Comscore Tracker

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiram

Penyiraman yang berlebihan akan menyebabkan kelebihan air

Tanaman memerlukan air untuk tumbuh dengan optimal. Menyiram tanaman secara rutin memang baik bagi pertumbuhan tanaman. Namun, terlalu banyak memberikan air ternyata bisa membuat tanaman mengalami overwatering atau kelebihan air. 

Setiap tanaman memiliki perawatan yang berbeda-beda, termasuk juga kebutuhan airnya. Jadi tidak semua cocok jika disiram secara terus-menerus. Kondisi air yang berlebihan akan menyebabkan fungsi pada sel dan jaringan tanaman terganggu.

Kenali tanda-tanda berikut ini, bisa jadi tanamanmu mengalami kelebihan air, dilansir Bloomscape dan Mind Body Green. Simak baik-baik!

Baca Juga: 5 Tanda Tanamanmu Perlu Air Lebih Banyak, Kenali Yuk!  

1. Tanaman Layu

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiramilustrasi tanaman (unsplash.com/Jeena Paradies)

Tanda pertama tanaman mengalami kelebihan air yaitu tanaman menjadi layu padahal kondisi tanah basah. Hal itu dikarenakan fungsi pada jaringan dan sel tanaman terganggu. Selain itu, unsur hara di dalam tanah pun juga tidak akan terserap secara optimal.

Sebagai pencegahan kondisi tersebut, siramlah tanaman sehari sekali atau saat kondisi tanah kering. Cara ini akan membantu tanaman untuk mendapatkan air yang cukup. Namun, perlu juga diperhatikan karakteristik setiap tanaman, karena kebutuhan airnya berbeda-beda.

2. Warna daun tidak normal

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiramilustrasi tanaman (unsplash.com/Dominik Scythe)

Warna normal daun adalah hijau, jika daun berubah warna menjadi cokelat atau kuning, ada kemungkinan tanamanmu terlalu banyak disiram. Hal itu bisa dikenali jika kondisi tanah dalam keadaan basah, tetapi warna daun tiba-tiba berubah.

Kondisi tersebut diakibatkan rusaknya fungsi pada jaringan tanaman karena terlalu banyak jumlah airnya. Salah satu tips dalam menyiram tanaman yaitu letakkan jari pada tanah, hal itu bertujuan untuk memastikan kondisi tanah kering saat akan disiram.

Baca Juga: 5 Penyebab Tanamanmu Jadi Layu, Tidak Hanya Disebabkan Kekurangan Air

3. Terdapat jamur

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiramilustrasi jamur (pexels.com/pixabay)

Salah satu tanda paling jelas dan paling memungkinkan dari penyiraman yang berlebihan pada tanaman adalah adanya jamur  di atas tanah atau di tanaman. Hal itu dikarenakan jamur menyukai kondisi yang lembap. 

Sebagai upaya penanganan, cara yang bisa dilakukan ketika kondisi ini, letakkan tanaman di tempat luar ruangan untuk mengeringkan tanah. Selain itu juga perlu menyemprotkan fungsida jika kondisinya sudah menyebar ke semua tubuh tanaman.

4. Terdapat bintik-bintik pada daun

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiramilustrasi tanaman (unsplash.com/Kelsey Weinkauf)

Selanjutnya tanda-tanda penyiraman berlebihan pada tanaman adalah adanya bintik-bintik cokelat dan kuning pada daun. Untuk lebih spesifik, bintik-bintik cokelat yang dikelilingi oleh lingkaran kuning, yang mengindikasikan tanaman terkena infeksi bakteri.

Solusinya adalah membuang semua bagian tanaman yang terserang. Selain mengurangi intensitas penyiraman, hindari menempatkan tanaman pada suhu yang rendah. Kondisi tersebut akan menarik perkembang biakkan penyakit tanaman.

5. Akar tanaman busuk

5 Tanda Tanamanmu Kelebihan Air, Bukan Sering Disiramilustrasi tanaman (pexels.com/Karolina Grabowska)

Akar adalah salah satu bagian terpenting bagi tanaman untuk mencari nutrisi. Terlalu banyak menyiram tanaman akan menyebabkan akar tenggelam dan tidak memungkinkan mereka untuk menerima udara yang mereka butuhkan. 

Kelebihan air akan menyebabkan akar kesulitan dalam mendapatkan oksigen. Akar dapat berfungsi dengan baik apabila kondisi rongga udara dan air seimbang. Jika akar tanaman busuk, dampak terburuknya tanaman akan layu bahkan mengalami kematian. 

Mengetahui karakteristik tanaman akan membantumu dalam menentukan intensitas penyiraman. Hal itu dapat memberi tanaman air yang cukup, tidak kekurangan maupun berlebihan. Memiliki drainase yang baik juga bisa salah satu pencegahan tanaman kelebihan air. 

Baca Juga: 6 Tanda Tanamanmu Perlu Cahaya Matahari Lebih Banyak, Apa Saja?

Khanif Irsyad Fahmi Photo Verified Writer Khanif Irsyad Fahmi

Mahasiswa yang Suka Ngomongin Pertanian, Sepakbola, dan Kepemimpinan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya