Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah 

Jangan terlalu sering disiram ya guys~

Meletakkan tanaman di dalam rumah sedang naik daun. Banyak orang yang berlomba menerapkannya agar hunian tampak lebih indah. Salah satu jenis tanaman yang dipilih adalah kaktus. Meski kecil, kaktus jadi daya tarik tersendiri saat jadi sebuah hiasan.

Merawat kaktus di dalam rumah nyatanya tak boleh sembarangan, lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tanaman bersifat kering ini berumur panjang. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. Dijamin praktis dan ampuh banget, deh!

1. Gunakan pot yang tepat  

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah gardenersworld.com

Meski tampaknya sepele, pemilihan pot berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup kaktusmu, lho. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti ukuran dan berat dari kaktus itu sendiri.

Sebab, seiring berjalannya waktu, kaktus bakal tumbuh membesar. Dari situ, kamu harus mengganti potnya menjadi lebih besar pula agar ia bisa tumbuh dengan baik. Pastikan pot yang kamu pilih punya warna dan ukuran yang sesuai dengan ruanganmu, ya!

2. Pastikan mendapat cahaya matahari yang cukup

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah countryliving.com

Merawat kaktus luar ruangan cenderung lebih mudah karena bisa mendapatkan paparan sinar matahari sepanjang hari. Namun, berbeda dengan kaktus hias dalam ruangan yang tak boleh terlalu banyak mendapatkan sinar matahari.

Tetapi, bukan berarti ia tak membutuhkannya, lho. Cukup letakkan kaktus hiasmu di dekat jendela yang di atasnya ada kanopi, agar tetap sejuk. Lakukan penjemuran ini selama empat jam dan jangan langsung diletakkan di bawah sinar matahari, karena bisa mengering.

Baca Juga: 8 Jenis Kaktus Indoor yang Bikin Ruangan Auto Kece, Estetis buat Foto!

3. Hindari menyiram terlalu sering  

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah today.com

Kaktus dikenal sebagai tanaman yang unik. Sebab, tanaman ini menyimpan persediaan air di dalam batangnya. Dengan begitu, menyiram air terlalu berlebihan bakal membuat kaktus lebih cepat mati.

Akar kaktus pun jumlahnya sedikit dan pendek, sehingga gak bakal bisa menyerap seluruh air tersebut. Cobalah untuk menyiram kaktus sekali dalam seminggu dengan air hangat dan pastikan dilakukan saat masih pagi hari.

4. Perhatikan proses pemberian pupuk  

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah cactusway.com

Kaktus bukan tanaman yang harus selalu diberi pupuk supaya tetap sehat. Kamu cukup melakukan proses pemupukkan setahun sekali saja, tepatnya saat musim hujan datang. Dengan begitu, umur kaktus hias bakal jauh lebih awet, lho.

Jenis pupuk yang digunakan pun gak bisa sembarangan. Kaktus bakal tumbuh subur dan kuat dengan pupuk kompos. Saat memberi pupuk, lakukan secara perlahan dan secukupnya saja. Jangan sampai kamu malah merusak bagian tubuh kaktusnya, ya!

5. Pilih media tanam yang tepat  

5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah sublimesucculents.com

Selain harus memperhatikan kadar cahaya matahari dan air, pastikan kaktus hias milikmu ditanam dengan media yang tepat. Mulailah dengan memasukkan kerikil di bagian dasar pot, lalu lanjutkan dengan tanah, pasir kasar, dan serbuk arang.

Kerikil di bagian bawah berfungsi untuk sistem drainase. Sedangkan serbuk arang dipilih di bagian atas karena strukturnya yang berongga. Dengan begitu, kaktus bisa bernapas dengan baik dan menjaga kesuburannya.

Itu dia beberapa cara merawat kaktus hias yang biasanya kamu letakkan di dalam rumah. Terapkan kelima cara di atas supaya kaktus bisa bertahan hidup dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 8 DIY Hiasan Ruangan Berbentuk Kaktus, Bikin Kamar Kos Estetis Nih!

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya