Comscore Tracker

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumah

Bantu kurangi limbah sekaligus belajar hemat

Barang bekas kebutuhan rumah tangga, seperti toples, kardus, produk perawatan tubuh, dan sebagainya kerap dianggap sebagai sampah yang membuat rumah kotor, sehingga banyak orang yang memilih untuk langsung membuangnya. Yang kemudian membuat limbah di lingkungan makin menumpuk.

Padahal, barang-barang yang dianggap limbah ini sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali. Selain mengurangi limbah lingkungan, ini tentunya juga membuat kamu dapat menghemat uang karena tidak perlu membeli barang-barang yang baru.

Langsung saja, berikut ini enam cara memanfaatkan barang-barang bekas di rumah.

1. Stoples dan jar kaca

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahunsplash.com/Maud Bocquillod

Limbah kaca memang termasuk limbah yang bisa didaur ulang, tetapi kamu juga bisa menggunakannya kembali untuk mengurangi limbah di lingkungan. Stoples kaca bisa menjadi wadah yang bagus untuk menyimpan bumbu dapur, aksesori, ataupun kebutuhan kamar mandi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jar kaca atau gelas sebagai pot tanaman atau terarium yang kece.

2. Item kamar mandi

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahpexels.com/Karolina Grabowska

Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok benda-benda yang kotor, seperti peralatan dapur yang gosong dan berkerak, keran air, hingga sepatu. Kamu juga bisa membersihkan sikat gigi bekas dan menggunakannya kembali sebagai sikat alis, aplikator pewarna rambut, atau membersihkan peralatan elektronik.

Bekas kemasan pasta gigi yang telah kosong dapat digunakan kembali sebagai corong atau untuk untuk wadah frosting saat membuat kue. Selain dengan, wadah deodoran yang sudah kosong bisa diisi kembali dengan deodoran DIY yang resepnya banyak tersedia di internet.

3. Karton telur

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahunsplash.com/Debby Hudson

Karton telur bekas yang sudah dibersihkan bisa dimanfaatkan untuk membekukan bahan makanan dalam porsi individu, seperti adonan-adonan kue, bakso, roti, dan sebagainya. Karton telur bekas juga bisa digunakan untuk memulai pembibitan tanaman. Bisa juga digunakan untuk menyimpan berbagai barang, seperti bola golf, hingga pernak-pernik agar lebih rapi.

Baca Juga: 16 Inspirasi Busana Hijab dari Bahan Daur Ulang di Fashion Rhapsody

4. Kotak sepatu

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahunsplash.com/Grailify

Kotak sepatu dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan untuk berbagai benda, mulai dari skincare, kosmetik, buku, pernak-pernik, hingga pakaian. Supaya lebih menarik, kamu bisa membungkus kotak sepatu yang sudah tidak terpakai dengan kertas warna-warni atau kertas kado. Juga, kamu bisa menggabungkan beberapa kotak sepatu sekaligus untuk dibuat sebagai laci atau tempat penyimpanan yang lebih besar lainnya.

5. Pakaian bekas

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahunsplash.com/Lauren Fleischmann

Pakaian yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan dengan beberapa cara. Pertama, kamu bisa memotongnya sebagai kain perca untuk digunakan sebagai hasta karya nantinya. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai lap, cukup dengan memotong-motong kain menjadi ukuran tertentu atau menggunakannya secara langsung. Khusus pakaian berbahan denim, kamu bisa memanfaatkannya sebagai hiasan tas, dompet, atau sampul buku yang kece dengan melihat berbagai referensi yang bisa kamu dapatkan di internet.

6. Pisau cukur sekali pakai

Yuk Cintai Lingkungan, 6 Cara Cerdas Manfaatkan Barang Bekas di Rumahunsplash.com/Brett Jordan

Saat pisau cukur sudah tumpul dan tidak bisa digunakan lagi untuk mencukur, kamu masih bisa menggunakannya untuk menghilangkan kotoran dan bulu-bulu pada sweater. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menghilangkan bulu-bulu dari topi, syal, kaos, dan bahan lainnya.

Jadi, daripada langsung membuang barang bekas yang tidak terpakai, lebih baik biasakan untuk memanfaatkannya kembali menjadi barang lain. Selain mengurangi sampah, ini juga bisa membuatmu lebih hemat karena tidak perlu membeli barang-barang baru.

Baca Juga: Tampak Mewah, 5 Produk Fashion Keren Ini Hasil Daur Ulang Sampah Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya