Comscore Tracker

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!

Lama-lama, bisa menumpuk, lho

Wadah bekas kosmetik atau skin care yang sudah habis kadang menjadi sampah plastik. Namun, jenis sampah ini sulit diuraikan oleh mikroorganisme yang tinggal di tanah sehingga membuat lingkungan tercemar. Oleh sebab itu, daripada dibuang, lebih baik terapkan lima cara berikut ini, yuk!

1. Jadikan sebagai wadah untuk traveling

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!freepik.com

Nah, bekas wadah kosmetik lebih baik kamu gunakan saja sebagai travel size. Umumnya, saat traveling, kamu pasti butuh wadah skin care yang minimalis. Jangan buru-buru dibuang begitu saja! Umumnya, sampah kosmetik tidak dapat terurai. Lebih baik, gunakan untuk hal lain yang jauh lebih bermanfaat.

2. Jadikan sebagai pot

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!Pexels/Element5 Digital

Wadah bekas kosmetik yang ukurannya relatif besar bisa kamu jadikan sebagai pot tanaman, misalnya kaktus atau tanaman-tanaman lain sesuai seleramu. Kalau begini, tak ada lagi sampah kosmetik yang berserakan dan membuat lingkungan menjadi tercemar, bukan?

Baca Juga: 5 Inspirasi DIY Boneka dari Handuk, Imut & Imajinatif Banget! 

3. Sebagai wadah skin care alami

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!classicallycontemporary.com

Jika kamu mulai beralih dengan membuat skin care dari bahan alami, tentunya, kamu membutuhkan sebuah wadah sebagai tempat. Nah, daripada harus dibuang, lebih baik gunakan saja wadah skin care bekas. Namun, pastikan kamu sudah mencucinya dengan sabun dan air hangat sampai benar-benar bersih.

4. Buang di tempat penampungan yang tepat

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!wanderluxe.theluxenomad.com/

Jika memang mau dibuang, pastikan kamu membuangnya ke tempat yang tepat, seperti tempat penampungan plastik. Itu karena plastik-plastik tersebut biasanya akan didaur ulang untuk upaya mencegah kerusakan lingkungan yang semakin parah. Jangan lupa untuk melepas label kosmetik sebelum membuangnya ke tempat penampungan, ya!

5. Kembalikan ke brand kosmetik

5 Cara Mengelola Sampah Kosmetik untuk Mengurangi Pencemaran Alam!Pexels/Zhugelwala

Beberapa brand kosmetik tertentu, seperti The body Shop dan Sensatia Botanical, biasanya mau menampung sampah kosmetik karena wadahnya sering dijadikan kemasan daur ulang.

Dengan begitu, tidak akan lagi ada sampah bekas kosmetik yang akan mencemari lingkungan. Namun, sebelum menyerahkan ke brand kosmetik, cuci dahulu wadah bekas kosmetik tersebut sampai bersih, ya!

Yuk berkontribusi pada lingkungan! Meski dengan cara yang sepele seperti di atas, itu lebih baik daripada gak sama sekali.

Baca Juga: 9 Inspirasi DIY Bunga Matahari, Bisa Dibikin dari Piring Kertas lho!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya