Comscore Tracker

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!

Furnitur lama yang terasa baru

Mengecat sendiri furnitur atau perabotan milikmu sekarang semakin menjadi tren dekorasi. Pasalnya, cara ini tidak hanya membuatmu akan lebih menghemat budget tetapi  juga ramah lingkungan. Kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk beli perabotan baru.

Kamu juga tidak akan membuang lebih banyak barang bekas sehingga menambah sampah. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat furnitur lamamu tampak baru, dengan sentuhan tanganmu sendiri. Asalkan ikuti langkah-langkah yang tepat seperti yang disebut di bawah ini!

1. Persiapkan dahulu kondisi furnitur yang akan kamu cat

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!tata cara mengecat furnitur sendiri (www.countryliving.com)

Merujuk saran dari Claire Manton yang merupakan pendiri dari Claire's Crafthouse, ketika akan memulai mengecat furnitur, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah memilih cat yang tidak memiliki daya tahan lama dan memang cocok digunakan untuk furnitur tersebut. Kamu harus pergi ke tempat mengecat yang memiliki ventilasi yang baik, bersih dari debu dan kotoran.

Kemudian, ampelas dahulu furnitur tersebut.Selain memastikan tekstur kasar sebelum dicat, kamu juga harus pastikan furnitur bersih. Gunakan kain, air sabun dan air gula, untuk memastikan tidak ada debu yang tertinggal. Furnitur lama mungkin ada yang sedikit berminyak, pakai pernis untuk menutup noda sebelum mengecat.

2. Hilangkan dahulu bagian-bagian tergores dan kerusakan kecil lainnya sebelum dicat

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!tata cara mengecat furnitur sendiri (thriftednest.com)

Tanpa disadari, meskipun masih terlihat kokoh, bukan tidak mungkin ada ketidaksempurnaan yang disembunyikan oleh furnitur lama yang akan kamu cat ini. Tutupi bagian-bagian yang sudah tidak sempurna ini dengan mengampelas hati-hati di setiap bagian yang penyok, sudut yang pecah, tepi yang terkelupas menggunakan wood filler.

Menurut Charlotte Cosby, kepala kreatif di Farrow & Ball, resin dari kayu bisa dibersihkan dengan alkohol biasa atau alkohol putih. Sebelum dicat, setelah melakukan ini biarkan area tersebut kering dahulu kemudian, tambalan yang terlewat ini rapikan dengan tambalan primer, block juga bagian terkena resin ini.

Baca Juga: 5 Tips Mengecat Furnitur Kayu Sendiri di Rumah, Bak Profesional!

3. Lapisi dengan primer lebih dahulu sebelum cat dengan warna yang diinginkan

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!tata cara mengecat furnitur sendiri (thriftednest.com)

Priming ternyata tidak harus selalu dilakukan, selama kayunya baru dan tidak terlalu banyak digunakan furniturnya. Namun, jika pada permukaan furnitur terlihat seperti memiliki resin dari sebelumnya, maka priming menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Ada beberapa  opsi priming, di antaranya dengan encerkan lapisan pertama cat dengan air sebesar 10-20 persen untuk digunakan sebagai primer.

Sementara itu, untuk kayu yang dicat sebelumnya, aplikasikan satu lapis primer kayu interior berbasis air dan lapisan bawah di tempat teduh untuk melengkapi lapisan atas warna pilihan kamu. Sebelum akhirnya menerapkan lapisan lain, lakukan pengeringan sekitar selama 4 jam.

4. Mulai mengecat furnitur dengan warna yang kamu pilih!

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!tata cara mengecat furnitur sendiri (thriftednest.com)

Setelah rangkaian langkah di atas, kamu sudah mulai bisa mengecat furnitur lamamu dengan warna cat yang kamu inginkan. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Lakukan dengan mengecatnya sebanyak dua lapis, dalam prosesnya, tetap pastikan salah satu lapisannya tidak terlalu tebal.

Untuk pengaplikasian cat yang lebih halus, direkomendasikan menggunakan roller busa kecil. Sementara untuk area yang sulit dijangkau, bisa menggunakan kuas untuk menyelesaikannya, dengan lebih hati-hati.

5. Lakukan finishing mengecat furnitur ini dengan baik

5 Langkah Penting Mengecat Furnitur Sendiri, Hemat Budget!tata cara mengecat furnitur sendiri (thriftednest.com)

Ya, masih ada langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk melengkapi tata cara mengecat furnitur sendiri dengan hasil yang memuaskan ini. Tergantung dari jenis cat furnitur yang dipilih. Untuk beberapa cat memiliki sealer built-in.

Namun, untuk cat kapur membutuhkan sealer dengan lilin, minyak atau sealer poliakrilik. Pada dasarnya cermat melakukan tahap akhir pengeringan setelah mengecat ini penting. Untuk membuat cat tetap tahan lama dengan furnitur.

Memilih melakukan upgrade dekorasi untuk rumahmu dengan cara mengecat sejumlah furnitur lama menjadi seperti baru adalah cara yang bisa kamu lakukan jika memiliki jumlah budget yang minim. Selain itu, mengecat furnitur sendiri masih bisa lakukan oleh diri sendiri. Sehingga, selain lebih murah, juga bisa lebih mudah. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengecat Ulang Ruangan

Nadhifa Salsabila K Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya