Comscore Tracker

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap

Cocok ditaruh di kamar atau kamar mandi

Ruangan yang bau tentu saja membuat penghuninya jadi merasa kurang nyaman berada di sana. Untuk itu, orang-orang akan selalu berusaha untuk menghilangkan bau tak sedap pada ruangan. Umumnya, kebanyakan orang menghilangkan bau ruangan dengan menggunakan semprotan, diffuser, atau gel pewangi.

Sayangnya, cara ini kadang kala kurang efektif karena beberapa jenis pewangi ruangan memiliki ketahanan yang rendah. Ditambah, bahan kimia dalam pengharum berpotensi membahayakan kesehatan tubuh.

Solusinya, kamu bisa menaruh tanaman di dalam ruangan. Selain wangi, beberapa jenis tanaman memiliki kemampuan menetralkan bau tidak sedap dan membersihkan udara. Tapi apa sajakah tanaman yang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan? Dikutip dari laman Hunker dan La Jolla, ini dia jawabannya.

1. Lidah mertua

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedapunsplash.com/Kara Eads

Lidah mertua sangat cocok bagi pemula karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk tetap hidup dengan sedikit air, sinar matahari, dan kelembaban.

Lidah mertua tidak memerlukan perawatan karena memiliki waktu pertumbuhan yang lambat. Namun, pupuk dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman lebih cepat.

Lidah mertua cocok ditaruh di kamar tidur karena pada malam hari, tanaman ini menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Selain membantu menurunkan karbon dioksida, tanaman ini juga membersihkan udara dari formaldehida dan benzena.

2. Melati

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedapunsplash.com/Avin CP

Meskipun melati adalah tanaman hias luar ruangan yang biasa ditanam di halaman rumah, melati juga merupakan tanaman hias yang indah untuk di dalam rumah. Tanaman itu mekar dengan bunga putih kecil yang mengeluarkan aroma sedap. 

Karenanya, kamu bisa menaruh satu pot melati di dalam rumah. Sebab, aroma dari satu tanaman melati sudah mampu menghilangkan semua bau tak sedap dari seluruh ruangan.

3. Gardenia

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedapunsplash.com/Joe Pilié

Gardenia adalah tumbuhan berbunga yang termasuk dalam famili rubiaceae. Tanaman ini berasal dari Asia selatan dan daerah tropis Afrika, saat mekar bunga gardenia berwarna kuning pucat atau putih dan beraroma kuat.

Aroma bunganya yang harum dapat menyebar ke seluruh ruangan dan bercampur dengan suasana dalam ruangan, yang secara efektif menghilangkan semua bau tak sedap.

Baca Juga: 11 Tanaman Penjernih Udara Cocok Ditaruh di Kamar, Tidur Jadi Nyenyak!

4. Annual geranium

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedapcrocus.co.uk

Annual geranium adalah anggota genus tanaman pelargonium yang dikenal harum. Pelargonium spp adalah sejenis annual geranium yang banyak digunakan dalam industri parfum Eropa abad ke-19.

Varietas geranium yang berbeda mengeluarkan wewangian yang berbeda pula. Misalnya, pelargonium citronellum beraroma lemon, pelargonium tomentosum beraroma peppermint, pelargonium odoratissimum beraroma apel, dan pelargonium capitatum beraroma mawar. Jadi, kamu bisa memilih tanaman geranium sesuai dengan aroma yang kamu inginkan.

5. Krisan

Indah dan Wangi, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedappexels.com/TGH

Krisan (Chrysantheium morifolium) adalah tanaman berbunga abadi asli Eropa dan Asia. Tanaman serbaguna ini memiliki kegunaan sebagai hiasan, insektisida, obat, hingga kuliner. Bunga krisan sangat harum dan bisa menyegarkan ruangan dengan aroma yang menyenangkan, serta meniadakan semua bau yang tidak sedap.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Aeronautics and Space Administration menunjukkan bahwa tanaman krisan dapat mengurangi pencemaran dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara dengan cara menyerap gas pencemar seperti karbon monoksida dan formaldehida. Krisan juga efektif dalam menghilangkan benzena, pelarut karsinogenik yang ditemukan dalam obat-obatan, karet, plastik, minyak, bensin, dan cat.

Daripada terus terusan menyemprotkan pewangi ruangan yang banyak mengandung bahan kimia, lebih baik taruh tanaman untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan. Selain wangi, tanaman ini juga lebih aman karena tanpa bahan kimia, menyejukkan, dan indah dipandang.

Baca Juga: Mudah Dirawat, 7 Jenis Tanaman Herbal yang Cocok Dipilih oleh Pemula 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya