Comscore Tracker

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucu

Memanfaatkan barang bekas agar lebih berguna

Toples-toples plastik bekas wadah kemasan makanan ringan atau bahan makanan seringkali hanya berakhir di tempat sampah. Padahal, hanya dengan sedikit sentuhan saja, toples-toples tersebut akan menjadi barang cantik dan berguna, lho.

Memanfaatkan barang bekas agar menjadi barang yang beguna merupakan salah satu indikasi bahwa kita peduli lingkungan.

Nah, berikut ini adalah salah satu contoh pemanfaatan toples bekas untuk dijadikan tempat pensil cantik yang akan memperindah meja belajarmu. Simak cara membuatnya, yuk!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucuilustrasi bahan yang dibutuhkan (dok. pribadi)

Nah, sebelum membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa bahan dan barang yang diperlukan ini, ya!

  • Toples bekas
  • Lem, bisa lem putih atau lem tembak (glue gun)
  • Kain perca
  • Gunting
  • Hiasan, seperti kain renda atau pita

2. Oles toples dengan lem 

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucuilustrasi mengoleskan lem (dok. pribadi)

Oles toples dengan lem tipis di beberapa bagian toples. Setelah itu, tempelkan kain perca pada toples hingga seluruh bagian toples tertutup kain.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Crafting, Modalnya Gak Sampai Sejuta!

3. Rapikan bagian atas dan bawah toples  

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucuilustrasi membuat tempat pensil dari toples bekas (dok. pribadi)

Oles dengan lem bagian dalam atas toples, lalu rekatkan sisa kain perca bagian atas ke dalam toples yang sudah dioles lem tersebut.

Sisa kain perca bagian bawah direkatkan dengan lem di bawah toples. Supaya rapi, tutup bagian bawah toples dengan kain perca berbentuk lingkaran.

4. Menghias 

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucuilustrasi membuat tempat pensil dari toples bekas (dok. pribadi)

Tempat pensil pun sudah hampir jadi. Supaya lebih cantik, hias dengan kain renda atau pita di bagian atas dan bawah toples. Hiasan-hiasan tersebut jangan lupa untuk direkatkan dengan lem.

5. Tempat pensil sudah siap dipakai 

5 Langkah Menyulap Toples Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucuilustrasi membuat tempat pensil dari toples bekas (dok. pribadi)

Akhirnya selesai juga menyulap toples bekas menjadi tempat pensil cantik. Sangat mudah dan murah, bukan? Mengerjakannya pun tidak memerlukan waktu yang lama, kok.

Yuk, berpikir lebih kreatif lagi dengan belajar cara menyulap barang bekas di rumah menjadi sesuatu yang memiliki nilai pakai seperti baru. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 13 Desain Bangunan Unik Bukti Kreativitas Arsitek Tingkat Dewa, Kagum!

A Yahya Hastuti Photo Writer A Yahya Hastuti

Hanya emak-emak yang kurang pintar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya