Comscore Tracker

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumah

Sudah kamu pikirkan?

Agar rumah tampak semakin cantik memukau maka memasang wallpaper merupakan hal yang perlu dilakukan. Namun sayangnya sebagian orang masih saja keliru dan tidak mempertimbangkan lima aspek ini sebelum memasang wallpaper.

Bantu rumahmu makin estetik, yuk jangan lupakan lima hal ini sebelum memasang wallpaper di rumahmu!

1. Lihat dahulu tata kelola ruangan di rumahmu

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumahilustrasi rumah (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Sebelum memasang wallpaper agar rumah tampak estetik maka baiknya kamu lihat dulu tata kelola ruangan yang ada di rumahmu. Apakah menggunakan jendela yang ukurannya besar? Atau ruangan di rumahmu memiliki lemari yang besar pula? Karena percuma saja kamu memasang wallpaper karena akan tertutupi oleh dua hal tersebut.

Baiknya pasanglah wallpaper jika perabotan di rumahmu tidak menutupi keindahannya. Selain itu pastikan ruangan atau kamarmu berbentuk persegi karena jika bentuknya mengerucut maka keindahan wallpaper pun akan terlihat kurang nampak.

2. Dinding ruangan

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumahilustrasi rumah (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Jika memang ada dana lebih maka kamu boleh membeli kertas wallpaper dalam jumlah yang banyak. Namun jika tidak kamu bisa mengakalinya dengan memasang wallpaper pada ruangan yang dindingnya tidak tertutupi furniture.

Lagipula percuma saja memakai wallpaper jika tertutupi oleh perabotan rumah tangga karena unsur estetikanya takkan terlihat. Misalnya jika ruang tamu hanya ada satu sisi dinding yang tak tertutupi perabotan maka pasanglah wallpaper di tempat tersebut.

Baca Juga: 10 Inspirasi Penggunaan Wallpaper agar Rumah Tampil Beda

3. Pilih motif sesuai selera

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumahilustrasi kamar tidur (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Entah itu motif bunga-bunga atau abstrak kamu bisa bebas memilih. Namun pastikan kamu tidak memilih motif wallpaper yang besar dan pilihlah motif yang kecil-kecil agar ruanganmu tidak terlihat sesak.

Ya, membeli wallpaper bermotif besar hanya akan membuat ruangan tampak penuh sehingga rumahmu malah terlihat sempit. Apalagi jika rumahmu memang tergolong minimalis jangan sampai membeli motif wallpaper yang besar karena hanya akan semakin tampak sempit.

4. Pertimbangkan suhu

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumahilustrasi kamar mandi (pexels.com/Jean van der Meulen)

Kamar mandi dan dapur baiknya tidak perlu dipasang wallpaper. Hal ini karena dua tempat tersebut terlalu lembab dan terlalu panas. Dikhawatirkan wallpaper akan cepat rusak jika terus-terusan mendapatkan suhu yang ekstrem.

Tempat paling tepat untuk memasang wallpaper adalah di ruang tamu dan ruang keluarga. Jangan membuang uangmu untuk memasang wallpaper di dua tempat ini ya lebih baik simpan saja kelebihan uangmu untuk keperluan lain.

5. Jauhkan dari jangkauan anak-anak

5 Aspek Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Pasang Wallpaper Rumahilustrasi anak-anak (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pertimbangkan pula anak-anak dalam memasang wallpaper karena alih-alih terlihat indah yang ada wallpaper menjadi sarana mereka untuk mencorat-coret tembok. Oleh sebab itu jika memang mau memasang wallpaper jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Rumah memang istana setiap orang dan mempercantik rumah akan membuat pemiliknya semakin betah. Namun tetap pertimbangkan hal-hal yang kamu anggap sepele tapi sebenarnya penting ya dalam memasang wallpaper.

Baca Juga: 10 Cara Memanfaatkan Wallpaper Selain untuk Dinding, Kreatif Banget!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya