Comscore Tracker

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!

Jangan sembarangan merawat wajah

Meskipun semakin hari produk kecantikan semakin beragam, tapi itu tidak mengurangi minat banyak orang, khususnya perempuan, untuk menggunakan produk perawatan DIY (Do it yourself).

Solusi DIY mungkin tampak seperti cara paling alami dan terjangkau untuk mengatasi masalah kulit. Namun, tidak semua bahan cocok untuk kulit wajah, bahkan bahan alami dan murni sekalipun.

Kamu harus ekstra hati-hati dengan wajah karena wajah adalah hal pertama yang diperhatikan orang dan tidak boleh sembarangan mengaplikasikan sesuatu ke wajah. Inilah daftar hal yang tidak boleh ditaruh di wajah dirangkum dari laman The List dan Woman's Day.

1. Body lotion

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!pexels.com/Moose Photos

Hanya karena sama-sama berfungsi sebagai pelembap, tapi bukan berarti body lotion boleh diaplikasikan ke wajah. Sebab, body lotion memiliki konsistensi yang jauh lebih tebal dan biasanya mengandung wewangian yang dapat mengiritasi kulit wajah.

Untuk wajah, kamu harus selalu menggunakan sesuatu yang lebih lembut. Terlebih, body lotion hanya berfungsi untuk mengisi kelembapan yang hilang, bukan untuk menargetkan kebutuhan wajah, seperti anti-penuaan.

2. Cuka

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!instagram.com/heinz_sg

Beberapa produk perawatan kulit, khususnya toner, kadang menggunakan cuka atau asam asetat sebagai salah satu bahannya. Namun, bukan berarti kamu bisa mengoleskan cuka ke wajah secara langsung sebagai toner.

Cuka bisa kehilangan air dari waktu ke waktu dan menjadi lebih kuat. Jadi jika kamu menggunakannya pada kulit, cuka benar-benar bisa membakar kulit wajahmu.

Baca Juga: Mengetahui pH Kulit Wajah yang Normal dan Langkah Menyeimbangkannya

3. Lemon

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!unsplash.com/Louis Hansel

Lemon termasuk salah satu bahan yang banyak digunakan pada produk kecantikan, yang biasanya ditargetkan untuk mencerahkan kulit. Namun, kamu dilarang keras mengoleskan lemon langsung ke wajah.

Lemon mengandung bahan kimia psoralen yang membuat kulit jadi sangat sensitif terhadap cahaya. Begitu mengoleskan lemon ke wajah, perlu 24 jam untuk menghilangkan efeknya. Jika kamu kemudian keluar di bawah sinar matahari, kulit akan bisa melepuh. Hal yang sama juga berlaku untuk jeruk nipis.

4. Air hangat atau panas

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!unsplash.com/Michal Balog

Mandi dengan air hangat yang cenderung panas mungkin terasa menenangkan. Tapi, air hangat atau panas ini tidak boleh digunakan untuk membasuh wajah.

Air panas menghilangkan minyak alami kulit dapat menghilangkan kelembapan dari lapisan terluar kulit. Akhirnya, ini akan membuat kulit jadi kering, bahkan bisa memicu breakout.

5. Pasta gigi

Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Ditaruh di Wajah, Bisa Merusak Kulit!pexels.com/PhotoMIX Company

Selama bertahun-tahun, orang telah menggunakan dan memuji pasta gigi sebagai solusi praktis untuk menghilangkan jerawat, padahal itu adalah hal yang buruk. Menggunakan pasta gigi tidak baik untuk kulit dalam jangka panjang.

Meskipun kemungkinan besar pasta gigi akan membantu mengeringkan jerawat, tapi pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan berpotensi membuat kulit menjadi terlalu kering. Alternatifnya, gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Asam salisilat bekerja dengan mengelupas sel-sel kulit mati, sementara benzoil peroksida membunuh bakteri penyebab jerawat.

Periksa lagi, apakah kamu masih menaruh semua hal tersebut di wajahmu. Jika iya, bisa jadi mereka adalah penyebab berbagai masalah kulit wajah yang kamu alami dan perlu segera menjauhkan semuanya dari wajahmu.

Baca Juga: 5 Efek Samping Pakai Pasta Gigi untuk Perawatan Wajah 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya