Comscore Tracker

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makanan

Coca-Cola dapat membersihkan toilet

Bagi kebanyakan dari kita, menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi bisa menjadi prioritas utama. Tetapi, dikarenakan produk pembersih sering kali dapat menghabiskan banyak uang, terkadang kita memilih untuk menunda melakukan pembersihan sampai memiliki produk pembersih yang tepat. 

Namun, tenang saja, makanan sederhana yang mudah didapat di dapur dapat digunakan untuk tujuan pembersihan, lho. Ya, sekarang kamu tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli pembersih buatan yang mahal itu.

Berikut adalah sepuluh item di rumah yang bisa kamu bersihkan dengan makanan yang berbeda. 

1. Bersihkan talenan dengan garam dan lemon

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi lemon dan talenan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Permukaan talenan sebaiknya dibersihkan dan didesinfeksi secara teratur agar tetap bersih. Kamu dapat melakukannya dalam waktu yang singkat hanya dengan garam kasar dan lemon.

Potong lemon menjadi dua. Taburkan garam kasar ke seluruh talenan dan gosok menggunakan setengah lemon. Air lemon akan membantu membunuh bakteri dan bau makanan, sementara garam akan membersihkan permukaan.

Kemudian bilas talenan dan biarkan benar-benar kering sebelum digunakan.

2. Bersihkan jeruji panggangan dengan bawang bombay

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi bawang bombay (unsplash.com/mayu ken)

Bawang bombay dapat digunakan untuk membersihkan panggangan. Caranya, potong bawang bombay menjadi dua kemudian tusuk dengan ujung garpu. Pegang garpu dan gosokkan bawang bombay pada kisi atau jeruji panggangan. Bawang bombay membantu menghilangkan minyak dan sisa makanan yang mengeras pada jeruji panggangan.

3. Perbaiki lecet furnitur kayu dengan kenari

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi kacang kenari (pexels.com/Andreea Ch)

Tidak hanya sebagai tambahan yang cukup sehat untuk diet, kacang kenari juga baik untuk furnitur kayu. Minyak yang terdapat dalam kacang kenari bisa membantu menghilangkan goresan dan lecet pada furnitur kayu. Namun, goresan yang dapat diperbaiki hanya sebatas goresan yang ringan dan tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang lebih dalam.

Cukup gosokkan kacang kenari di area yang lecet beberapa kali, kemudian gosok dengan kain lembut. Kenari akan menyatu dengan warna kayu, membuat goresan tidak terlalu terlihat.

4. Bersihkan parutan keju dengan kentang

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi kentang (pexels.com/Antara Verma)

Protein dalam produk susu seperti keju biasanya akan menempel seperti lem di parutan. Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah ada cara mudah untuk membersihkan parutan setelah menggunakannya untuk keju? Jawabannya adalah dengan menggunakan kentang. 

Parut sedikit kentang setelah kamu selesai memarut keju, maka kentang akan mengambil residu keju dari permukaan parutan. Meskipun pastinya residu kentang juga akan bersisa, hal ini akan lebih mudah dibersihkan daripada keju.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!

5. Buat sepatu kulit berkilau dengan kulit pisang

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi kulit pisang (pexels.com/SHVETS production)

Kulit pisang hampir sama berharganya dengan isinya. Meskipun terdengar aneh, menggunakan kulit pisang dapat membuat sepatu kulit menjadi berkilau.

Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke sepatu kulit, lalu gosok dengan kain bersih dan lembut sampai bagus dan berkilau. Hal ini berhasil dengan baik karena pisang mengandung potasium yang sebenarnya adalah bahan umum yang terdapat pada semir sepatu.

6. Hilangkan bekas krayon dengan timun

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi timun (pexels.com/Angele J)

Timun dapat menambah kerenyahan yang sempurna untuk salad dan berfungsi sebagai masker mata yang menenangkan. Namun, pernahkah kamu menyangka bahwa bahan ini memiliki kemampuan untuk membersihkan bekas krayon di dinding? 

Kamu bisa mengupas kulit mentimun dan mengoleskannya di sepanjang noda krayon di dinding yang ditinggalkan si kecil. Kulit mentimun dapat dengan lembut menghilangkan krayon tanpa merusak dan menghilangkan cat.

7. Bersihkan toilet dengan Coca-Cola

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi Coca-Cola (pexels.com/Jeanson Wong)

Meskipun terdengar aneh, Coca-Cola ternyata dapat membantu membersihkan noda toilet, lho. Tuangkan sekaleng Coca-Cola ke sekeliling tepi mangkuk toilet, kemudian, biarkan selama beberapa jam atau semalaman agar soda dapat menghilangkan noda. Setelah didiamkan, gosok dengan sikat toilet, lalu siram.

8. Hilangkan sisa stiker dengan selai kacang

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi selai kacang (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Beberapa stiker mungkin akan sulit untuk dilepas sehingga akan meninggalkan sisa. Jika kamu ingin menghilangkan sisa stiker dari kayu, kaca, atau plastik, maka gunakan selai kacang. 

Oleskan lapisan tebal selai kacang pada sisa stiker, kemudian diamkan selama beberapa jam hingga residu stiker melunak. Kandungan lemaknya akan melarutkan perekat, dan kamu bisa langsung menggosok sisa stiker dengan lap bersih.

9. Bersihkan pecahan kaca dengan roti

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi roti (unsplash.com/Charles Chen)

Setelah memecahkan gelas atau perabot kaca lainnya, kamu mungkin dapat dengan mudah mengambil potongan yang lebih besar. Tetapi, akan sulit mengambil potongan kecil apalagi bahayanya yang bisa melukai tangan. 

Cara mudah untuk mengambil potongan-potongan kecil itu adalah dengan menggunakan sepotong roti. Cukup tekan ke lantai di area kaca pecah, dan roti akan menempelkan potongan kaca kecil yang mungkin luput dari upaya pembersihanmu. 

10. Buat tanaman imitasi berkilau dengan mayones

10 Item di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Makananilustrasi mayones (unsplash.com/Sara Cervera)

Jika kamu memiliki tanaman imitasi sebagai dekorasi rumah, mungkin suatu waktu kamu melihat warnanya yang mulai terlihat kusam ketika berdebu. Namun, tenang saja, tanaman imitasi bisa dengan mudah direvitalisasi dengan sedikit mayones. 

Gunakan kain lembut yang bersih untuk mengoleskan lapisan mayones yang sangat tipis ke daun tanaman imitasi. Minyak yang terkandung di dalam mayones akan membuat tanaman tampak lebih berkilau. 

Dengan mengetahui makanan apa yang bisa dijadikan pembersih, kamu bukan hanya dapat menghemat anggaran tetapi juga membuat item di rumahmu lebih aman karena makanan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Sofa Kain dengan Mudah dan Murah, Wajib Coba! 

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya