Comscore Tracker

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindari

Mungkin ini penyebab tidur kurang nyenyak!

Memperhatikan desain interior kamar tidur di dalam rumah selalu penting. Karena, kamar tidur sudah seharusnya menjadi ruangan paling nyaman. Mengingat fungsi utamanya untuk melepas penat, lelah, melakukan relaksasi setelah seharian beraktivitas. Tetapi, bagaimana jadinya justru saat kita berada di dalam kamar tidur sendiri, kita tidak bisa menemukan ketenangan. Bahkan, pola tidur terganggu.

Mungkin, di artikel ini kamu akan mendapatkan jawabannya! Memang penting sih, mencari tahu dari para ahli warna cat dinding kamar yang cocok untuk di ruangan sempit, bisa mendatangkan pencahayaan yang baik, dan lain sebagainya. Namun, penting juga tahu kalau ternyata ada loh, beberapa warna cat dinding yang menurut ahli desain interior sebaiknya tidak digunakan di kamar! Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Inspirasi Warna Cat Dinding untuk Ruang Belajar, Tenang dan Nyaman!

1. Merah

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding merah (livingetc.com)

Sebenarnya tidak ada warna yang salah untuk cat dinding di kamar tidur, karena itu adalah ruangan yang pribadi. Namun, dalam hal ini cat dinding berkaitan dengan suasana yang akan diciptakan dari pemilihan warna tersebut. Warna pertama yang paling banyak ditentang oleh para ahli desain interior hingga jarang digunakan di kamar adalah merah.

Warna ini mungkin memunculkan energi sangat kuat dan keberanian, namun kurang menawarkan ketenangan hingga dikhawatirkan sulit memberikan waktu tidur di malam hari yang damai. Namun, jika mungkin merah adalah warna favoritmu, maka setelah dinding bercat merah, kamu bisa padukan dengan aksesoris dekorasi berwarna netral. Terutama warna putih.

2. Kuning

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding kuning (italianbark.com)

Warna kuning masih baik digunakan di area tempat kamu bereksperimen. Contohnya, untuk dapur yang ahli percaya bisa menonjolkan kreativitas. Namun, kurang sesuai untuk di kamar tidur yang membutuhkan ketentraman. Maksudnya, warna kuning yang cenderung sangat cerah atau kuning primer. Warna ini dianggap akan memiliki efek terlalu kuat.

Tidak ada salahnya menggunakan warna kuning untuk cat dinding di kamar selama warna kuning yang kamu pilih cenderung lebih lembut. Atau warna kuning semi krem. Ini akan menciptakan suasana kamar yang lebih tenang. Membawa kerilekskan, sehingga mungkin bisa membantu tidurmu bisa lebih berkualitas.

Baca Juga: Cari Suasana Baru? 9 Inspirasi Cat Dinding Bikin Makin Betah di Kamar

3. Abu-abu

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding abu-abu (scandinaviastandard.com)

Cukup mengejutkan, ya. Pasalnya, warna ini justru sangat sering digunakan untuk cat dinding di dalam kamar. Identik dengan minimalis, katanya. Namun, ternyata menggunakan warna abu-abu di dalam kamar menurut Helen Shaw, Direktur Benjamin Moore, bisa menguras energi seseorang ketika bangun di pagi hari.Mungkin awalnya warna netral ini bisa memberikan ketenangan saat akan tidur.

Namun, untuk bangun pagi, justru bisa membuat seseorang cenderung terlena berada di dalam kamar tidur. Hingga membuat kamu saat akan mengawali hari, serasa berada di dalam suasana hati yang terus kelabu. Karena itu, jika kamu ingin tetap memilih cat dinding abu-abu untuk di kamar, pastikan padukan dengan permainan tekstur dan warna lain yang lebih berani atau mengundang banyak energi.

4. Biru Terang

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding biru (clare.com)

Warna biru sudah sering kali direkomendasikan untuk warna cat dinding di kamar tidur. Karena, warna ini identik dengan perasaan tenang ketika melihatnya. Namun, tetap ada poin yang harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahan penggunaannya. Untuk menciptakan ketenangan dari warna biru yang mencerminkan warna dari alam ini. Cat dinding sendiri, lebih baik pilih warna biru pastel, warna biru yang lebih lembut, bukan yang bold atau terlalu kuat.

Warna biru terang akan membuat terlalu banyak energi di dalam kamar. Sehingga dari sisi psikologi, bukannya membuat tidurmu menjadi tenang. Justru, membuat kamu merasa terus bersemangat. Maka, jika kamu menyukai warna ini simpan ide ini untuk di dapur atau ruangan kumpul keluarga lain di rumah. Sebagai gantinya, warna biru terang tetap bisa ada di dalam kamar, tetapi cukup sebagai aksen dekorasi saja.

5. Pink Cerah

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding merah muda (livingetc.com)

Warna bright pink atau merah muda yang sangat cerah dan cenderung bold juga dihindari untuk dijadikan warna cat dinding di kamar tidur. Kamar tidur adalah ruang tempat bersantai, sehingga cara terbaik untuk menjaga suasananya yang tenang dengan tidak memilih warna yang terlalu cerah atau memiliki saturasi yang tinggi. 

Namun, jika memilih warna pink yang pastel, lebih lembut, tidaklah apa-apa. Kamu bisa memadukannya dengan dekorasi yang lebih netral. Sebaliknya, warna pink pastel ternyata lebih menciptakan suasana hangat. Sehingga membantu seseorang bisa segera tidur dengan nyaman begitu masuk ke kamar.

6. Hitam

Ada Efek Negatifnya, 6 Warna Cat Dinding Kamar Ini Sebaiknya Dihindariinspirasi kamar tidur dengan cat dinding hitam (biggerthanthethreeofus.com)

Serupa dengan warna abu-abu, warna hitam juga dianggap bisa membuat suasana terasa lebih suram di dalam kamar. Meskipun untuk tidur kamu akan merasa tenang dan fokus. Namun, ketika mengawali hari warna hitam sebagai cat dinding kamar mungkin bisa membuat suasana hati kurang baik. Hitam dapat menyerap cahaya juga menyerap energi.

Di sisi lain hitam saat ini telah menjadi tren tersendiri di dunia desain interior. Ada banyak kamar tidur berwarna hitam yang tampak menawan. Untuk itu, itu semua juga kembali lagi terserah pada selera kamu. Mungkin, kamu bisa mencampurkan cat dinding warna hitam ini dengan pemilihan perabotan hingga bedding di ranjang tempat tidur yang memiliki tekstur serta warna lebih cerah dan variatif.

Kesimpulannya, saat memilih warna cat dinding di kamar tidur, sebaiknya kamu mengesampingkan keinginan menggunakan warna favorit. Berpikir warna-warna kesukaan bisa membuat kamu lebih nyaman di kamar tidur. Karena ada yang lebih penting untuk dipertimbangkan.

Yakni, fungsi warna tersebut dalam menciptakan ketenangan di dalam kamar tidur. Itulah mengapa warna-warna netral dan long-lasting seperti putih, krem, atau beige lebih banyak digunakan. Sebagai gantinya, warna-warna favorit yang cenderung sangat cerah bisa diaplikasikan pada unsur dekoratif lain di dalam kamar.

Baca Juga: 9 Inspirasi Cat Dinding Ombre Buat Kamu yang Memiliki Jiwa Seni 

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya