Comscore Tracker

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!

Buat kamu pencinta hal berbau Korea, wajib tau nih!

Hallyu atau KWave turut serta membawa hal-hal terkait Korea mendunia. Segala sesuatu tentang Korea jadi sama booming-nya. Mulai dari drama, kuliner, budaya, fashion, sampai dekorasi ala Korea juga gak ketinggalan.

Dekorasi rumah Korea dipandang punya nilai unik. Perpaduannya punya kesan natural sekaligus estetik. Buat kamu yang tertarik menerapkannya, cek referensi dekorasi ala Korea di bawah ini!

1. Pakai dekorasi berwarna natural

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!Konsep warna ide dekorasi ala korea (pexels.com/@element5)

Benda yang punya warna natural lebih betah kita pandang lama-lama. Warnanya yang gak mencolok dan terkesan hangat mampu menciptakan dampak positif bagi psikologis. Warna natural juga banyak diterapkan di interior kafe.

Selain itu, desain ruangan yang sering dijumpai lewat drama, film, ataupun vlog YouTuber asal Korea selatan pun gunakan warna serupa. Pilihan warna natural yang perlu digaris bawahi antara lain, ivory, putih, beige, abu-abu, coklat serta warna-warna kalem lainnya.

2. Pilih furnitur berbahan kayu agar ruanganmu makin kece

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!furniture kayu ide dekorasi ala korea (pexels.com/@kseniachernaya)

Kalau kamu sering mantengin YouTube-nya Haegreendal pasti gak asing lagi sama pemilihan dekorasi berbahan dasar kayu. Furnitur ini bisa macam-macam, mulai dari alat makan, meja, kursi, lemari, rak, sampai hiasan dinding.

Selain memberi kesan homey, keberadaan furnitur kayu dapat membuat ruangan jadi tambah rustic, antik, dan unik.

3. Pemilihan motif untuk dekorasi juga penting diperhatikan, lho!

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!selimut ide dekorasi ala korea (pexels.com/@rachel-claire)

Pemilihan motif dekorasi kadang sering dilewatkan. Padahal, menentukan tema dekorasi bisa menambah vibes yang diinginkan. Pilih corak kotak-kotak, stripe, dan motif sederhana lainnya dapat digunakan pada kain pelapis dekorasi.

Bukan tanpa arti, motif ini menjadikan tampilan ruangan terkesan flat, hangat, dan simpel secara bersamaan. Untuk menerapkannya kamu bisa memakai gorden, taplak meja, sarung bantal, selimut, serta lap yang memiliki motif plaid.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Dekorasi Kamar ala Drakor, Kamar Kos Makin Estetis 

4. Jangan lupa hiasi ruangan dengan tanaman

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!dried flowers ide dekorasi ala Korea (unsplash.com/@katsiajazwinska)

Tanaman yang dipilih boleh dari jenis indoor plants, seperti monstera atau sukulen. Sementara untuk bunga bisa gunakan baby breath, tulip, krisan, sampai yang bermahkota besar seperti bunga matahari. Tinggal disesuaikan dengan selera.

Kalau gak ada yang segar, dried flowers juga gak masalah. Carilah yang memiliki tone warna coklat atau beige. Pemilihan ni akan mendukung keserasian dekorasi satu sama lain.

5. Tambahkan kesan klasik dengan sentuhan dekorasi ala vintage 

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!ide dekorasi ala korea (pexels.com/@taryn-elliott)

Tambahkan sentuhan klasik dengan meletakkan rak buku di salah satu sudut ruangan. Buku bisa dijadikan alternatif dekorasi vintage yang ciamik. Susun berdasarkan warna yang senada agar keliatan lebih estetik.

Selain menambah pengetahuan, buku mempunyai nilai artistik sekaligus klasik. Cocok banget apabila dipajang di rak kayu.

6. Tambahkan dekorasi bohemian sebagai sentuhan akhir

6 Ide Dekorasi Ruangan ala Korea, Jadi Nyaman Sekaligus Estetik!makrame ide dekorasi ala korea (pexels.com/@vovkapanda)

Furnitur dari anyaman atau makrame bisa jadi sentuhan akhir yang menyempurnakan. Impresi yang ditampilkan style boho akan mendukung kesan chic dan rustic pada ruangan. Hal ini akan membuat suasana lebih nyaman dan indah dipandang mata.

Furnitur bohemian yang bisa kamu pakai, diantaranya adalah keranjang anyam atau gantungan dinding dari tali makrame. Untuk mencocokkan dekorasi, kamu harus hati-hati memilih paduan warna. Pastikan dekorasi ini berwarna natural, ya!

Nah, Itu tadi rekomendasi dekorasi ala Korea yang sudah dibahas. Kamu bisa jadikan rekomendasi di atas untuk ide desain ruangan. Dijamin bakal tambah betah di rumah lama-lama.

Firda Widi Astuti Photo Verified Writer Firda Widi Astuti

Berusaha menjadi pribadi yang baik, dengan terus belajar, membaca, dan menulis. | IG: @firdaus_wa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya