Comscore Tracker

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaran

Bugenvil disebut bunga kertas dan memiliki warna beragam

Bunga bugenvil merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer dan banyak digemari orang. Selain keindahan warna dan bentuknya saat mekar bersamaan, cara menanamnya juga mudah untuk dilakukan bagi orang yang masih pemula dalam hal bercocok tanam. Jika, kamu menyukai bunga bugenvil dan ingin mencoba menanamnya sendiri. Berikut lima cara menanam bunga bugenvil mulai dari setek batang hingga bunganya bermekaran.

1. Siapkan bibit tanaman 

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaranilustrasi batang tanaman bugenvil (pexels.com/Andreea Ch)

Hal pertama untuk menanam bunga bugenvil yaitu, menyiapkan bibit tanamannya. Bibit bisa kamu dapatkan dengan menggunakan teknik setek batang. Pilihlah batang dari tanaman yang sudah bertumbuh dewasa dan kondisinya sehat, tidak terserang hama maupun penyakit.

Setelah batang tanaman bugenvil didapat, potonglah batang tersebut kurang lebih sepanjang 20 cm. Pemotongannya secara menyerong dan ujung batang berbentuk runcing. Lalu, siapkan media tanam berupa pot atau polybag yang telah diisi tanah subur, sekam padi, dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1.

Kemudian, tancapkan batang yang telah kamu potong tadi ke media tanamnya sedalam 3-5 cm. Selanjutnya, siramilah secara rutin sampai batang bertumbuh daun dan menjadi bibit yang siap untuk ditanam.

2. Tahap menanam bibit bugenvil 

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaranilustrasi bunga bugenvil warna kuning (pexels.com/Digital Buggu)

Tahap berikutnya yaitu, menanam bibit bugenvil ke media tanam berupa pot yang telah berisi campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama seperti saat tahap pembibitan, yaitu 1:1:1.

Setelah itu, pindahkanlah bibit bugenvil ke media tanam yang baru. Perlu kehati-hatian dalam proses pemindahan, supaya akar tanaman tidak rusak. Saat proses menanam dengan memindahkan bibitnya sudah selesai kamu lakukan, sirami tanaman dengan air secukupnya saja. Lalu, pilih lokasi yang sejuk untuk meletakkan tanaman bugenvil. Namun, upayakan juga agar sinar matahari bisa tetap menyinarinya.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indah

3. Tahap pemangkasan tanaman 

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaranilustrasi tahap pemangkasan ranting perlu dilakukan secara rutin (pexels.com/Lucas George Wendt)

Untuk merangsang pertumbuhan tanaman, diperlukan tahap pemangkasan yang dilakukan secara teratur. Pangkaslah pada bagian rantingnya yang sudah tumbuh sangat panjang dan bertumbuh daun yang mulai rimbun.

Daun yang sudah rimbun, dapat menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan bunga bugenvilnya. Sebab, nutrisi yang didapatkan tanaman akan terbagi juga ke dedaunan yang bertumbuh. Oleh karena itu, agar bunga bugenvil segera bermunculan hingga bermekaran, maka luangkan waktu untuk memangkas ranting atau cabang dengan ciri-ciri seperti tadi, ya.

4. Penyiraman dan pemupukan tanaman 

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaranilustrasi orang sedang menyiram bunga (pexels.com/Gustavo Fring)

Semua jenis tanaman, membutuhkan air dan pupuk untuk mencukupi nutrisi selama proses pertumbuhan. Maka, kamu juga perlu rutin menyirami tanamanmu. Siramilah dengan air secukupnya saja, yang terpenting kondisi tanahnya lembap.

Akan tetapi, untuk tanaman bunga bugenvil, juga memiliki masa kering, di mana tanaman tidak memerlukan air, yang sering disebut dengan masa kering. Masa kering bugenvil biasanya berlangsung 3-4 hari, serta ditandai dengan mulai bertumbuhnya kuncup bunga.

Lalu, pada tahap pemupukan, berikan tanaman pupuk organik atau pupuk kompos secukupnya saja. Pemupukan diberikan setiap satu bulan sekali, supaya kesuburan tanaman semakin baik dan menghasilkan bunga yang bermekaran.

5. Lindungi tanaman dari hama dan penyakit yang menyerang 

5 Cara Menanam Bugenvil, Setek Batang hingga Bunga Bermekaranilustrasi bunga bugenvil yang bermekaran indah (pexels.com/Quốc Thống Phạm Gia)

Selama proses pertumbuhan tanaman bugenvil, kamu juga perlu menjaga kesehatan tanaman, agar tidak mudah terserang hama dan penyakit yang menyerang. Berikan perawatan secara rutin dengan cara menyemprotkan cairan khusus pembasmi hama.

Kamu bisa menggunakan cairan fungisida yang tergolong ringan saja. Semprotkanlah ke bagian tanaman bugenvil yang terserang hama dan penyakit. Hama yang biasanya menyerang tanaman ini adalah jamur. Maka, perhatikan tanamanmu, jika ditemukan tanaman yang terserang, segera semprotkan fungisida, agar tanaman lainnya tidak tertular, dan akan menghasilkan bunga yang bermekaran indah.

Cara menanam bunga bugenvil, mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah. Teknik setek batang juga bisa menjadi pilihan, bagi kamu yang masih belajar bercocok tanam. Tunggu apa lagi? Yuk, segera mempraktikkan kelima cara di atas, supaya halaman rumahmu tampak semakin indah. Apalagi kamu juga bisa, lho menanam beberapa warna bunga bugenvil. Selanjutnya, tinggal kamu atur saja posisi tanamannya sesuai dengan seleramu.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Keladi, Daun Bercorak Indah Hiasi Sudut Rumah

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya