Comscore Tracker

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!

Menciptakan ruangan elegan dengan konsep kesederhanaan

Konsep desain minimalis menawarkan tampilan ruang elegan dengan komponen sederhana. Biasanya, gaya minimalis hanya memasukkan benda pada ruangan yang diperlukan saja. Ini karena desain minimalis memiliki prinsip untuk menciptakan ruang yang rapi, simple, dan to the point.

Desain minimalis cocok bagi orang yang membenci kekacauan dan menyukai hal yang bersifat simple dan praktis. Desain ini juga bisa jadi solusi untuk rumah dengan lahan terbatas. Mengutip mydomaine dan foyr, jika kamu ingin merubah tampilan rumahmu menjadi minimalis, berikut enam cara mudah untuk mewujudkannya.

1. Bersihkan rumah dari segala kekacauan 

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!Ilustrasi merapikan ruangan dari kekacauan di rumah minimalis (Pexels/Gustavo Fring)

Menghilangkan kekacauan dan menciptakan ruang yang simple menjadi langkah utama untuk mendapatkan tampilan minimalis pada ruangan. Sebab, desain minimalis sangat lekat dengan nilai kerapian dan mengedepankan fungsionalitas barang daripada kuantitas.

Untuk mewujudkan ruangan yang bebas kekacauan, kamu bisa menerapkan prinsip satu masuk satu keluar. Itu artinya, jika kamu membeli barang yang baru, barang yang sudah tidak kamu perlukan lagi bisa kamu donasikan atau dijual. Prinsip ini sangat membantu agar ruangan terasa lega dan tidak terlihat berserakan.

2. Pilihlah skema warna netral 

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!Ilustrasi skema warna netral dan sederhana pada dapur rumah minimalis (Unsplash/R ARCHITECTURE)

Ciri khas utama pada desain minimalis bisa langsung terlihat dari pemilihan skema warna halus dan netral pada ruangannya. Desain ini sangat bertentangan dengan warna yang terkesan berani dan terlalu mencolok. Hal ini lantaran desain minimalis memiliki prinsip untuk membuat ruang yang indah dengan konsep kesederhanaan.

Jika kamu ragu untuk bisa membuat skema warna yang ciamik, kamu bisa mengecet warna dinding dengan warna putih telebih dahulu. Sebab, dinding berwarna putih memberi dampak signifikan untuk mewujudkan konsep minimalis. Warna ini memudahkan kamu untuk melakukan kreativitas pada ruangan dan memberi kesan bebas dari kekacauan.

Baca Juga: 25 Desain Rumah Minimalis Dua Lantai, Kece buat Keluarga Muda!

3. Gunakan furnitur multifungsi 

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!Ilustrasi kursi tambahan yang disembunyikan di bawah meja (Pixabay/Skitterphoto)

Rumah minimalis menekankan penghuninya agar memilih furnitur yang memiliki kualitas dan bisa menghemat penggunaan ruang. Untuk itu, perabotan yang bisa melayani fungsi ganda sangat ideal untuk diterapkan pada rumah minimalis.

Perabotan multifungsi memungkinkan untuk melayani segala kebutuhanmu tanpa membuat ruangan penuh sesak dengan perabotan. Jenis furnitur yang memiliki penyimpanan tersembunyi bisa kamu pilih untuk menyembunyikan item dan membersihkan kekacaun.

Pada era sekarang, bentuk furnitur multifungsi semakin berkembang dan beragam. Misalnya sofa bed yang bisa sekaligus jadi tempat duduk dan tempat tidur, meja dan kursi modern yang bisa dilipat untuk menghemat ruang, tangga rumah dengan penyimpanan tersembunyi dan masih banyak lagi.

4. Berikan sentuhan unsur alam pada ruangan 

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!Ilustrasi nuansa alam dari tanaman dan tirai bambu di rumah minimalis (Unsplash/Spacejoy)

Desain minimalis sangat ideal jika dipadukan dengan elemen alami. Sebab, desain minimalis tidak memakai banyak warna yang berlebihan. Agar ruangan tidak terkesan monoton, biasanya desain minimalis menghadirkan tanaman dan finishing kayu untuk menambah palet warnanya.

Warna kayu yang memiliki tingkat kepekatan yang berbeda-beda bisa kamu kombinasikan pada furnitur atau dekorasi dinding. Hal ini bisa membuat ruanganmu terlihat elegan, terkesan hangat, dan tidak membosankan.

Mengutip mydomaine, pemilik studio desain interior yang berbasis di Amerika Serikat, Lindye Galloway mengutarakan bahwa tanaman adalah cara mudah untuk mendekorasi ruangan tanpa menambahkan banyak elemen atau perabotan yang dapat menghilangkan kesan minimalis.

5.  Pasang dekorasi dinding sederhana dan jangan berlebihan 

5 Cara Mendapatkan Tampilan Desain Minimalis pada Rumah, Mudah!Ilustrasi wallpaper dinding dengan warna netral sederhana pada desain rumah minimalis (Unsplash/Spacejoy)

Konsep desain minimalis bisa semakin terasa dengan memasang dekorasi sederhana dengan tampilan yang estetik. Ini bertujuan juga untuk membuat dinding pada rumah minimalis agar tidak terlihat monoton.

Namun, ketika memasang dekorasi dinding pada rumah minimalis, kamu tidak boleh sembarangan memasang segala bentuk dekorasi pada dinding. Jika kamu memasang hiasan dinding secara berlebihan, itu bisa membuat tampilan rumahmu keluar dari konsep minimalis.

Pilih dekorasi dinding yang bisa menambah nilai estetika ruangan dengan skema warna netral dan halus. Selain itu, jenis hiasan dinding yang sekaligus memiliki nilai fungsi juga bisa kamu pilih. Misalnya, dekorasi dari bentuk cermin yang unik dan rak estetik dari kayu.

Desain minimalis sebenarnya juga bersangkutan dengan konsep hidup minimalism. konsep ini mengajarkan untuk hidup dengan sesuatu yang penting, berharga bagi dirinya, dan apa yang membuatnya bahagia. Nah, jika kamu ingin makeover rumah dengan konsep desain minimalis, lima langkah mudah di atas bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Desain Mushola Minimalis untuk Rumah Idamanmu

Miftahul Huda Photo Verified Writer Miftahul Huda

Freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya