Comscore Tracker

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nanti

Bikin rencana dulu boleh kok!

Membuat taman di rumah ternyata tidak bisa sembarangan. Alih-alih mempercantik tampilan rumahmu, kesalahan saat membuat taman justru bisa jadi merusak pemandangan. Pasalnya, membuat taman bukan sekadar agar rumah terlihat indah, tapi juga harus ada banyak manfaat yang bisa didapat.

Nah bagi kamu yang ingin membuat taman di rumah, sebaiknya simak terlebih dahulu tips membuat taman yang ideal berikut ini. Meskipun belum ada rumahnya, bikin rencana dulu juga boleh kok!

1. Tentukan karakter bangunan

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantihgtv.com/

Sebelum memutuskan untuk membuat taman, sebaiknya terlebih dahulu lakukan analisa tentang karakter bangunan rumahmu. Hal ini penting agar konsep taman yang ingin dibuat bisa disesuaikan dengan karakter bangunan rumah yang memang sudah berdiri. Jangan sampai kamu membuat konsep taman yang justru tidak cocok dengan karakter bangunan rumah, karena hal ini malah akan merusak pandangan.

2. Sesuaikan dengan karakter penghuninya

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantigeico.com/

Selain harus disesuaikan dengan karakter bangunan rumahnya, konsep taman juga wajib diselaraskan dengan karakter penghuninya. Apakah kamu lebih menyukai model taman yang klasik, minimalis, atau bahkan etnik?

Semua bisa saja dipilih asalkan memang sesuai dengan karakter dan kepribadian kamu sebagai penghuninya. Jangan sampai taman yang dibuat justru memiliki konsep yang berlawan sehingga akan membuat kamu tidak nyaman.

3. Sesuaikan dengan lahan yang dimiliki

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantithespruce.com/

Membuat taman baik di halaman depan maupun belakang rumah memang tidak bisa sembarangan. Pasalnya, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan lahan yang tersedia. Apalagi jika lahan yang ada di rumahmu ternyata tidak terlalu luas. Tentu harus terlebih dahulu dipikirkan dengan matang, misalnya untuk menanam pohon dengan cara konvensional, menggunakan pot, atau justru metode taman minimalis yang sekarang banyak diminati.

4. Pikirkan tentang sirkulasi orang yang lalu-lalang

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantiarchitecturaldigest.com/

Membangun taman yang ideal haruslah memikirkan beberapa aspek penting. Pertama, pikirkan tentang sirkulasi orang atau singkatnya orang yang akan lalu-lalang. Apakah taman yang akan dibuat sudah sesuai atau justru akan mengganggu? Jangan sampai keputusanmu untuk membuat taman di rumah justru mengganggu akses orang yang keluar masuk, karena jika terjadi tentu hal ini akan merepotkan kamu sendiri sebagai penghuninya.

Baca Juga: Taman-Taman di Dinding, Manakah yang Paling Cantik?

5. Perhatikan juga soal sirkulasi udara

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantithespruce.com/

Taman bisa jadi memberi dampak yang baik bagi rumahmu. Salah satunya karena taman yang ditumbuhi tanaman hijau tentu akan menghasilkan udara segar di sekitar rumah. Namun, hal ini baru bisa sesuai jika letak atau posisi taman memang mendukung sirkulasi udara di rumahmu. Jika kamu melakukan kesalahan perhitungan, banyaknya tanaman di taman justru bisa jadi membuat udara terasa lebih sesak.

6. Pilihlah hardscape yang sesuai

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantiavonet.info/

Hardscape adalah material-material keras yang ada di taman, misalnya seperti batu, patung, atau kolam. Pemilihan hardscape ini juga wajib dilakukan dengan berhati-hati. Sejak awal pembuatan taman sebaiknya sudah ditentukan perihal hardscape apa saja yang akan dipakai. Jangan sampai kamu asal memilih hardscape yang justru membuat taman tidak terlihat indah dan nyaman.

7. Memilih jenis tanaman yang sesuai

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantihgtv.com/

Pemilihan tanaman tentu jadi hal penting dalam membuat taman di halaman rumahmu. Tentukan apakah kamu akan menggunakan tanaman-tanaman berukuran besar atau justru yang berukuran kecil? Pikirkan juga apakah tanaman yang akan dipilih itu akan mudah atau tidak dalam hal perawatannya.

8. Perhatikan soal sirkulasi cahaya

8 Tips Membuat Taman yang Ideal Buat Rumahmu Nantinextluxury.com/

Salah satu yang tidak kalah penting adalah perihal sirkulasi cahaya di taman rumahmu. Pahami terlebih dahulu bagaimana sirkulasi cahaya yang ada di taman sehingga kamu dapat baik-baik menentukan letak tanaman. Misalnya tanaman jenis perdu yang tidak tahan dengan sengatan sinar matahari dapat kamu letakkan di tempat yang lebih teduh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika membuat taman di rumah. Jika kamu memang masih bingung atau merasa kesulitan, bisa juga melakukan konsultasi dengan ahlinya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 10 Tips Gaya Penataan Taman Rumah, Mulai ala Jepang sampai Modern

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya