Comscore Tracker

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indah

Teratai, bunga yang bertumbuh mengapung di permukaan air

Bunga teratai adalah jenis tanaman yang tumbuhnya di atas permukaan air. Jika di rumahmu terdapat kolam ikan, maka bunga teratai juga bisa ditanam di atas airnya. Tertarik untuk menanam bunga teratai? Cara-caranya mudah untuk kamu lakukan sendiri, sambil mengisi kegiatan saat akhir pekan bersama keluarga. Berikut lima cara menanam teratai yang mudah dan menghasilkan bunga yang bermekaran dengan indah.

1. Siapkan bibit tanaman teratai 

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indahilustrasi bunga teratai berwarna putih (pexels.com/Roger Brown)

Cara menanam teratai yaitu, dengan menyiapkan bibit tanaman. Untuk bibitnya, kamu bisa menggunakan benih maupun tunas akar teratai. Bibit tanaman bisa kamu dapatkan dengan membelinya di toko tanaman hias. Pastikan menggunakan bibit yang unggul, agar tanaman terataimu bertumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Bagi kamu yang menanam dari benih, rendam benih terlebih dulu ke dalam air selama 4-5 hari, hingga menjadi kecambah. Ketika, benih sudah berkecambah dengan tunas setinggi 15 cm, segera angkat benih tersebut untuk mulai ditanam.

Namun, jika kamu ingin lebih praktis lagi, maka menanam teratai bisa dengan menggunakan tunas akar teratai yang berasal dari pangkal induk tanaman. Kamu hanya perlu memisahkan tunas dari induknya, lalu tunas akar tersebut bisa menjadi bibit yang siap tanam.

2. Tahapan menanam teratai 

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indahilustrasi tanaman teratai di kolam (pexels.com/Saunak Shah)

Setelah bibit tanaman siap, maka langkah selanjutnya adalah menanam. Tanaman teratai harus berada di air dengan kedalaman 5-30 cm. Namun, jika tanaman terataimu berukuran besar, maka kedalaman kolam airnya kurang lebih sekitar 45 cm. Teratai tak hanya bisa ditanam di kolam ikan saja, teratai juga bisa dibudidayakan di kolam yang ada di taman rumahmu, dan segala wadah yang berisi air tanpa ada lubang saluran airnya.

Untuk proses penanaman tahap awal, sebaiknya kamu menyiapkan media tanam lain terlebih dulu berupa pot yang berisi pasir, tanah dan pupuk dengan perbandingan 2:1:1. Setelah itu, media tanam disiram dengan air hingga menggenang, lalu letakkan bibit teratai di atasnya.

Baca Juga: Tak Disangka, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Teratai bagi Tubuh

3. Pemindahan tanaman ke kolam 

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indahilustrasi pemindahan tanaman teratai perlu disesuaikan dengan kedalaman air (pexels.com/Pixabay)

Setelah bibit bertumbuh daun, maka kamu bisa memindahkannya ke kolam di taman rumahmu. Pindahkan wadah atau ember yang sebelumnya ke kolam yang memiliki kedalaman air cukup dalam. Apabila kamu menanam teratai yang berukuran kecil, untuk kedalaman airnya 2-15 cm dari permukaan tanah.

Namun, jika kamu menanam teratai dengan ukuran besar, maka kedalaman airnya 50-100 cm. Tanamlah yang sesuai dengan ukuran kolam di taman rumahmu, supaya tanaman dan ruang tanamnya bisa seimbang, dan membuat pertumbuhan tanaman semakin baik, serta subur.

4. Perawatan tanaman teratai 

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indahilustrasi tanaman teratai perlu diberi pupuk agar semakin subur (pexels.com/Peter Holmes)

Tahap berikutnya setelah menanam yaitu, merawat tanaman hingga bunga bermekaran. Apabila kamu menanam teratai di kolam ikan, maka pastikan kamu tidak memelihara ikan yang memakan daun-daunan. Misalnya, ikan gurami, ikan koki, ikan mas, dan sebagainya. Kolam ikan yang baik untuk ditanami teratai yaitu, ikan koi.

Bersihkan kolam dari binatang yang menyerang tanaman seperti siput. Selain itu, kebersihan air kolam juga perlu kamu perhatikan, agar pertumbuhan tanaman subur dan sehat. Pemupukan juga perlu dilakukan secara teratur setiap 3 bulan sekali dengan cara menaburkan pupuk ke wadah teratainya.

Pastikan kadar air di dalam wadah tanamnya selalu terisi penuh, sebab teratai menyukai kondisi media tanam yang basah. Jika, tunas akar sudah bertumbuh besar, pindahkanlah ke wadah yang lebih besar, agar pertumbuhannya tidak terhambat.

5. Lokasi tanam 

5 Cara Menanam Teratai di Kolam Rumah, Mudah dan Indahilustrasi lokasi tanam teratai sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup (pexels.com/Kingkonadventure)

Untuk lokasi penanaman bunga teratai sebaiknya di tempat yang terkena sinar matahari. Maka, bagi kamu yang ingin menanamnya di kolam taman rumah, letakkanlah tanaman teratai di lokasi yang bisa tersinari cahaya matahari secara cukup.

Pada umumnya, tanaman teratai membutuhkan sinar matahari selama satu hari kurang lebih 4-6 jam. Apabila tanaman terataimu mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya, maka tanaman dapat bertumbuh bunga yang bisa mekar dengan sangat indah.

Bunga teratai memiliki warna yang beragam, ada yang merah, merah muda, ungu, kuning, jingga dan biru. Tanaman teratai juga dapat memberikan perlindungan bagi ikan-ikan peliharaanmu dari panasnya terik matahari. Sehingga, ikan bisa berenang dengan bebas dan kamu pun mendapatkan pemandangan yang penuh kesegaran dari indahnya warna teratai yang kamu tanam.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Teratai, Ampuh Obati Diabetes Hingga Penuaan Dini

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya