Comscore Tracker

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal Lain

Daripada dibuang, lebih baik diolah

Apa yang kamu lakukan dengan makanan yang kedaluwarsa? Kebanyakan orang mungkin langsung membuangnya ke tempat sampah dan tidak memakannya karena takut sakit perut. Akibatnya, sampah kian menumpuk dan memunculkan aroma tak sedap.

Padahal, ada cara-cara kreatif yang bisa dilakukan untuk mengolah makanan daripada dibuang begitu saja. Penasaran? Coba tengok di bawah ini!

1. Gunakan bubuk kopi sebagai pupuk tanaman

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal LainUnsplash/Andrea Tummons

Jika bubuk kopimu kualitasnya mulai menurun, apa yang kamu lakukan? Daripada berakhir di tempat sampah, lebih baik gunakan sebagai pupuk tanaman.

Dilansir Insider, saat bubuk kopi terurai, mereka melepaskan nutrisi dalam bentuk magnesium, nitrogen, kalium, dan mineral lainnya ke dalam tanah. Tambahkan bubuk kopi untuk membantu tanaman berkembang.

Apa manfaat lainnya? Bubuk kopi bisa membantu menyeimbangkan pH tanah, mencegah siput dan semut api, dan memberi makan cacing tanah. Let's try it!

2. Manfaatkan soda kue untuk membersihkan dapur dan kamar mandi

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal LainPixabay/NatureFriend

Baking soda yang sudah kedaluwarsa tidak bisa digunakan untuk memanggang kue. Namun, soda kue masih bisa dipakai untuk menggosok noda membandel di dapur dan kamar mandi!

Cukup percikkan sedikit soda kue ke saluran pembuangan wastafel untuk menahan bau dan memecah kotoran yang ada di sana, laman Insider memberi saran. Selain itu, hilangkan sisa makanan yang gosong dengan merendam panci atau wajan dengan air panas, sabun cuci piring, dan soda kue.

Baca Juga: 9 Inspirasi DIY Kado Ulang Tahun yang Berkesan, Gak Harus Mahal kok!  

3. Pakai kulit pisang untuk menyemir sepatu

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal LainUnsplash/@louishansel

Punya sepatu kulit yang terlihat kusam? Jika tidak ada semir sepatu, gunakan bagian dalam kulit pisang untuk menyemir sepatu milikmu, laman Your World Healthcare menganjurkan.

Mengapa harus kulit pisang? Kalium dalam pisang bisa memoles sepatu hingga kinclong kembali. Bahkan, menurut laman Today, kalium adalah bahan utama di sebagian besar penyemir sepatu!

4. Gunakan selai kacang sebagai pengganti krim cukur

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal LainUnsplash/@corleto

Perlu bercukur, tapi kehabisan krim cukur? Jangan buru-buru membeli baru di toko, cukup gunakan persediaan selai kacang yang ada di dapur saja!

Memang lebih mudah dan praktis untuk membeli krim cukur di toko. Namun, selai kacang bisa membantu mencukur rambut di kaki, ketiak, atau wajah (facial hair), dan membuat kulit semakin halus.

Mengapa kulit bisa lebih mulus? Sebab, selai kacang mengandung vitamin B dan E yang bisa menutrisi dan mengurangi tanda penuaan kulit, termasuk kemerahan dan hiperpigmentasi, ujar laman Healthline.

5. Manfaatkan cangkang telur sebagai pupuk alami tanah

5 Cara Kreatif Memanfaatkan Makanan untuk Hal LainUnsplash/@viktortalashuk

Rata-rata orang akan langsung membuang cangkang telur setelah selesai digunakan. Padahal, diam-diam cangkang telur berguna untuk tanaman!

Cangkang telur bisa digunakan untuk kompos dan berfungsi sebagai pupuk alami untuk tanah. Selain itu, serangga membenci bau telur dan cangkangnya bisa menjauhkan siput. Itu sebabnya cangkang telur bisa dipakai untuk menjauhkan hama yang bisa merusak tanamanmu.

Nah, itulah cara-cara kreatif memanfaatkan makanan untuk hal lain. Tertarik mencoba sendiri di rumah?

Baca Juga: Bernilai Jual, 9 Inspirasi Bisnis DIY dari Kain Perca 

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya