Comscore Tracker

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debu

Bisa bikin mesin jadi rusak! 

Kemajuan teknologi telah membantu dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya dalam rumah tangga. Banyak produk rumah tangga dengan penggunaan teknologi, termasuk dalam proses pembersihan menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu. 

Meskipun vacuum cleaner dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembersihan, sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu tentang apa saja yang tidak boleh digunakan dengan alat ini. Berikut adalah daftarnya! 

1. Kaca

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi pecahan botol kaca (unsplash.com/CHUTTERSNAP)

Membersihkan kaca yang pecah akan menciptakan situasi yang genting, sehingga terkadang kita terpikir untuk menggunakan penyedot debu. Hal ini sebaiknya dihindari karena potongan benda tajam dapat menusuk selang dan merusak interior penyedot debu.

Sebaiknya, sapu potongan besar kaca atau gunakan tangan untuk mengambilnya dan kenakan sarung tangan tebal jika kamu takut terluka. Kemudian, gunakan handuk kertas basah untuk mengambil potongan-potongan kecil yang masih tersisa.

2. Cairan

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi tumpahan cairan (pexels.com/Jill Burrow)

Kamu tidak boleh mencoba untuk menyedot cairan atau apa pun yang basah. Jika kelembapan terperangkap di dalam penyedot debu, hal ini bisa menyebabkan adanya pertumbuhan jamur. Hal buruk lainnya, kamu mungkin akan menyetrum dirimu sendiri karena cairan dan listrik adalah dua hal yang tidak dapat digabung. 

Jika kamu ingin menggunakan penyedot, pastikan alat yang kamu punya tersebut memang bisa digunakan untuk item basah dan cair. Jika tidak, gunakan handuk atau kain microfiber untuk membersihkan cairan. 

3. Makeup

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi make-up (unsplash.com/Liz Breygel)

Eyeshadow, blush on, bedak tabur, bahkan potongan lipstik akan menciptakan lebih banyak masalah jika dibersihkan dengan penyedot debu. Jika item ini tumpah di atas karpet berbulu, kemungkinan sikat yang ada di penyedot debu malah membuatnya semakin masuk ke dalam karpet. Selain itu, makeup yang berhasil tersedot ke dalam penyedot debu bisa meleleh di dalam mesin dan menyebabkan kerusakan serius. 

Hal ini juga berlaku untuk tanah yang terbawa di sepatu atau sandal saat masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: 7 Robot Vacuum Cleaner Terbaik 2022, Bye Debu dan Kotoran

4. Gumpalan rambut

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi rambut (unsplash.com/Tim Mossholder)

Membersihkan rambut yang rontok dengan penyedot debu sebenarnya baik-baik saja, tetapi jangan gunakan untuk rambut dalam jumlah besar sekaligus. Gumpalan rambut yang besar akan kusut di sekitar sikat dan selang, dan juga bisa menyumbat mesin. 

Meskipun butuh waktu dan upaya lebih ekstra, kamu harus membersihkan rambut rontok dengan sapu. Jika itu ada di karpet, gunakan saja tangan untuk mengambilnya.

5. Kertas sobek

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi kertas sobek berukuran kecil (pexels.com/@anete-lusina)

Menyedot tumpukan kertas robek sama buruknya dengan tumpukan rambut, yang akan menyebabkan mesin tersumbat. Sapu adalah solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. Kecuali jika kertas robek di atas karpet, dalam hal ini kamu hanya perlu menggunakan tangan mu untuk memungutnya. 

6. Barang kecil dan keras

6 Item yang Harus Dihindari Dibersihkan dengan Penyedot Debuilustrasi klip kertas (unsplash.com/Neenu Vimalkumar)

Koin, klip kertas, dan barang-barang kecil keras lainnya adalah hal-hal yang mungkin bisa saja tidak sengaja kamu bersihkan dengan penyedot debu. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksa lantai sebelum menekan tombol daya, terutama jika kamu memiliki anak kecil yang sedang aktif. 

Barang-barang kecil dan berat seperti ini sangat keras bagi motor vacuum sehingga dapat merusak bagian kecil di dalam penyedot debu. 

Mengetahui apa saja yang tidak boleh digunakan dengan vacuum cleaner tidak hanya membantu alat ini bertahan lebih lama, tetapi juga membuatmu tetap aman. 

Baca Juga: 7 Vacuum Cleaner Terbaik 2021, Bikin Rumah Kinclong!

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya