Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan Luas

Cocok buat kamu yang punya rumah dengan lahan terbatas

Banyak orang bermimpi membangun tempat tinggal yang luas. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan serta mengakomodir kebutuhan segenap keluarga dan pemiliknya.

Namun, mahalnya tanah dan biaya pembangunan yang terus meningkat menjadi masalah besar bagi banyak orang. Hal ini mengakibatkan orang-orang harus merelakan mimpi tersebut dan terpaksa membangun rumah yang tergolong sempit.

Nah, lima tips berikut bisa bantu kamu mengatasi rumah sempit agar terkesan lebih luas. Simak sampai habis, ya!

1. Perbanyak garis horizontal dan vertikal pada fasad rumah

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan LuasPotret rumah minimalis dengan garis horizontal sepanjang rumah. (instagram.com/fasadrumah

Fasad rumah menjadi hal pertama yang dilihat orang, apakah rumah itu luas atau sempit. Jika lahan kamu terbatas tapi menginginkan rumah yang tampak luas, kamu bisa contoh rumah modern bergaya scandinavian di atas. Dengan garis horizontal sepanjang fasad rumah rumah tampak lebar dan luas.

Selain garis lurus horizontal pada dak cor, kamu juga bisa menggunakan topi-topian, tali air, dan material horizontal yang lainnya agar tak terlihat monoton. Sebaliknya, jika kamu ingin fasad rumah tampak tinggi, perbanyaklah garis dan material secara vertikal.

Pilihlah material dan bentuk yang sesuai agar rumah tetap terlihat berkonsep. Itulah segelintir teknik agar fasad rumah tampak lebar ataupun tinggi yang bertujuan memberikan kesan luas pada hunian.

2. Memasang jendela yang besar

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan LuasJendela besar dengan model modern memberi kesan mewah dan estetik. (unsplash.com/Zac Gudakov)

Keberadaan jendela yang besar bisa memberi kesan luas pada rumah. Sebab, jendela berukuran besar memberikan akses intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah semakin banyak. Hal itu mengakibatkan rumah terlihat terang dan tekesan luas serta lapang.

Selain itu, jendela besar yang menghadap keluar mampu memberi rasa ruang yang seakan berlanjut ke luar. Sehingga ruang seakan terlihat menyatu dari dalam rumah.

Namun, tentu pemilihan jendela besar memiliki kekurangan, kekuatanya yang tak sekuat tembok batu batu sehingga sangat rawan dengan pencurian. Jadi tetaplah perhatikan keamanan rumah.

3. Penggunaan cat berwarna terang

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan Luasilustrari ruangan dengan warna putih (unsplash.com/spacejoy)

Menggunakan warna yang terang, terutama warna putih, bisa memberi kesan luas pada ruang. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan warna yang terang akan merefleksikan cahaya dan menyebarluaskan cahaya tersebut, sehingga rumah tampak lapang dan terkesan luas.

Sebaliknya, jika rumah ingin terlihat luas hindari penggunaan warna-warna yang cenderung gelap. Pemilihan warna gelap akan menyerap cahaya yang masuk, akibatnya ruangan terasa sempit dan suram. Hal itulah yang mendasari mengapa warna terang memberi kesan lebih luas pada rumah.

Baca Juga: 16 Desain Kamar Tidur Bergaya Mezzanine, Solusi Rumah Sempit

4. Memasang banyak cermin di area dalam rumah 

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan LuasAdanya cermin pada ruang tamu membuat rumah lebih terang dan luas. (pixabay.com/5460160)

Pernahkah kamu mengamati banyaknya cermin di pusat-pusat perbelanjaan? Bukan tanpa sebab, pemilik toko memasang banyak cermin pada dinding serta sudut sudut ruang bertujuan untuk memberikan kesan luas. Nah, hal itu bisa kamu terapkan juga agar ruangan terkesan lebih luas dan lapang.

Semakin besar dan semakin banyak kamu memasang cermin, maka ruanganmu akan terasa lebih lega. Pada dasarnya cermin memiliki sifat memantulkan dan menyebarluaskan cahaya. Selain itu, cermin juga memberi kesan meneruskan pada area yang dipantulkannya.

Tak hanya memberi kesan luas pada rumah, cermin juga berfungsi menjadi hiasan dinding dengan dipadukan bingkai senada atau bentuk cermin yang unik. Kalau sudah demikian, dinding serta ruang akan terlihat estetik dan menarik.

5. Meminimalisasi penggunaan partisi pada rumah

5 Tips Sederhana untuk Rumah Sempit, Jadi Terkesan Luaspotret partisi yang membatasi antar ruang (instagram.com/partisi.ruangan)

Partisi yang berfungsi untuk memberi batasan pada ruang memiliki efek samping, yaitu memberi kesan sempit pada ruangan. Jika rumah kamu sempit, pertimbangkan pengunaan partisi pada ruang. Hal ini bertujuan agar rumah kamu terkesan lebih lapang.

Sekat tersebut bisa kamu gantikan dengan warna dinding atau bentuk plafon yang berbeda untuk memberi pembatas pada ruangan. Namun jangan lupa untuk memadukannya dengan desain rumah kamu agar tetap selaras dengan konsep yang ada. Kalau kamu terpaksa membutuhkan sekat, pilihlah sekat berwarna terang dan bisa melihat ke area lain agar rumah tidak terkesan sempit.

Nah, lima tips di atas patut kamu coba agar rumahmu terkesan lebih luas. Dari beberapa tips yang telah diulas, mana yang akan kamu terapkan?

Miftahul Huda Photo Writer Miftahul Huda

Penulis masih ragu menjabarkan deskripsi tentangnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya