Comscore Tracker

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!

Mulai dari sandal jepit hingga boot dari bulu domba

Seperti halnya baju, alas kaki adalah salah satu aksesoris tubuh yang sering digunakan. Oleh karena itu tak jarang alas kaki kesayangan baik sandal atau sepatu menjadi kotor bahkan terkena noda.

Untuk membersihkannya jangan sembarangan karena beda alas kaki beda juga cara dan bahan yang digunakan. Nah daripada bingung, berikut adalah 9 cara membersihkan alas kaki tergantung dengan bahannya.

1. Sepatu kulit

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!pexels.com/Dominika Roseclay

Cara membersihkan sepatu kulit kali ini berlaku untuk kulit asli, kulit paten, atau kulit imitasi. Caranya yaitu bersihkan dulu kotoran yang menempel. Setelah itu gosok perlahan dengan menggunakan air dan cuka putih yang berguna menghilangkan noda garam pada sepatu. Setelah kering gosok kembali perlahan dengan kain.

Tapi untuk sepatu yang lecet, cara membersihkannya celup kain ke air lalu baking soda dan gosok bagian yang lecet. Bersihkan residu dan keringkan. Sedangkan untuk kulit paten atau imitasi, cukup oles petroleum jelly pada sepatu tersebut.

2. Sepatu suede

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!pexels.com/Josh Sorenson

Cara membersihkan sepatu bahan suede cukup mudah yaitu menggosoknya dengan suede brush atau penghapus satu arah dan maju mundur dengan kuat. Namun jika ada noda gunakan cuka putih yang diteteskan pada kain lalu gosok hingga noda memudar. Sedangkan untuk menjaga tekstur, gunakan pisau cukup serta gunakan spray pelindung agar kotoran tak mudah menempel.

3. Sepatu boot bulu domba

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!mom4real.com

Cara membersihkan sepatu boot berbulu domba yaitu bersihkan dulu kotoran dengan sikat atau penghapus. Jika ada noda, celupkan kain atau kapas pada campur cuka dan air lalu gosok lembut pada noda tersebut. Namun jika terkena minyak, taburi bedak bayi atau tepung jagung lalu biarkan 24-48 jam setelah itu bersihkan dengan sikat gigi tak terpakai. Pastikan sepatu boot kering sebelum dipakai ya.

4. Sepatu kanvas

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!pexels.com/Mstudio

Untuk membersihkan sepatu kanvas cara pertama bersihkan kotoran dengan memukul kedua dasar sepatu satu sama lain. Setelah itu campur air hangat dan deterjen. Namun jika kanvas warna putih pakai pemutih. Celupkan sikat gigi pada campuran tersebut dan bersihkan sepatu kanvas. Setelah itu bilas sepatu kanvas dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Tips dan Cara Membersihkan Koper dengan Disinfektan, Bye Penyakit!

5. Sepatu lari

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!pexels.com/JESHOOTS.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ambil sol dan tali, cuci secara terpisah. Bersihkan dulu dengan sikat gigi dari kotoran. Campurkan air dan deterjen lalu gosok pada noda dengan waslap. Bilas dengan waslap hangat. Pastikan busa, sabun, dan kotoran tersisa hilang. Keringkan pada suhu ruang sebelum siap digunakan. 

6. Sneaker putih

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!whowhatwear.com

Untuk membersihkan sneaker putih agar warnanya tetap cemerlang bisa menggunakan cuka atau penghilang cat kuku. Bisa juga dengan pemutih tapi harus dicairkan terlebih dahulu. Caranya dengan menggosok pada bagian yang kotor dengan menggunakan sikat gigi bekas.

7. Sandal jepit

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!pexels.com/Andrea Piacquadio

Alas kaki satu ini sering dipakai tapi jarang sekali dibersihkan. Untuk membersihkannya bisa menggunakan mesin cuci dengan air hangat yang dicampur deterjen. Bisa juga dengan merendam sandal jepit dengan air dan deterjen lalu gosok bagian yang kotor. Bilas lagi hingga sandal menjadi bersih. 

8. Cork wedges

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!overstock.com

Untuk membersihkan cork wedges, buat cairan pembersihnya dahulu. Campurkan 4,5 liter air, 4-5 tetes deterjen pencuci piring dan 1/2 cangkir cuka, aduk dan diamkan 30 detik. Ambil kain, celupkan pada campuran air, dan bersihkan kotoran terutama pada bagian cork. Keringkan dalam semalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Rope wedges

9 Cara Mencuci Alas Kaki Berdasarkan Jenisnya, Jangan Asal Gosok Ya!walkjogrun.net

Untuk membersihkan sepatu yang terbuat dari tali harus hati-hati agar tidak merusak talinya, sebaiknya menggunakan bahan yang tak perlu dibilas atau gosok saja dengan sikat gigi bekas. Lakukan dengan dalam tapi lembut agar kotoran terangkat. Ingat untuk menggosok searah dengan tali ya agar tidak robek.

Itu adalah cara membersihkan alas kaki tergantung dengan jenisnya. Perlu diingat sikat gigi bekas pastikan masih layak untuk digunakan untuk membersihkan sepatu. Gunakan dengan hati-hati agar tak merusak bahan dari alas kaki.

Baca Juga: Girls, Ini 7 Jenis Alas Kaki yang Harus Ada di Rak Sepatumu

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya