Comscore Tracker

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpel

Bisa membuat rumah makin asri juga, lho

Buat kamu yang ingin memberi hadiah kepada orang spesial, ternyata bukan cuma barang-barang atau makanan yang bisa dijadikan kejutan, lho. Tanaman pun mampu menggantikan posisi hadiah tersebut dan tidak kalah istimewa juga.

Terdapat aneka macam tanaman cantik yang bisa dijadikan ide hadiah. Terutama karena tumbuhan-tumbuhan berikut memiliki cara perawatan yang simpel dan beberapa di antaranya cocok disimpan dalam rumah. Yuk, cari tahu lima referensi tanaman yang bisa jadi hadiah berikut ini.

1. Mini kaktus

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpelilustrasi kaktus mini (unsplash.com/Annie Spratt)

Kaktus merupakan tanaman yang saat ini begitu disukai untuk mempercantik dan menghijaukan ruangan. Tanaman tersebut juga memiliki banyak jenis, sehingga perawatannya bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Beberapa kaktus ada yang tidak mesti memerlukan sinar matahari secara langsung. Tipe seperti ini cocok dijadikan hadiah karena dapat disimpan di dalam ruangan. Belum lagi perawatan yang minim akan membuat tanaman kaktus cocok dijadikan ide hadiah.

2. Lavender

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpelilustrasi lavender (unsplash.com/Joyce Toh)

Lavender adalah tanaman berbunga yang memiliki kombinasi warna menarik, karena didominasi warna ungu. Selain cantik, tanaman ini pun mempunyai aroma yang khas sehingga bisa dijadikan sumber pewangi alami di rumah.

Menjadikan lavender sebagai hadiah juga cukup direkomendasikan, karena bunga ini dapat ditanam dalam pot. Perawatannya tergolong simpel, mengingat lavender bukan tanaman yang harus sering disiram. Meski begitu, lavender tetap harus mendapat sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna Ungu

3. Jade plant

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpelilustrasi jade plant (unsplash.com/Kyla Henry)

Jade plant sering dijadikan tanaman favorit karena mempunyai bentuk unik dan dapat dipelihara dengan perawatan yang cukup minim. Tanaman tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama seperti kaktus, yaitu tak perlu sering disiram.

Daun dari jade plant mempunyai bentuk yang kecil namun tebal, inilah salah satu faktor yang membuat tumbuhan tersebut sangat cantik. Jade plant juga tidak harus terkena sinar matahari langsung untuk menjaga supaya daunnya tahan lama.

4. Amarilis

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpelilustrasi amarilis (unsplash.com/Earl Wilcox)

Tanaman amarilis masuk ke dalam inspirasi hadiah yang bakal cocok dijadikan penunjang keindahan di kediaman pribadi. Sebab, tumbuhan ini termasuk tanaman berbunga yang bisa mekar dalam durasi cukup cepat, yakni beberapa minggu saja.

Untuk proses perawatan amarilis, tanaman tersebut tidak disarankan untuk ditempatkan pada lokasi yang panas, karena bisa membuatnya mati. Namun, amarilis perlu mendapat sinar matahari yang cukup disertai penyiraman yang tidak berlebihan.

5. Peace lily

5 Referensi Tanaman Cantik untuk Dijadikan Hadiah, Perawatannya Simpelilustrasi peace lily (unsplash.com/Lan Gao)

Peace lily punya perpaduan yang pas untuk dijadikan salah satu tanaman hias. Makanya tumbuhan ini cocok bila ingin dihadiahkan kepada seseorang yang spesial, daunnya tidak terlalu lebat, dan bunganya pun cantik dengan warna putih hijau menawan.

Kunci untuk membuat peace lily awet adalah tanah yang lembap. Selain itu, perhatikan juga bahwa tanaman ini sebaiknya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sementara durasi penyiramannya juga perlu dilakukan dengan cukup, tak perlu berlebihan.

Menghadiahi seseorang dengan tanaman-tanaman cantik memang akan memiliki kesan tersendiri, terutama jika orang tersebut suka mengoleksi aneka macam tumbuhan. Gimana, sudah menentukan tumbuhan seperti apa yang hendak kamu berikan?

Baca Juga: 5 Tanaman Cantik yang Bisa Menahan Erosi di Taman, Dikoleksi, yuk! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya