Comscore Tracker

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Air

Faktor lingkungan juga bisa menjadi sebab

Layu adalah suatu kondisi ketika tanaman dalam keadaan tidak sehat. Kondisi tersebut sering dijumpai ketika merawat tanaman. Mungkin banyak yang mengira, kalau layu hanya diakibatkan oleh kurangnya air pada tanaman.

Padahal ada penyebab lain yang menyebabkan tanaman berubah kondisi menjadi layu. Sehingga penanganannya pun nanti juga berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Berikut ini adalah lima penyebab tanaman layu, dilansir Britannica dan Patch Plants. Kenali, yuk!

Baca Juga: 5 Tanda Tanamanmu Perlu Air Lebih Banyak, Kenali Yuk!  

1. Kekurangan air

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Airilustrasi tanaman (unsplash.com/Markus Spiske)

Tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup. Sedikitnya air yang diperoleh akan mengakibatkan proses fotosintesis terhambat, sehingga menyebabkan tanaman tidak bisa mendapatkan energi.

Selain itu, kurangnya air membuat sel dan jaringan pada tanaman terganggu. Tanaman menjadi tidak bisa terlihat segar maupun tumbuh tegak. Jadi penting untuk mengatur penyiraman pada tanaman.

2. Kelebihan air

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Airilustrasi tanaman (unsplash.com/Marco Allegretti)

Jangan salah, kelebihan air juga bisa menyebabkan tanaman layu. Hal itu terjadi karena tidak optimalnya drainase dan aerasi, sehingga fungsi akar akan terganggu. Akibatnya tanaman kehilangan daya untuk menopang batang.

Tanah yang terlalu basah mengakibatkan akar kesulitan untuk menyerap air, karena tidak memiliki oksigen. Terlalu banyak air juga dapat mengakibatkan penyakit pada akar.

Baca Juga: 6 Tanda Tanamanmu Perlu Cahaya Matahari Lebih Banyak, Apa Saja?

3. Kekurangan zat hara

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Airilustrasi tanaman (unsplash.com/Yingchih)

Tanaman layu bisa diakibatkan karena kurangnya nutrisi atau unsur hara. Untuk tumbuh subur, tanaman memerlukan nutrisi yang cukup. Nutrisi tanaman berkaitan dengan unsur hara di dalam tanah.

Pemupukan adalah salah satu cara untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman. Namun, pemberian pupuk juga harus diperhatikan, jika berlebihan juga akan menyebabkan tidak sehatnya tanaman.

4. Panas yang berlebihan

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Airilustrasi tanaman (unsplash.com/Risto Kokkonen)

Sinar matahari memang penting bagi tanaman. Namun, tidak semua tanaman cocok dengan suhu panas yang tinggi, salah satunya tanaman hias.

Suhu yang tinggi dapat menyebabkan tanaman menjadi stres. Kondisi tersebut berakibat pada kerusakan pada daun, batang, hingga akar tanaman jika terpapar suhu panas yang terlalu lama atau tinggi.

5. Terkena hama dan penyakit

5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Airilustrasi tanaman (unsplash.com/Yipeng Lin)

Penyebab terakhir tanaman menjadi layu adalah terserang hama dan penyakit. Hal itu dikarenakan jaringan pada tanaman rusak, sehingga menyebabkan tanaman kesulitan untuk mendapatkan nutrisi.

Hama dan penyakit bisa mengakibatkan gagal panen jika tidak ditangani secara serius dan dapat menulari tanaman lain. Perlu pencegahan untuk bisa meminimalisir dan mengantisipasi hal tersebut.

Tanaman layu diakibatkan oleh banyak penyebab. Setiap penyebab memiliki cara penanggulangan yang berbeda-beda. Kalau layu, segera ditangani supaya tanamanmu bisa sehat kembali. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tips Merawat Bunga Mawar Agar Sehat dan Tidak Mudah Layu 

Khanif Irsyad Fahmi Photo Verified Writer Khanif Irsyad Fahmi

Mahasiswa yang Suka Ngomongin Pertanian, Sepakbola, dan Kepemimpinan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya