Comscore Tracker

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmu

Mana bunga yang representasikan bulan kelahiranmu?

Birth flower alias bunga yang melambangkan bulan kelahiran itu benar-benar ada, lho. Hampir mirip seperti birthstone atau batu mulia yang melambangkan bulan kelahiran seseorang, setiap birth flower juga punya keunikan dan maknanya masing-masing.

Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan birth flower, berikut ini 12 jenis birth flower yang menjadi simbol bulan kelahiranmu. Kira-kira kelahiranmu dilambangkan dengan bunga apa, ya?

1. Januari

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Anyelir (unsplash.com/Lena Sifoo)

Bagi kamu yang lahir pada bulan Januari, bunga anyelir adalah bunga lambang bulan kelahiranmu. Bunga yang memiliki nama ilmiah Dianthus caryophyllus ini berasal dari famili caryophyllaceae.

Bunga anyelir yang memiliki beberapa warna seperti putih, merah muda, ungu, dan kuning ini pun memiliki makna kesetiaan, pengabdian, dan cinta.

2. Februari

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Violet (unsplash.com/Aaron Burden)

Bunga violet adalah bunga yang menjadi simbol bagi kamu yang lahir pada bulan Februari. Nama ilmiah bunga violet adalah Viola odorata. Bunga ini berasal dari famili Violaceae.

Jenis bunga violet pun beragam, nih. Ada violet sand, sister violet, violet puber, dan ivy-shaped violet. Gak cuma cantik dipandang, bunga ini pun punya makna keren yakni kesetiaan, kebajikan, dan kerendahan hati.

3. Maret

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga narsis (unsplash.com/deiimy)

Bulan Maret dilambangkan dengan bunga Dafodil. Bunga Dafodil atau bunga narsis yang dikenal memiliki nama ilmiah narcissus ini berasal dari famili Amaryllidaceae.

Terdiri dari warna putih, merah muda, krem, dan oranye, bunga dafodil bermakna awal baru, harapan, kebahagiaan, dan kemakmuran.

4. April

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Daisy (unsplash.com/Kristine Cinate)

Bunga daisy yang memiliki nama ilmiah Bellis perennis dan berasal dari famili Asteraceae ini adalah lambang dari bulan April.

Memiliki banyak aneka warna seperti putih, merah, merah muda, oranye, biru, dan kuning ini bermakna kepolosan, kemurnian, kebahagiaan, dan kesenangan.

5. Mei

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Bakung Gunung (unsplash.com/Oceane George)

Bulai Mei dilambangkan dengan bunga bakung gunung. Memiliki nama ilmiah Convallaria majalis, bunga satu ini termasuk bunga termahal di Indonesia, lho.

Dikenal juga dengan nama Lily of the valley, bunga bakung gunung bermakna harapan, keibuan, kemanisan, dan kembalinya kebahagiaan.

6. Juni

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Mawar (unsplash.com/Shannon Ferguson)

Kamu yang lahir di bulan Juni dilambangkan dengan bunga mawar. Bunga mawar yang punya nama ilmiah Rosa ini dikenal indah dengan berbagai warna seperti merah, merah tua, merah jambu, kuning, dan putih.

Bunga mawar sendiri bermakna kebahagiaan, percintaan, dan persahabatan.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Puding Edible Flower, Bisa Pakai Bunga atau Buah 

7. Juli

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Larkspur (unsplash.com/Dominik Scythe)

Bunga larkspur atau bunga yang melambangkan bulan Juli ini memiliki nama ilmiah Delphinium. Sering dihinggapi kupu-kupu dan lebah, bunga ini berasal dari Eropa Barat.

Gak cuma cantik, bunga larkspur juga punya makna mendalam yakni kemurnian, martabat, kepositifan, dan hati yang penuh kasih sayang.

8. Agustus

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Gladiol (unsplash.com/Yuta Koike)

Memiliki nama ilmiah Gladiolus dan berasal dari famili Iridaceae, bunga gladiol adalah lambang bagi kamu yang lahir pada bulan Agustus.

Punya beragam warna seperti merah muda, oranye, ungu, putih, merah, dan masih banyak lagi, bunga ini bermakna kemurahan hati, kekuatan, dan integritas moral.

9. September

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Aster (unsplash.com/Daniella Cressman)

Bulan September dilambangkan oleh bunga aster yang memiliki nama ilmiah Aster dan berasal dari famili Asteraceae.

Terdiri dari beberapa jenis yaitu Alpinus, Amellus, Aromatik, Aster Kuning, dan Calico, bunga aster secara umum bermakna kasih sayang, cinta, dan esensi kehidupan.

10. Oktober

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Marigold (unsplash.com/jkiwi)

Oktober dilambangkan dengan bunga marigold yang juga memiliki nama ilmiah Tagetes ini memiliki beberapa warna seperti kuning dan oranye.

Berbentuk bulat dengan bunga yang saling menumpuk, bunga marigold bermakna gairah, kreatifitas, kedamaian, dan ketenangan.

11. November

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Serunai (unsplash.com/Jason Sung)

Selanjutnya, ada bunga serunai yang melambangkan bulan November. Memiliki nama ilmiah Chrysanthemum dan berasal dari famili Asteraceae, bunga ini punya makna keren.

Bunga serunai bermakna kesetiaan dan kejujuran. Bunga ini juga dipercaya menyimbolkan harapan baik, dan dapat membawa keberuntungan serta kebahagiaan ke dalam rumah.

12. Desember

12 Jenis Birth Flower dan Maknanya untuk Bulan Lahirmubunga Holly (unsplash.com/Remy Gieling)

Terakhir, ada bulan Desember yang disimbolkan dengan bunga holly. Bunga holly memiliki nama ilmiah Ilex dan berasal dari famili Aquifoliaceae.

Dikenal sebagai bunga yang kerap dihubungkan dengan natal, bunga holly bermakna pengasih, perlindungan kekayaan, kesetiaan cinta, dan pertahanan.

Gimana, kamu sudah nemu bunga apa yang representasikan bulan kelahiranmu? Semua bunga memiliki makna spesial dan mendalam, coba share di kolom komentar apa makna dari bunga bulan kelahiranmu.

Baca Juga: 10 Jenis Edible Flower yang Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Afrilia L Photo Verified Writer Afrilia L

Why struggle? just turn off your lights, go dreaming, do it like a pisces.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya