Comscore Tracker

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!

Jangan salah pengertian ya!

Siapa di antara kalian yang masih menggunakan bahan alami yang ada didapur kalian untuk menggunakannya pada wajah? Suka menggunakannya karena dikenal dengan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, ternyata kamu salah!

Memang bahan alami sebagiannya boleh digunakan untuk wajah, seperti yang dilansir dari kristenarnett.com banyak sekali kesalahpahaman yang kamu tidak ketahui bahan alami yang tidak boleh digunakan pada wajah kalian. Karena akan merusak tekstur bahkan bisa membuat wajah jadi rusak. Apa saja bahannya? Yuk intip!

1. Cuka apel sebagai toner wajah

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!unsplash.com/BàrbaraMontavon

Beberapa orang akan memberi tahu anda bahwa menggunakan kekuatan penuh cuka apel sebagai pembersih atau toner untuk orang dengan jerawat atau hiperpigmentasi adalah ide yang bagus, ternyata cuka apel mentah sangat mengiritasi kulit dan akan menyebabkan peradangan dan luka bakar bahkan hanya setelah sekali digunakan.

2. Garam untuk scrub wajah

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!unsplash.com/joannakosinska

Bahan dapur yang sering disebutkan dalam resep perawatan kulit DIY untuk digunakan sebagai eksfoliasi kulit wajah, bahan ini sangat baik untuk digunakan dalam resep lulur tubuh DIY, tetapi bahkan butiran terbaik terlalu kasar untuk kulit halus di wajah. Jenis butiran ini memiliki tepi yang bergerigi yang menggores dan benar-benar merusak kulit!

3. Baking soda

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!instagram.com/Theoilylifetribe_

Soda kue biasanya digunakan untuk membersihkan apa saja! mulai dari dop hingga rambut, tetapi sebaiknya tidak digunakan dengan kekuatan penuh sebagai perawatan jerawat atau pencerah kulit. Menggunakan konsentrat tinggi dari soda alkali seperti baking soda dapat memiliki efek yang lebih buruk dari pada menggunakan asam pada kulit.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit

4. Lemon atau jus lemon

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!unsplash.com/HanLahandoe

Jus lemon adalah salah satu pengobatan rumahan tertua untuk meringankan bintik-bintik! Bintik-bintik penuaan, melasma dan untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Jus lemon sangat asam dan dapat menyebabkan peradangan, iritasi, dan mengganggu fungsi penghalang kulit. Asam askorbat meningkatkan fotosensitifitas kulit dan meningkatkan risiko terbakar sinar matahari, kanker kulit, hiperpigmentasi, dan penuaan dini.

5. Kopi untuk masker dan scrub wajah

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!unsplash.com/patrykgauza

Sama halnya dengan garam, kopi ini memiliki butiran yang sangat kasar! Jika anda menggunakan scrub atau masker kopi untuk wajah, itu sangat amat berbahaya karena dapat menyebabkan kulit kamu iritasi!

Selain iritasi kulit wajah termasuk kebagian kulit yang tipis jika kamu gosok menggunakan scrub wajah otomatis kulit kamu akan lebih tipis dan bisa menyebabkan jerawat.

6. Jeruk nipis sebagai penghilang jerawat

Suka DIY? 6 Bahan Alami ini Tidak Dianjurkan untuk Perawatan Wajah!unsplash.com/LewisFagg

Siapa yang masih suka menggunakan si jeruk nipis ini sebagai masker wajah? Banyak orang bilang jeruk nipis dapat menghilangkan jerawat jika kamu menggosoknya dengan rutin di kulit wajah kamu!

Ini sangat salah, jeruk nipis sangatlah tidak baik untuk kulit kamu, asam yang terdapat di dalamnya dapat mengiritasi kulit kamu. Bukan cuma itu kulit kamu juga akan bereaksi dan mengeluarkan warna kemerahan, asam di dalamnya membuat wajah kamu terasa perih.

Itulah 6 bahan alami yang masih suka digunakan untuk perawatan wajah, padahal salah banget. Stop dari sekarang ya! Jangan sampai kulit wajah kamu jadi rusak!

Baca Juga: Bahan-bahan Skincare Ini Ternyata Gak Boleh Dipakai Berbarengan, Lho!

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya