Comscore Tracker

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus Bekas

Daripada jadi sampah, bisa dimanfaatkan lebih

Seperti dilansir oleh jurnal Themanufacture.com , bahan craft yang digunakan untuk kardus memiliki hasil akhir yang halus, mudah dibentuk dan lebih tahan terhadap air. Bahan corrugated yang bergelombang di dalam kardus juga membuat lapisan kardus menjadi lebih kokoh. 

Namun, kardus tidak hanya digunakan untuk membungkus barang saja, lho! Kardus juga bisa mempercantik rumah dan kamarmu. Lalu, bisa dibuat apa aja sih? Yuk, mari kita simak.

1. Storage

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus Bekasroccommunitysummit.org

Jangan biarkan barang-barang kecil di rumahmu berantakan, tempatkan barang-barang kecilmu di satu tempat khusus. Tapi kamu tidak perlu membeli storage baru. Kamu bisa membuatnya dengan kardus di rumah.

Caranya, siapkan kain goni dan gunting sesuai ukuran kardus, beri lem pada sisi-sisinya. Lalu, rekatkan kain goni ke kardus dengan rapi. Kamu bisa memberi hiasan apa saja, seperti cat air, pita atau sisa kain perca. Wow, storage  kamu jadi terlihat lebih vintage.

2. Tempat kaus kaki

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus Bekasffunds.co

Siapa yang kesulitan menemukan kaos kaki berikut pasangannya? Kalau kamu kesulitan menemukannya, kamu bisa membuat tempat penyimpanan biar lebih rapi dan mudah ditemukan.

Nah, kamu bisa membuatnya untuk laci di kamarmu. Caranya mudah saja, potong kardus memanjang, sesuaikan ukuran laci dan banyaknya kaus kaki milikmu. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah dan tidak kesulitan untuk mencarinya lagi.

3. Tatakan gelas

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus BekasDok. Pribadi

Untuk kamu yang suka minum kopi atau teh di rumah, wajib punya tatakan gelas, ya. Karena, sisa kopi atau teh akan membekas dan lengket di mejamu, sayang kan?

Dengan sisa kardus ini, bisa kamu manfaatkan. Cukup gunting kardus, dengan membentuk bundar sesuai dengan ukuran cangkirmu. Jangan takut jika terkena tumpahan minuman kamu, kardus ini cepat kering dan cukup kuat. 

Baca Juga: 5 Benda Cantik Ini Dibuat dari Kardus Bekas Loh, Percaya Gak?

4. Meja rias

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus BekasDok. Pribadi

Kamu gak punya meja rias di kamar?

Tenang, kamu bisa menggunakan sisa kardus mi instan, lho! Caranya, lapisi kardus dengan karton putih, lem dengan selotip bening di bagian sisi-sisi kardus. Tutup dengan taplak berbulu seharga Rp12.500 saja. Letakan terbalik posisi kardusnya, ya. Susun rapi makeup, skincare dan peralatan yang sering kamu gunakan sehari-hari.

5. Smartphone holder

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus BekasDecoratorist.com

Kegunaan smartphone holder biasanya, untuk membantumu membaca ebook atau sekadar menonton YouTube di rumah.

Membuatnya gampang sekali, nih! Kamu cukup gunting kardus, sesuai ukuran smartphone mu saja, kok! Jadi gak perlu beli kan, budgetnya bisa dipakai untuk keperluan penting lainnya deh.

6. Photo frame

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus BekasPavloswieland.co

Photo frame memang selalu pas untuk dekorasi kamarmu, agar terlihat lebih aesthetic. Caranya potong kardus dengan cutter , sesuaikan pola ukuran foto yang kamu inginkan. Lapisi dengan kertas warna atau cat sesuai dengan kreasimu. Jepit dan gantungkan dengan tali rami. Sekarang kamarmu jadi Instagrammable banget!

7. Pajangan dinding

7 Benda Bermanfaat yang Terbuat dari Kardus Bekasinstrumenta.org

Terakhir, kamu bisa buat tempat pajangan. Caranya pun mudah, kamu cukup menggunting kardus sesuai ukuran yang kamu mau. Tempel bagian dalam kardus dengan kertas kado, sebagai background. Rekatkan satu-persatu kardus dengan lem. Ikatkan tali ke seluruh kardus yang sudah digabung. Wah dinding rumahmu jadi makin terlihat lebih chic, deh!

Semoga terinspirasi ya! Karena, tidak semua hal harus kamu beli. Kita sebagai millennials, harus bisa bijak dalam menggunakan uang. Dan lagi, dengan seringnya kita mencari alternatif lain seperti DIY di atas, kita pun terlatih untuk mengasah otak kita agar tetap kreatif.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Manfaatkan 5 Ide Ini dari Bahan Kardus Bekas

icha arpomo Photo Community Writer icha arpomo

For me, writing isn't just about passion. But for a lifetime.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You