6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!

Bisa juga bikin biaya perawatan rumah makin irit

Rumah yang nyaman untuk dihuni tidak hanya tergantung pada pemilihan tema desain atau tata ruang yang sesuai dengan preferensi pribadi. Tapi, kebersihan dan kerapian rumah juga memainkan peran krusial dalam menciptakan kenyamanan dan kesejahteraan pemiliknya.

Ketika punya rumah bersih, teratur, dan tertata dengan baik, dampaknya dapat terasa dalam berbagai aspek kehidupan. Nah, agar tak malas dalam membersihkan dan merapikan interior rumah, yuk, simak ragam manfaat punya hunian yang bersih dan rapi. Dijamin bikin aspek kehidupan kamu semakin baik!

1. Kualitas tidur lebih baik 

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi pria yang sedang tidur (unsplash.com/ Tânia Mousinho)

Tidur yang cukup merupakan hal penting untuk kesehatan dan produktivitas kita. Namun, kualitas tidur juga harus diperhatikan, agar tubuh benar-benar bisa beristirahat dengan optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur ialah menjaga kamar tidur agar tetap bersih dan rapi.

Rumah yang bersih dan rapi dapat membantu kita untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman untuk beristirahat. Dengan membersihkan kamar tidur dan menjauhkan benda-benda yang tidak diperlukan, kita bisa membuat ruangan yang ideal untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Kesehatan lebih terjaga 

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi keluarga yang sehat (pexels.com/Vlada Karpovich)

Keuntungan kedua dari memiliki rumah yang bersih dan rapi adalah bisa mendukung kesehatan kita dengan baik. Debu dan kotoran memiliki potensi untuk mengumpulkan bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi dan infeksi saluran pernapasan.

Dengan rajin membersihkan rumah secara teratur dan menjaga kelembapan yang sehat, risiko munculnya alergi dan penyakit pernapasan dapat dikurangi secara signifikan. Selain itu, menjaga kebersihan rumah juga berperan penting dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyebaran kuman yang berpotensi merugikan kesehatan kita.

3. Produktivitas meningkat

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi bekerja di tempat yang bersih dan rapi (pixabay.com/lukas bieri)

Tak hanya meningkatkan kenyamanan dan kesehatan, rumah yang bersih dan rapi ternyata juga memiliki dampak positif terhadap produktivitas kita. Mengapa begitu? Karena dengan menjaga kebersihan dan kerapian rumah, kita dapat mengurangi risiko gangguan dan meningkatkan fokus saat bekerja, belajar, atau menyelesaikan tugas di rumah.

Ketika rumah kita dalam keadaan berantakan, sulit bagi kita untuk memusatkan perhatian pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Distraksi seperti melihat tumpukan piring kotor di dapur atau meja kerja yang berantakan bisa membuat fokus kita terpecah dan pikiran menjadi tidak tenang.

dm-player

4. Mengurangi stres  

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi stress dan banyak pikiran (pexels.com/Inzmam Khan)

Kondisi rumah yang kotor dan berantakan dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan. Pada saat rumah berantakan, kita akan merasa tidak tenang dan sulit untuk merasa nyaman, yang mana ini bisa menyebabkan tekanan dan stres yang berlebihan.

Sebaliknya, ketika hunian bersih dan rapi, kita dapat merasa lebih tenang dan damai di dalamnya. Kita tidak perlu khawatir tentang tugas-tugas rumah tangga yang belum selesai dan dapat dengan tenang melakukan aktivitas yang menyenangkan tanpa gangguan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Usir Nyamuk, Jaga Kebersihan Lingkunganmu

5. Lebih sedikit jamur dan hama 

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi rumah yang bersih dan rapi (unsplash.com/Bailey Alexander)

Mempunyai rumah yang bersih dan rapi tidak hanya membuat tempat tinggal terlihat indah, tetapi juga dapat membantu mencegah munculnya hama dan jamur. Serangga seperti kecoa dan semut dapat dengan mudah berkembang biak di dalam rumah yang lembap dan kotor. Begitu juga dengan jamur yang tumbuh di tempat yang lembap dan berdebu.

Dengan menjaga kebersihan rumah secara teratur, seperti membersihkan debu, menghilangkan sisa makanan, serta menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi, kita dapat mencegah berkembangnya hama dan jamur di dalam rumah. 

6. Menghemat biaya perawatan 

6 Manfaat Punya Rumah Bersih dan Rapi, Lebih Produktif!Ilustrasi mengelap meja (pexels.com/Ron Lach)

Jika debu dan kotoran dibiarkan menumpuk pada perabotan dan dekorasi rumah, kemungkinan besar barang-barang kita akan mudah rusak. Akibatnya, perabotan dan dekorasi tersebut memerlukan perbaikan atau bahkan penggantian, yang tentu saja memerlukan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah agar kotoran dan hama seperti rayap, tidak menempel dan menggerogoti perabotan yang dimiliki. Dengan begitu, perabotan dan dekorasi rumah tetap terjaga dan dapat berfungsi dengan baik, sehingga biaya perbaikan bisa diminimalisir.

Menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi memang membutuhkan usaha dan waktu. Namun, manfaat yang kita dapatkan akan jauh lebih besar dibandingkan dengan usaha yang kita keluarkan. So, jangan malas untuk membersihkan dan merapikan rumah, ya! 

Baca Juga: 5 Tips agar Anak Terbiasa Menjaga Kebersihan Sejak Dini 

Miftahul Huda Photo Verified Writer Miftahul Huda

Freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya