Comscore Tracker

6 Cara Cerdik Gulung Kabel Earphone Biar Gak Gampang Rusak dan Kusut

Buruan dipraktikkan!

Setuju gak, kalau hal paling menyebalkan soal menata earphone itu adalah saat harus menggulung kabelnya? Mau digulung serapi apa pun, ujung-ujungnya kabel earphone bakal kembali kusut saat kamu taruh di dalam tas atau di kantung kemeja.

Namun tahukah kamu, sebenarnya ada beberapa cara cerdik yang bisa kamu aplikasikan untuk menggulung kabel earphone agar tidak gampang kusut. Penasaran bagaimana saja caranya? Yuk simak langsung di bawah ini.

1. Gulung earphone dengan klip kertas

https://www.youtube.com/embed/Z2CsuvXUYvE

Selain berguna untuk merapikan kertas, klip bisa juga kamu pakai untuk merapikan gulungan kabel earphone loh! Caranya, sisipkan earbuds pada bagian tengah klip dan gulung kabelnya hingga menutupi sebagian besar klip.

Setelah kabel terakhir selesai digulung, sisipkan colokan earphone ke dalam gulungan agar nampak rapi dan gulungan tak mudah lepas. Mudah kan?

2. Gulung earphone pakai kartu kredit yang tak terpakai

https://www.youtube.com/embed/9uDCuJGuiUQ

Selain klip kertas, kamu juga bisa memakai kartu kredit yang sudah tak terpakai untuk membuat gulungan kabel earphone jadi lebih rapi. Caranya sebenarnya hampir sama dengan menggulung kabel earphone memakai klip kertas.

Namun, pastikan dulu kedua ujung sisi kartu kredit sudah dibolongi dahulu (dan khusus di satu sisi usahakan bolongan robek hingga ke ujung). Setelah bolongan siap, sisipkan earbuds ke bolongan yang robek hingga ujung lalu gulung kabel mengelilingi kartu kredit.

Jika sudah sampai ujung, masukan colokan earphone ke bolongan di sisi lainnya supaya gulungan tak mudah lepas.

3. Kamu juga bisa menggulung earphone pakai bekas tutup botol

https://www.youtube.com/embed/Q54VjqrIsYQ

Bekas tutup botol minuman berkarbonasi bisa loh kamu pakai untuk merapikan gulungan kabel earphone-mu. Caranya, bolongi bagian tengah bekas tutup botol lalu potongan bagian samping dalam ukuran kecil dan dalam ukuran yang cukup lebar. Khusus potongan yang cukup lebar, usahakan sisa potongan tidak terbuang karena kamu perlu menekuk sisa potongan ke bagian bawah.

Sisa potongan yang ditekuk ke bawah itu nantinya berguna sebagai media untuk menggulung kabel earphone.

4. Merapikan earphone dengan menggulung pakai empat jari

https://www.youtube.com/embed/dQiQYx8O9cA

Cara ini mungkin jadi cara yang paling sering dipakai untuk merapikan kabel earphone. Pasalnya, caranya memang cukup mudah dan bisa dipraktikkan semua orang.

Ya, kamu hanya tinggal menggunakan keempat jarimu (telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) untuk menggulung kabel dari ujung earbuds sampai ke ujung colokan. Nah, jika sudah hampir sampai colokan kamu perlu melilitkan sisa kabel ke gulungan beberapa kali dan menyisipkan colokan ke dalam gulungan agar tak mudah lepas saat diletakkan di dalam tas atau kemeja.

Tak hanya bisa bikin kabel jadi rapi, tapi menggulung dengan cara ini bakal membuat kamu lebih mudah melepasnya dari gulungan. Mau coba?

5. Gulung kabel earphone pakai jari telunjuk dan ibu jari

https://www.youtube.com/embed/kHNfcpqebW8

Selain menggunakan empat jari, kamu juga bisa menggulung kabel earphone lebih mudah dengan dua jari saja loh. Dengan hanya menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, dijamin gulungan kabel earphone bakal lebih rapi.

Kamu hanya menyisipkan colokan earphone di antara jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian, putar kabel ke posisi antara jari telunjuk dan ibu jari hingga kabel tersangkut ke ibu jari bagian dalam.

Setelah itu putar lagi kabel kembali ke arah jari telunjuk dalam, dan kembali ke posisi semula seperti di awal terus hingga gulungan terakhir. Jangan lupa sisihkan sebagian kabel untuk mengikat gulungan dan jika sudah diikat, maka sisipkan colokan yang sudah disisipkan di awal ke dalam gulungan agar tidak mudah lepas saat dibawa ke mana saja.

6. Gulung kabel earphone pakai jari metal

https://www.youtube.com/embed/Eof1ojHaSpU

Kamu juga bisa loh menggulung kabel earphone dengan cara memosisikan jari ala anak metal. Caranya, sisipkan earbuds di balik jari tengah dan manis lalu lingkarkan kabel ke bagian luar jari telunjuk menuju ke bagian dalam jari kelingking kemudian kembali lagi ke bagian luar jari telunjuk dan begitu seterusnya hingga kabel hampir selesai digulung.

Jika hampir selesai, ikatkan sisa kabel ke gulungan dan sisipkan colokan ke dalam gulungan supaya kabel gak cepat lepas saat ditaruh di kantung.

Itulah enam cara cerdik yang bisa kamu lakukan untuk membuat kabel earphone gak cepat kusut saat digulung. Yuk praktikkan segera supaya kabelmu gak cepat kusut saat dibawa ke mana saja!

Topic:

  • Tania

Berita Terkini Lainnya