Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!

Jangan salah pilih!

Saat ini, tren pembuatan aquascape banyak digandrungi oleh orang-orang. Selain menambah keindahan untuk akuarium, penambahan berbagai tanaman juga bisa membuat ikan tinggal lebih nyaman dan bisa berkembang biak dengan baik.

Bagi kamu yang masih bingung mau menambahkan tanaman apa, di bawah ini ada beberapa rekomendasinya. Yuk, simak!

1. Amazon sword

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!rekomendasi tanaman hias untuk aquascape (unsplash.com/karl muscat)

Seperti namanya, amazon sword memiliki bentuk daun yang memanjang layaknya pedang. Tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di bagian belakang akuarium, karena memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga gak menghalangi tanaman lainnya.

Amazon sword dapat hidup dan tumbuh sehat pada suhu 22 - 28 derajat celcius dengan bantuan pencahayaan yang moderat. Tanaman ini cocok dipilih untuk iklim indonesia yang cenderung hangat!

2. Java moss

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!rekomendasi tanaman hias untuk aquascape (pexels.com/Martinus)

Selanjutnya, ada java moss atau tanaman lumut Jawa yang sangat cocok dipilih untuk mempercantik aquascape milikmu. Keunggulan dari tanaman ini adalah cukup mudah tumbuh dan sangat kuat.

Memiliki permukaan yang padat, menjadikan tumbuhan ini dapat melindungi telur dan benih ikan. Selain itu, java moss juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas air dalam akuarium.

3. Cabomba caroliniana

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!rekomendasi tanaman hias untuk aquascape (unsplash.com/Tia)

Kamu mungkin sudah gak asing lagi dengan tanaman yang satu ini, karena cukup mudah ditemui. Cabomba caroliniana bisa tumbuh dengan cukup cepat pada suhu 15 - 26 derajat celcius, dengan kebutuhan cahaya yang cenderung sedang ke tinggi.

Memiliki ukuran yang gak terlalu besar dan memanjang, menjadikan tanaman ini cocok diletakkan di bagian depan akuarium. Tambahkan juga kerikil mungil di dasar kolam untuk membuatnya nampak lebih indah!

Baca Juga: 5 Tanaman Superfood Ini Dikenal Eksotik, Cocok Sebagai Tanaman Hias

4. Echinodorus tenellus

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!rekomendasi tanaman hias untuk aquascape (unsplash.com/Fad Lan)

Echinodorus tenellus bisa menjadikan suasana dalam akuarium tampak asri. Tumbuhan ini akan tumbuh dan menyebar layaknya rumput, hingga membuat suasana aquascape tampak lebih hidup.

Jika dirawat secara tepat, dengan memberikan intensitas cahaya tinggi dan injeksi karbon dioksida, maka tumbuhan ini akan lebih cepat tumbuh. Dengan begitu, suasana yang nyaman dapat membuat ikan-ikan peliharaanmu jadi lebih betah!

5. Marsilea hirsuta

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Aquascape, Indah dan Menyegarkan!rekomendasi tanaman hias untuk aquascape (pixabay.com/johnnykarlsson1)

Tanaman dengan bentuk daun bulat mungil ini akan tumbuh dan menyebar di sekitar akuarium kamu. Sehingga, penting untuk memberikannya pencahayaan yang tinggi agar daun bisa tumbuh lebih optimal.

Karena tumbuh menyebar mengelilingi permukaan, tanaman ini juga bisa tampak sebagai karpet akuarium. Semakin lebat dan tumbuh menyebar, maka suasana aquascape akan makin asri.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman aquascape yang bisa kamu pilih. Nah, dari inspirasi di atas, mana saja yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Tanaman Kecil yang Menenangkan Pikiran, Cocok Ditaruh di Kamar Tidur

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya