempat gelas deterjen cair ke wastafel atau saluran lain yang tersumbat, lalu perlahan tuangkan satu ember air panas. Air panas dan deterjen akan bekerja sama untuk membersihkan sumbatan.

2. Pembasmi gulma  

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaianilustrasi gulma (pixabay.com/photoAC)

Deterjen bubuk dapat dimanfaatkan untuk membunuh gulma. Caranya, siapkan satu atau dua cangkir bubuk deterjen, lalu taburkan di atas lumut dan rumput liar yang ingin kamu hilangkan. Setelah itu, diamkan dan biarkan deterjen bekerja.

Selama tiga hingga empat hari berikutnya, kamu akan melihat rumput yang mengganggu berubah menjadi cokelat. Setelah mati, sikatlah dan bilas area tersebut secara menyeluruh.

Baca Juga: Yuk Bikin Sendiri Disinfektan dari Deterjen di Rumah, Simak Caranya

3. Menghilangkan noda bekas buih  

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaianilustrasi busa (unsplash.com/Matthew Tkocz)

Kadang, busa sabun yang dibiarkan di kamar mandi atau wastafel akan meninggalkan bekas yang kotor dan sulit untuk dibersihkan. Sebelum semakin parah, gunakan campuran deterjen bubuk dan air untuk membersihkannya.

Campurkan deterjen dan air hingga menjadi pasta kental yang mudah dioleskan. Oleskan ke area yang kotor, lalu diamkan selama 20 menit agar campuran dapat bekerja. Kemudian, bilas dengan air panas.

4. Mencuci mobil  

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaianilustrasi mencuci mobil (pixabay.com/VintageBlue)

Deterjen bekerja sangat baik untuk mencuci bagian luar mobil karena mudah mengangkat kotoran dan debu. Perlu diingat, kamu wajib mengencerkannya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mencuci mobil, yaitu satu sendok makan deterjen dengan satu ember air. Selain itu, gunakan deterjen dengan formula ringan alih-alih yang kuat.

Ingatlah untuk tidak menggunakan larutan deterjen dengan konsentrasi terlalu tinggi. Sebab, deterjen yang terlalu kuat dapat merusak cat mobil.

5. Membersihkan lantai  

5 Kegunaan Lain dari Deterjen, Bukan Hanya Mencuci Pakaianilustrasi mengepel lantai (pexels.com/SHVETS production)

Deterjen mengandung enzim pembersih yang ampuh untuk menghilangkan kotoran dari lantai. Untuk menggunakannya sebagai obat pel, isi ember pel dengan air panas, lalu tambahkan satu sendok teh deterjen dan gunakan untuk mengepel.

Pastikan untuk memeras sebanyak mungkin air dari alat pel saat kamu mengepel karena pel yang terlalu basah akan meninggalkan bekas di lantai. Bila perlu, kamu dapat membilas lantai dengan air biasa.

Gimana? Tertarik memanfaatkan deterjen untuk hal-hal di atas? Kalau kamu, adakah cara lain yang biasa kamu lakukan untuk memanfaatkannya? Meskipun deterjen adalah pembersih yang serbaguna, tapi ingatlah untuk selalu menggunakannya dengan bijak.

Baca Juga: 7 DIY Hair Spa di Rumah, Cukup dengan Bahan Alami!  

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya