Comscore Tracker

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! 

Gak ada lagi ruangan yang sempit dan sesak

Harga tanah dari tahun ke tahun semakin mahal, tak heran jika banyak orang yang sulit memiliki hunian. Apalagi dengan jumlah tanah yang semakin terbatas. Rumah yang dibangun pun sekarang tampak lebih mungil dari biasanya.

Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap tata letak dalam rumah. Ruangan jadi lebih kecil, termasuk kamar tidur. Namun, kamu tak perlu khawatir jika memiliki kamar tidur yang mungil, karena ada banyak cara untuk mengatasinya.

Nah, biar kamarmu terlihat lebih luas, cobalah beberapa tips berikut ini. Dijamin kamar jadi nyaman dan tidur pun semakin pulas!

1. Gunakan furnitur yang sesuai  

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! homezideas.com

Kamar tidur kecil tak bisa memuat furnitur dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, kamu harus menahan hasrat menaruh semua perabotan di dalam kamar. Pilih furnitur yang menurutmu paling penting untuk ada di dalam kamar, agar tak berdesakan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan perabotan yang berfungsi menjaga kerapian kamar. Misalnya keranjang penyimpanan di bawah tempat tidur, kursi panjang dengan ruang penyimpanan, dan lainnya. Dengan begitu, kamarmu masih punya ruang untuk bergerak.

2. Pilih warna cat yang netral  

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! pinterest.co.uk/margaritashatalova

Selain pemilihan perabotan, warna cat pada kamar tidur juga mempengaruhi keluasannya, lho. Gunakan warna yang netral, seperti putih atau abu-abu. Kalau pengin yang lebih berwarna, pilih warna-warna pastel.

Kamu juga bisa memberikan sedikit motif pada dinding. Hanya saja, aplikasikan pada satu sisi dinding, seperti di belakang kasur misalnya. Kamu bisa mempertimbangkan wallpaper atau panel dengan warna dan motif yang tidak berlebihan.

Baca Juga: 5 Dekorasi Gemas buat Kamarmu, Bisa Dibuat Sendiri lho!

3. Maksimalkan fungsi dinding  

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! greatpros.com

Tak perlu bingung jika kamar tidurmu tak bisa memuat lemari lebih banyak lagi. Kamu bisa memaksimalkan fungsi dinding dengan memberikan dekorasi gantungan. Alihkan rak buku dengan memasang rak gantung, dengan begitu tercipta ruang yang lebih luas.

Selain itu, kamu bisa mengganti meja belajar dengan memasang meja melayang. Jika tak digunakan, meja bisa dilipat, sehingga hemat ruangan. Memaksimalkan dinding bisa menghilangkan kesan sempit di kamar tidur.

4. Letakkan cermin cukup besar  

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! ebay.com

Cermin dalam kamar tidur juga bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Trik ini sudah sering dilakukan karena dirasa paling tepat memberi kesan luas. Pemasangan cermin bisa berupa caermin gantung atau standing mirror.

Kalau kamu menggunakan standing mirror, letakkan di sudut ruangan. Dengan begitu, kesan kamar luas bakal tercipta. Untuk cermin gantung, kamu bisa memasangnya di satu sisi dinding dengan meletakkannya di tengah.

5. Atur cahaya ruanganmu  

5 Cara Tepat Membuat Kamar Mungilmu Terlihat Luas, Praktis Lho! pinterest.com/heatherberndt

Kamu juga perlu memperhatikan cahaya yang adai di dalam kamar. Cahaya yang lebih terang mampu membuat ruangan seakan lebih luas. Gak melulu dari lampu, kamu bisa mendapatkan cahaya dari jendela.

Pastikan kamar tidurmu memiliki jendela yang cukup besar. Cahaya matahari juga sangat bagus untuk kualitas udara di dalam kamar, lho. Jangan halangi cahaya yang masuk dengan tirai, agar pencahayaanya lebih maksimal.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika memiliki kamar tidur mungil. Sekarang kamu bisa memaksimalkan seluruh komponen yang ada dengan baik. Tips mana yang sudah kamu terapkan?

Baca Juga: 9 Tips Rancang Kamar Tidur Nyaman & Praktis Menurut Desainer Interior

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya