Comscore Tracker

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!

Dibuang sayang, modifikasi aja ~

Adakah yang tidak asing jika mendengar merek Singer atau Butterfly? Ya, kedua merek itu adalah merek dari sebuah mesin jahit jadul yang berwarna hitam. Pasti generasi 90-an sudah tidak asing bukan dengan mesin jahit hitam dan kedua merek tersebut? Bagaimana tidak, dulu mesin tersebut adalah mesin andalannya para ibu dan nenek saat menjahit, lho.

Kini mesin jahit jadul hitam tersebut sudah termakan oleh zaman. Di mana orang-orang zaman now sudah lebih banyak menggunakan mesin jahit yang lebih modern dan canggih. Walaupun mungkin, ada yang masih bertahan dengan mesin jahit jadul tersebut, tetapi sedikit dan tidak sebanyak dulu.

Adakah yang masih memiliki mesin jahit tersebut di rumah? Kalau ada, jangan buru-buru dijual atau dibuang dulu, guys. Coba sulap saja mesin jahit jadulmu menjadi 8 furnitur keren ini:

1. Meja hias

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!homedecoridea.me

Mesin jahit hitam jadul ini dapat dimodifikasi menjadi meja hias untuk mempercantik ruang tamu, keluarga, atau kamarmu, lho. Caranya, bisa dengan mengganti meja jahitnya dengan alas lain yang datar sehingga di atasnya bisa diletakkan hiasan untuk mempercantik ruangan. Bisa juga dengan tanpa mengubah mesin jahitnya sama sekali. Di mana, di atasnya bisa langsung diletakkan hiasan ruangan sesuai selera kamu.  

2. Meja serbaguna

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!recyclart.org

Hanya menggunakan kaki dari meja jahit jadul juga tidak mengurangi nilai vintage-nya kok. Jadi, kalian bisa memodifikasinya dengan berbagai jenis alas meja yang cocok dengan ruanganmu. Misalnya, seperti yang satu ini. Di mana mesin jahit yang sudah dimodifikasi bisa kalian jadikan sebagai meja serbaguna, di atasnya bisa diletakkan berbagai hiasan ruangan dan yang bawah bisa digunakan untuk meletakkan buku atau barang lainnya. Dengan ini, barangnya sudah tidak berantakan deh.

3. Meja belajar atau kerja

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!Pinterest.com

Tanpa mengubah terlalu banyak dan hanya memolesnya sedikit, mesin jahit hitam jadul ini juga bisa kalian sulap menjadi meja belajar atau meja kerja yang nyaman. Dengan meja yang unik seperti ini, dijamin belajar atau kerjamu makin semangat dong? Adakah yang sudah menyulapnya menjadi meja belajar unik seperti ini?

4. Meja rias

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!Berbagai sumber

Bagi cewek-cewek yang suka dandan, kalian juga bisa memanfaatkan mesin jahit jadul ini jadi meja rias, lho. Kalian bisa memodifikasi sedemikian rupa, misalnya dengan mengecat, mengganti alas mesin jahit dengan alas datar, dan menambahkan cermin. Atau yang lebih simpel lagi adalah dengan menambahkan cermin pada mesin jahit jadulmu, bagaimana? Cukup mudah, bukan?

5. Meja makan

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!littlepieceofme.com

Meja makan unik pun bisa kalian dapatkan dari menyulap mesin jahit hitam jadulmu. Caranya pun sama, yaitu bisa dengan mengganti alas meja jahit dengan alas datar yang kamu inginkan atau bisa juga dengan tanpa mengubahnya sedikit pun. Kalau untuk meja makan, mungkin lebih baik diganti dengan alas datar ya, temen-temen? Dan dicat sehingga bisa lebih cantik deh ruang makan kalian.

Baca Juga: 9 Trik Dekorasi Kamar Kos Tema Vintage, Bahannya Murah Girls!

6. Meja taman

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!Pinterest.com

Tak hanya untuk meja makan saja, untuk meja tanaman-tanaman kalian juga bagus, bukan? Tidak harus mengubah alas meja jahitnya kok, mengapa? Karena laci di kiri dan kanan mesin jahitnya bisa bermanfaat juga untuk menyimpan peralatan kecil-kecilan yang digunakan untuk tanaman-tanaman kalian. Misalnya, gunting, bibit tanaman, atau lainnya.

7. Wastafel

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!Berbagai sumber

Daripada dibiarkan nganggur di gudang, mesin jahit jadulmu juga bisa kalian modifikasi untuk mempercantik kamar mandimu. Caranya, cukup dengan memodifikasi alas meja jahitnya dengan wastafel, bagaimana? Kamar mandimu jadi semakin kece, bukan? Bikin betah berlama-lama deh.

8. Lampu hias

Punya Mesin Jahit Jadul Tak Terpakai? Sulap Jadi 8 Furnitur Keren Ini!decorisme.co

Wah, tak hanya dijadikan untuk meja, mesin jahit jadulmu juga bisa kalian sulap menjadi lampu hias yang cantik dan unik. Di mana, kalian bisa memodifikasinya dengan menambahkan ornamen yang dibutuhkan untuk lampu hias. Setelah jadi, kalian bisa memajangnya di ruang tamu, keluarga, atau bahkan kamarmu.
 
Itulah 8 inovasi untuk menyulap mesin jahit jadulmu menjadi furnitur keren, bagaimana? Mau disulap jadi furnitur keren yang mana nih mesin jahit jadul kalian? Atau adakah yang sudah lebih dulu memodifikasinya?

Baca Juga: 10 Ide DIY Dekorasi Unik Buat Meriahkan Imlek di Rumahmu

Ishmah Irsalina W. Photo Community Writer Ishmah Irsalina W.

Berlomba-lombalah dalam kebaikan ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You