Comscore Tracker

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakarta

Gak bingung lagi, deh memilah sampah rumah

Memilah sampah merupakan pekerjaan rumah yang masih banyak diabaikan oleh banyak orang. Padahal setiap harinya 175 ribu ton sampah dihasilkan. Hanya 3 persen total sampah di Indonesia yang di daur ulang sedangkan sisanya menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Begitu pula di perkotaan, setiap harinya 6,7 ribu ton sampah masuk ke TPST Bantar Gebang.

Rasa enggan memilah sampah disebabkan oleh beberapa hal ini misalnya ketika tumpukan sampah yang sudah dipisahkan tercampur kembali di dalam truk dan gerobak sampah. Tentu saja hal ini menimbulkan skeptis di masyarakat. Kemudian pengelolaan sampah yang tidak berjalan maksimal karena tidak ditangani profesional dan ahli persampahan. Serta program pemerintah yang masih memiliki keterbatasan fasilitas.

Tidak sedikit akhirnya pihak swasta yang berperan dalam pengelolaan sampah seperti kelima perusahaan dan komunitas berikut. Perusahaan dan komunitas di Jabodetabek ini menawarkan layanan pengelolaan sampah yang praktis. Semuanya cukup kamu antar sendiri atau menggunakan jasa kurir, simak baik-baik ya!

1. Waste4Change

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakartawaste4change.com

PT Wasteforchange Alam Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama Waste4Change merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengolahan sampah sejak tahun 2014 dan telah mengelola lebih dari 5,4 juta kg sampah perusahaan maupun individu.

Melalui program Send Your Waste (SYW) sampah anorganik yang telah kamu kumpulkan dapat langsung didrop off atau dikirim melalui kurir ke alamat Waste4Change di Bekasi. Di Rumah Pemulihan Material (RPM) nantinya sampah-sampah tersebut akan dipilah kembali, diolah, dan didistribusikan ke mitra agen daur ulang Waste4Change agar tidak menumpuk di TPA.

Selain itu, ada jasa berbayar Personal Waste Management (PMW) di mana tim Waste4Change akan menjemput sampah ke rumah setiap minggunya. Kamu dapat mengirimkan berbagai jenis sampah mulai dari kertas, plastik, sachet multilayer, kaca, hingga metal.

Sampah-sampah organik juga tetap bisa kamu olah sendiri lho dengan mengompos di rumah. Waste4Change menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan pengomposan serta kompos siap pakai untuk dipesan.

Lokasi: Vida Bumipala, Jl. Alun-Alun Utara, Kota Bekasi

IG: waste4change

2. Rekosistem

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakartarekosistem.com

PT Khazanah Hijau Indonesia atau yang dikenal sebagai Rekosistem menyediakan fasilitas setor sampah anorganik gratis ke kantor pengolahan mereka di Jakarta Selatan. Nantinya sampah-sampah tersebut akan didaur ulang oleh mitra Rekosistem. Berbagai jenis sampah yang dapat dikirim mulai dari plastik, kertas, kaca, karet, metal, hingga sampah elektronik.

Sejak bulan lalu, Oktober 2020, Rekosistem juga mulai memfasilitasi penjemputan sampah di seluruh area Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat dengan sistem berbayar tiap bulannya. Baik sampah organik maupun anorganik dapat kamu kirim. 

Lokasi: Jl. Pondok Jaya III No. 8B, Jakarta Selatan

IG: rekosistem

Baca Juga: Tak Pernah Tuntas, Sampah di Sungai Jadi Masalah Klasik Kota Denpasar 

3. Rebricks

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakartarebricks.id

Rebricks merupakan perusahaan yang berfokus membuat batako atau paving block ramah lingkungan dari bahan plastik multilayer atau sachet. Tidak seperti bahan plastik lainnya, sachet merupakan plastik yang belum terolah dan diterima oleh bank sampah maupun pengepul sehingga menimbulkan bermacam permasalahan lingkungan. Nantinya hasil daur ulang berupa batako dapat digunakan sebagai lahan parkir, trotoar, dan taman. 

Kamu bisa mengirimkan sampah yang telah dipilah ke drop point Rebricks di Pondok Pinang dan Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Jenis-jenis sampah plastik yang diterima yaitu kresek, bubble wrap, dan berbagai kemasan multilayer.

Lokasi: Jl. Ciputat Raya No. 79, Jakarta Selatan

IG: rebricks.id

4. EwasteRJ

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakartaewasterj.com

Komunitas EwasteRJ sudah aktif sejak tahun 2015 dalam mengedukasi tentang bahaya sampah elektronik dan mengajak masyarakat membuang sampah elektronik dengan benar. Komunitas yang diinisiasi oleh pemuda bernama Rafa Jafar telah mengelola lebih dari 2.735 kg sampah elektronik dan terus memperluas jangkauan komunitasnya. 

Saat ini EwasteRJ menyediakan drop zone di 12 kota di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sampah-sampah tersebut akan diolah oleh perusahaan pengolahan limbah B3. Cek daftar lengkap alamat drop zone di ewasterj.com/locations ya!

Lokasi: Jl. Jatipadang Poncol No. 19, Jakarta Selatan

IG: ewasterj

5. Armada Kemasan

Ini Lho 5 Perusahaan dan Komunitas Pengelola Sampah di Jakartainstagram.com/armadakemasan

PT Armada Kemasan Nusantara adalah perusahaan pengelolaan sampah khusus daur ulang yang melayani pabrik dan kantor maupun individu. 

Kamu dapat mengirimkan sampah yang telah dipilah ke gudang Armada Kemasan di Depok. Kamu juga bisa memilih fasilitas penjemputan jika sampahmu minimal 2 kantong besar. Selain itu, fasilitas drop point tersebar berbagai daerah di Jabodetabek di antaranya Jatinegara, Cibubur, Kranggan, BSD Tangerang, Pejaten, dan masih banyak lainnya. Daftar lengkapnya cek instagram mereka ya! 

Lokasi: Jl. Ciherang No. 88, Depok

IG: armadakemasan

Nah itu dia perusahaan dan komunitas yang bisa angkut dan olah sampahmu dengan bijak. Cari lokasi terdekat dengan daerahmu ya! 

Kegiatan memilah sampah bukan bukan hal merepotkan lagi bukan? 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Austria, Negara Paling Hobi Daur Ulang Sampah

Nissa Abdillah Photo Writer Nissa Abdillah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya