Comscore Tracker

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!

WFH jadi lebih efektif dan efisien, nih

Semenjak pandemik COVID-19 melanda, hampir semua kegiatan harus dilaksanakan di rumah guna memutus rantai penyebaran virus, tak terkecuali di sektor bisnis. Beberapa perusahaan bahkan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah sepenuhnya hingga saat ini. 

Di satu sisi, bekerja dari rumah memberikan fleksibilitas bagi para pekerja sebab mereka bisa menyelesaikan pekerjaan kantor bersamaan dengan tugas rumah. Di sisi lain, mereka juga menghadapi beberapa keterbatasan yang bisa menghambat produktivitas kerja.

Salah satu permasalahan yang patut diperhatikan ialah fasilitas yang tidak mumpuni. Guna menunjang kegiatan bekerja dari rumah, berikut ini ada lima alat yang sangat dianjurkan agar kinerja kamu di rumah makin optimal. 

1. Monitor

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi monitor (unsplash.com/Joshua Aragon)

Meski praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, laptop tetaplah memiliki kekurangan. Ukuran layarnya yang kecil terkadang membuat mata kelelahan karena harus melihat pekerjaan dari jarak yang dekat.

Bagi seseorang yang pekerjaannya membutuhkan ketelitian, hal ini berisiko menyebabkan permasalahan yang fatal. Karenanya, memiliki layar monitor sangat disarankan. Nah, untuk ukurannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kerja.

2. Keyboard dan mouse eksternal

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi keyboard dan mouse eksternal (pexels.com/Ken Tomita)

Setelah memutuskan akan membeli monitor, kamu juga perlu mempertimbangkan kedua alat penunjang lainnya, yaitu keyboard dan mouse eksternal. Tentu kamu tak bisa mengoperasikan monitor tanpa kehadiran dua alat ini.

Tenang saja, kombinasi keyboard dan mouse akan memberikan kamu kenyamanan ketika bekerja dalam jangka panjang, khususnya bagi kamu yang berkutat dengan proses pengetikan. Selain digunakan untuk mengoperasikan monitor, kedua alat ini juga bisa kamu pakai ketika bekerja dengan laptop.

Baca Juga: 11 Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah, WFH Jadi Betah! 

3. Laptop stand

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi laptop stand (unsplash.com/Workperch)

Tahukah kamu, melihat layar laptop sejajar dengan mata kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang ergonomis! Dengan demikian, kita bisa mengurangi kelelahan mata yang biasa timbul saat bekerja dalam waktu lama, serta menghindari postur tubuh yang salah. 

Oleh karena itu, kamu membutuhkan sebuah laptop stand yang disimpan di atas meja untuk menaikkan layar laptop hingga mencapai posisi eye-level. Alat ini sudah banyak dijual di e-commerce dengan rentang harga yang bervariasi. Kamu bisa melakukan riset untuk membandingkan harga dengan kualitas masing-masing toko.

4. Meja dan kursi kantor

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi meja dan kursi ergonomis (unsplash.com/Samule Sun)

Selama ini, kamu mungkin membayangkan bahwa kerja di atas kasur ataupun sofa bisa memberikan kenyamanan lebih. Namun, fakta di lapangan tidak demikian. Sering kali, kita justru terdistraksi dan tergoda untuk bermalas-malasan alih-alih menyelesaikan pekerjaan. Ini tentu bisa menurunkan produktivitas kerja.

Bekerja di atas meja dengan setting yang tepat bisa mendorongmu tetap disiplin dan fokus meski bekerja dari rumah. Supaya tetap nyaman, kamu bisa memilih jenis meja dan kursi yang kamu inginkan. Pastikan membeli barang yang ergonomis agar kamu terhindar dari masalah kesehatan, seperti pegal-pegal atau punggung encok.

5. Webcam

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi webcam (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Meski bekerja di rumah, proses komunikasi tetap harus berjalan dengan efektif. Untuk berkoordinasi antar satu sama lain, maka aktivitas meeting bisa dilakukan secara daring. Agar kualitas kamera jernih, kamu bisa menggunakan webcam yang dipasang di kamera laptop atau monitor.

Tools ini cukup wajib dimiliki, terutama jika kamu sering menjadi pembicara atau bahkan pemandu acara di webinar. Sebab, ketika kamera terlihat jernih, maka wajah kamu akan tampak jelas di layar device audiens. Kamu juga akan terkesan lebih siap dan profesional.

6. Headphone

6 Tools Penunjang Kegiatan Bekerja dari Rumah, Wajib Punya!ilustrasi orang mengenakan headphone (pexels.com/Mart Production)

Selain aspek visual, jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek audio. Wajah kamu mungkin tampak jelas di layar, namun, semua akan sia-sia jika suaramu sayup-sayup tak terdengar. Poin yang kamu maksud akhirnya tak tersampaikan dengan baik.

Jangan khawatir, sebuah headphone akan menyelamatkanmu dari situasi seperti ini. Fitur mikrofon yang terdapat pada headphone memungkinkan audiens untuk mendengar suaramu dengan jernih. Selain itu, fitur noise cancellation yang tersedia juga dapat meredam suara eksternal sehingga kamu bisa mendengar lebih jelas.

Kehadiran alat-alat ini tentunya bisa mempermudah aktivitasmu ketika bekerja dari rumah. Performa dan kinerja kamu pun akan meningkat sehingga mendapat penilaian yang baik dari atasan dan rekan kerja. Jadi, anggap saja alat-alat ini sebagai investasi masa depan.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Menghindari Burnout saat Bekerja WFH dengan Smartphone

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya