Comscore Tracker

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!

Lebih produktif di rumah ketika sedang hujan, yuk!

Saat hujan turun, banyak orang yang tidak bisa keluar rumah untuk melakukan aktivitas tertentu, alhasil banyak yang memilih untuk tidur karena suasananya yang sendu sangat mendukung sekali. Tapi, dibandingkan tidur seharian selama hujan turun, lebih baik kamu lakukan aktivitas lainnya yang lebih produktif. Jadi, apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan selama hujan turun di rumah? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

1. Membuat seni dengan menggunakan hujan

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!ilustrasi gambar (pexels.com/Yan Krukov)

Aktivitas yang bisa kamu lakukan selama hujan turun yaitu membuat seni dengan menggunakan hujan. Tentunya aktivitas kerajinan tangan ini akan sangat menyenangkan dan membuat suasana hatimu naik. Jangan lupa ajak saudaramu atau orang tua untuk merasakan kesenangan ini bersama.

Dikutip Tomorrow, kamu bisa lakukan dengan menggambar menggunakan spidol yang bisa dicuci di atas kertas, kemudian pergi ke teras dan biarkan hujan membasahi kertas tersebut. Nantinya kamu akan melihat perpaduan warna yang terlihat sangat menakjubkan. 

Kamu bisa keringkan kertas tersebut, lalu kamu tempel di lemari es atau di kamar tidur agar bisa menjadi kenang-kenangan yang tak akan terlupakan.

2. Pergi jalan kaki menggunakan payung

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!ilustrasi hujan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Aktivitas yang bisa kamu lakukan selama hujan turun tidak selalu di dalam rumah, tapi kamu bisa berjalan kaki santai ketika hujan turun dengan menggunakan payung atau jas hujan agar kamu tidak basah kuyup, ya! Jangan lupa juga menggunakan sepatu boots khusus digunakan saat hujan.

Dikutip Michigan State University, kamu bisa memerhatikan beberapa hal selama di luar rumah ketika hujan, seperti:

  • Apa saja perbedaan yang kamu lihat saat sedang hujan dan saat sedang kering?
  • Kamu juga bisa melihat apakah ada cacing di trotoar?
  • Kemudian perhatikan ke mana perginya air hujan yang jatuh ke jalanan?
  • Apakah kamu melihat burung-burung berterbangan selama hujan?

Baca Juga: Resep Mie Dok-dok ala Warkop, Nikmat Disantap Selagi Hujan 

3. Mempelajari tentang hujan lebih mendalam

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!ilustrasi hujan (pexels.com/Min An)

Mungkin banyak dari kita tidak benar-benar mengetahui tentang hujan. Selain memberikan ketenangan dari suara rintikan yang jatuh ke tanah, hujan juga menyimpan banyak hal menarik untuk dipelajari lebih mendalam.

Kamu bisa mulai mempelajari hujan melalui beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Kenapa hujan terjadi di bumi?
  • Apa manfaat hujan untuk kehidupan manusia?
  • Apa saja manfaat dari hujan untuk tanaman?
  • Dari mana datangnya air saat hujan turun?
  • Mengapa ada petir selama hujan?

Kamu bisa lakukan aktivitas yang satu ini di dalam rumah bersama dengan saudaramu yang masih kecil atau bersama anakmu, sehingga pengetahuan mereka mengenai hujan pun akan bertambah.

4. Menjadi seorang ilmuwan

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!ilustrasi menulis (pexels.com/lilartsy)

Kamu bisa duduk di teras sambil memandangi hujan, kemudian kamu bisa memulai observasi hujan seperti seorang ilmuwan. Dikutip Rhythms of Play, kamu mulai memperhatikan seluruh hal tentang hujan, mulai dari suara, pemandangan, bau, rasa, dan lainnya.

Jangan lupa kamu catat seluruh pengamatan yang kamu rasakan ke jurnal khusus untuk alam. Dengan melakukan aktivitas ini, kamu akan selalu mengingat tentang hujan di hari itu dengan baik dan bisa kamu baca lagi nantinya untuk mengenang momen tersebut.

5. Menyanyi atau menari

5 Aktivitas Menarik di Rumah saat Hujan, Jangan Tidur Saja!ilustrasi hujan (pexels.com/Khoa Võ)

Semua orang pasti sangat menyukai menyanyi ataupun menari, karena sangat asyik dan menambah semangat dalam diri. Ketika hujan sedang turun di rumah, suasana akan semakin adem dan dingin. Kamu bisa mulai menyanyi lagu yang kamu sukai sambil menari di dalam rumah.

Selain di dalam rumah, kamu juga bisa menyanyi sambil berjalan-jalan santai ke luar rumah. Tetapi, jangan lupa gunakan atribut yang lengkap, seperti payung, masker, dan sepatu boots, agar kamu tidak menjadi perhatian orang lain.

Seluruh aktivitas yang telah disebutkan sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Jadi, kalau kamu bosan selama hujan turun, kamu bisa lakukan aktivitas di atas agar bisa menambah wawasan dan menambah pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: Tips Melibas Jalan Becek di Musim Hujan

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya