Comscore Tracker

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biaya

Kalau kamu beli rumah second kadang perlu lakukan ini

Secara berkala, rumah biasanya membutuhkan perbaikan-perbaikan dari kecil sampai besar. Apalagi seiring dengan pertambahan usia rumah. Biasanya akan ada saja bagian rumah yang rusak dan perlu segera diperbaiki supaya tak membahayakan penghuninya.

Sekalipun tidak sama dengan membangun dari awal, proses renovasi rumah malah bisa terasa lebih merepotkan. Sebab selain rumah sudah terisi banyak barang, kenyamananmu dan keluarga pun akan terganggu selama pengerjaannya. Agar proses renovasi berjalan lancar serta lebih cepat selesai, selain biaya, kamu juga perlu menyiapkan lima hal berikut ini.

1. Tempat tinggal sementara bila perlu

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biayailustrasi pindahan (pexels.com/Blue Bird)

Kalau bagian yang harus direnovasi banyak, kamu perlu mempertimbangkan buat mencari hunian sementara. Misalnya, harus merobohkan seluruh atap. Walau perobohannya bisa dilakukan secara bertahap, debunya tentu banyak sekali.

Daripada kesehatanmu dan keluarga terganggu, sebaiknya kalian mengungsi dulu sampai renovasi selesai. Carilah rumah kontrakan yang tidak terlalu jauh biar kamu bisa sering memantau perkembangan proses renovasi.

2. Mengamankan barang-barang agar tidak kotor atau hilang

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biayailustrasi renovasi rumah (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Sering kali renovasi rumah memang tak perlu sampai membuatmu harus mengungsikan seluruh barang. Kursi, meja, lemari, hingga barang-barang yang lebih kecil tetap cukup aman dibiarkan di rumah asalkan kamu telah menutupinya dengan plastik atau terpal.

Untuk barang-barang kecil seperti peralatan makan, kamu dapat menyimpan semuanya di lemari dapur atau mengepaknya dalam kardus. Apabila seluruh penghuni rumah sampai perlu mencari tempat tinggal sementara, barang berharga seperti perhiasan dan surat-surat penting jangan lupa dibawa, ya!

3. Percayakan pekerjaan renovasi rumah hanya pada ahlinya

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biayailustrasi renovasi rumah (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Mengingat biaya renovasi yang tidak sedikit, kamu barangkali tergiur untuk menggunakan jasa pekerja bangunan yang upahnya lebih miring. Jeli soal tarif harian atau borongan pekerja memang penting untuk menghemat pengeluaran.

Namun, perhatikan pula rekam jejaknya. Soalnya, bila pekerjaan merenovasi rumah asal diserahkan pada tukang yang kurang ahli, nanti malah molor atau hasilnya gak rapi. Bisa-bisa kamu harus mencari tukang lain untuk membereskan kekacauan tersebut. 

Niatmu berhemat, tetapi biaya yang dikeluarkan akhirnya menjadi berlipat-lipat. Sementara kalau tugas tersebut dipercayakan pada pekerja bangunan yang lebih ahli bakal lekas selesai. Hasilnya pun memuaskan bahkan melebihi ekspektasi.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

4. Rencanakan renovasi rumah dengan matang sesuai kerusakannya

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biayailustrasi renovasi rumah (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Inilah pentingnya mengundang pekerja bangunan yang banyak direkomendasikan orang karena hasil kerjanya yang baik. Sebagai orang awam, kamu tentu tidak selalu tahu seberapa parah kerusakan di rumahmu dan apa saja yang perlu sekalian dibetulkan.

Dengan memanggil pekerja yang berpengalaman, kamu terbantu dalam merencanakan renovasi rumah. Hitung-hitungan biaya serta waktu pengerjaannya menjadi lebih jelas. Kamu dapat menyiapkan dananya sejak awal.

5. Waktu dan tenaga buat memeriksa kemajuan proses renovasi

5 Persiapan sebelum Renovasi Rumah, Tak Hanya Soal Biayailustrasi renovasi rumah (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Walaupun sudah ada mandor atau pengawasnya, sebagai pemilik rumah kamu tetap perlu datang langsung ke lokasi selagi memungkinkan. Tujuannya supaya kamu dapat memeriksa kemajuan proses renovasi setiap harinya.

Bila ada hasil yang kurang sesuai dengan harapanmu, kamu bisa cepat meminta pekerja buat memperbaikinya. Daripada kamu baru mengeceknya setelah semua proses selesai, nanti banyak yang menurutmu perlu dirombak.

Renovasi rumah kadang memang bisa bikin kamu lebih pusing daripada ketika membangunnya pertama kali. Bahkan walau saat ini renovasi belum diperlukan, sebaiknya kamu mulai menabung untuk persiapan.

Sebab biasanya, rumah akan memerlukan renovasi besar-besaran setelah usianya lebih dari 20 tahun. Jangan sampai saat itu tiba, kamu belum menyiapkan dananya padahal kondisi rumah sudah tidak aman untuk dihuni.

Baca Juga: 5 Channel YouTube tentang Renovasi Rumah, Inspirasi buat Bangun Hunian

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya