Comscore Tracker

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulit

Rumah kembali segar seketika #IDNTimesLife

Sebagai tuan rumah, kamu wajib menyambut tamu yang berkunjung ke rumahmu, seperti apa pun karakternya. Saat kedatangan tamu yang kemudian merokok di dalam rumahmu, kemungkinan besar ini akan meninggalkan bau asap rokok yang cukup mengganggu.

Kalau hal ini terjadi di rumahmu, jangan buru-buru merasa kesal. Dengan sedikit usaha, bau rokok di dalam rumahmu bisa hilang dengan cepat sehingga rumahmu tetap segar dan bersih.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghilangkan bau asap rokok di dalam rumahmu yang dirangkum dari laman HGTV dan Quick and Dirty Tips.

1. Tingkatkan sirkulasi udara

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulitilustrasi jendela terbuka (pexels.com/ENGY NAGUIB)

Langkah pertama untuk menghilangkan bau asap dari rumah adalah meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Mulailah dengan membuka semua jendela dan pintu untuk membantu menciptakan angin sepoi-sepoi yang akan menyedot udara kotor keluar.

Untuk ruangan yang tidak terdapat jendela, tempatkan kipas angin untuk mengalirkan udara di sana. Menyalakan kipas angin tidak hanya akan meningkatkan aliran udara, tetapi juga membantu mengeluarkan udara yang berbau lebih cepat. Kamu juga bisa menggunakan filter udara dan dehumidifier untuk mempercepat proses penghilangan bau.

2. Taburkan soda kue

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulitilustrasi bubuk soda kue (unsplash.com/HowToGym)

Soda kue memiliki banyak fungsi selain untuk memasak, salah satunya sebagai penghilang bau asap yang sangat efektif. Soda kue dapat menetralkan molekul bau sehingga sangat cocok untuk mengatasi bau-bauan tidak sedap.

Caranya cukup mudah, taburkan sedikit soda kue pada semua permukaan yang berbau asap, terutama karpet dan permukaan yang dilapisi kain. Biarkan selama sehari, kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Ide Kerajinan Daur Ulang untuk Anak-anak

3. Gunakan cuka untuk membersihkan permukaan keras

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulitilustrasi cuka sari apel (pixabay.com/MikeGoad)

Asap rokok melayang di udara dan dapat mengendap di permukaan keras yang bersentuhan dengannya. Hal ini akan meninggalkan residu berminyak di dinding dan langit-langit. Cara terbaik untuk menghilangkan residu asap dari dinding adalah menggunakan campuran cuka dan air.

Buat lautan cuka dan air dengan perbandingan sekitar 75 persen cuka dan 25 persen air. Jika kamu merasa bau cuka terlalu kuat dan mengganggu, kamu bisa menambahkan air sampai aroma cuka bisa ditoleransi. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama untuk membersihkan lantai dari bau dan residu rokok.

4. Taruh ampas kopi di tempat yang bau

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulitilustrasi kopi bubuk (pixabay.com/congerdesign)

Ampas kopi sering digunakan sebagai pupuk tanaman yang efektif. Namun, ampas kopi tidak harus selalu langsung masuk ke kebun. Ampas kopi bisa menyerap bau dan akan mengisi rumah dengan aroma kopi yang khas.

Caranya taruh semangkuk bubuk kopi di tempat-tempat strategis di rumah atau tempat yang berbau asap rokok. Bersihkan mangkuk setelah sekitar satu hari untuk mencegah jamur.

5. Nyalakan lilin wangi atau dupa

5 Tips Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah secara Efektif, Gak Sulitilustrasi lilin (pixabay.com/pasja1000)

Lilin wangi sering digunakan untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Namun, ternyata lilin wangi dan dupa bisa menjadi solusi yang efektif dan hemat untuk menutupi bau tidak sedap, seperti asap rokok.

Pilih dupa atau lilin dengan wewangian favoritmu, bakar, dan taruh di tempat yang kamu inginkan. Untuk hasil paling efektif, pilihlah wangi vanila atau cedar. Ingatlah untuk tidak meninggalkan dupa atau lilin dalam keadaan terbakar saat kamu tidak berada di dalam ruangan karena itu berpotensi memicu kebakaran.

Jadi, jika lain kali kamu terganggu dengan bau asap rokok di rumahmu, segera praktikkan tips di atas untuk menghilangkan bau asap rokok dengan cepat.

Baca Juga: Punya Sampah Dapur di Rumah? Yuk, Diolah Jadi Kompos

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya