Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  

 Pakaian bekas masih punya nilai yang bermanfaat!

Coba kamu lihat ke dalam lemari pakaian mu. Saking banyaknya baju yang menumpuk di lemari, kamu sendiri pun sampai bingung mau diapakan.

Sebagian dari kita mungkin merasa sulit mengendalikan diri untuk membeli pakaian, apalagi saat berhadapan dengan diskon. Alhasil, kita pun kalap  berbelanja dan membeli terlalu banyak pakaian. Sebenarnya, nggak ada salahnya jika seseorang ingin memanjakan dirinya dengan berbelanja. Namun, ada baiknya kita perlu memperhatikan nasib dari barang-barang yang telah kita beli. 

Nah, biar nggak cuma disimpan dan dibiarkan begitu saja di dalam lemari, pakaian yang sudah nggak terpakai tetap bisa bermanfaat, lho! Berikut beberapa tips untuk mengurangi pakaian yang sudah nggak terpakai:

1. Luangkan waktu untuk menyortir pakaian  

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  Ilustrasi menyortir pakaian. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Pertama, yang bisa kamu lakukan pada pakaian yang sudah nggak terpakai adalah menyortir pakaian. Kamu pasti membutuhkan banyak waktu untuk mengeluarkan tumpukan pakaian.

Belum lagi kamu harus memikirkan secara matang, pakaian mana saja yang harus dimasukkan ke lemari atau yang harus disingkirkan. Pikirkan baik-baik, apakah masih ada momen untuk kamu menggunakan kembali pakaian itu.

Jika jawabannya tidak, tentu kamu harus segera pisahkan pakaian tersebut dan bersiaplah untuk menyingkirkannya. Luangkan waktu senggang seharian agar kamu tidak bekerja setengah-setengah.

2. Donasikan pakaian yang layak  

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  Ilustrasi wanita sedang mendonasikan pakaian. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Kamu bisa mendonasikan pakaian-pakaian yang masih layak. Donasikan untuk orang-orang yang membutuhkan, misalnya ke panti asuhan, toko barang bekas, atau korban bencana alam sehingga baju-baju kamu akan berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk beramal.

3. Buka online thrift shop

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  Ilustrasi menjual produk. (Pexels.com/Liza Summer)

Yang satu ini cukup seru untuk dilakukan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan yang kamu lakukan. Kamu bisa mulai buat akun di marketplace dan mulai berjualan secara online

4. Berikan kepada saudara atau sahabat  

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  Ilustrasi memasukkan pakaian ke dalam keranjang. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Memberikan pakaian kepada saudara atau sahabat bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengurangi pakaian yang sudah nggak terpakai agar pakaian itu nggak sia-sia. Pastikan kalau pakaian tersebut memang masih layak pakai dan akan membuat senang penerimanya.

5. Menerapkan prinsip reuse dan recycle  

Lakukan 5 Hal ini pada Pakaian yang Sudah Nggak Terpakai  Ilustrasi keset dari pakaian bekas. (Pexels.com/Kelly Lacy)

Langkah terakhir adalah menerapkan prinsip reuse dan recycle. Baju yang sudah lusuh dan benar-benar rusak atau sobek bisa kamu berikan ke tempat-tempat daur ulang untuk dijadikan kain lagi. Sementara reuse yaitu menggunakan kembali; kamu bisa menggunakan baju-baju tersebut untuk keperluan rumah tangga, misalnya lap dapur, lap piring, atau keset.

Banyak cara agar pakaian kamu nggak dibuang dengan percuma, harus ada manfaatnya juga. Duh, bayangkan kalau pakaian bekasmu malah dibuang begitu saja. Jangan sampai membahayakan lingkungan di sekitar dengan limbah tekstil yang menumpuk.

Baca Juga: Cuma Pakai Baju Bekas, 9 DIY Tas Punggung Unik yang Murah Meriah

Ni Putu Roshinta Dewi Photo Writer Ni Putu Roshinta Dewi

Lahir di Jakarta. Scorpio sejati. Lulusan Administrasi. Suka musik dan nulis. Akun instagram: @niputuroshinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya