Comscore Tracker

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modern

Wajib tahu dulu nih...

Popularitas rumah modern nan minimalis kini semakin tinggi. Gak heran banyak orang yang kemudian memilih gaya modern ini ketika membangun rumah. Selain karena konsep rumah yang simpel namun tetap menonjolkan kesan modern, harga beli maupun biaya pembuatan rumah ini juga relatif lebih terjangkau.

Namun, kamu yang ingin segera membangun rumah gak boleh asal-asalan lho ketika memilih gaya modern nan minimalis ini. Sebelum mewujudkan rumah impianmu, sebaiknya simak dulu nih tips-tips penting untuk membangun rumah modern. Yuk, simak!

1. Perhitungkan luas lahan

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modernpalmarketing.online/

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memerhatikan luas lahan yang akan dipakai untuk membangun rumah. Lahan yang cukup luas diperlukan untuk membangun hunian dengan desain modern yang mewah.

Rumah modern minimalis memerlukan beberapa titik untuk mendukung kesan modern yang ingin dihadirkan. Arsitektur dalam rumah minimalis yang mengusung desain modern memerlukan bangunan yang tinggi untuk menonjolkan nuansa modern itu sendiri.

2. Perhatikan desain interior rumah

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modernidesignarch.com/

Mengombinasikan konsep modern bisa menjadi salah satu pilihan dengan menyematkan jendela-jendela panjang dan besar sehingga rumah terlihat lebih luas. Selain tampilan tersebut, kamu perlu memperhatikan interior dan eksterior rumah modern minimalismu. Desain interior rumah hendaknya dilengkapi dengan barang-barang yang up to date dan berteknologi tinggi.

Baca Juga: 7 Tips Menata Rumah Minimalis Dua Lantai, Dijamin Rumah Bikin Betah!

3. Memilih material yang sesuai

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modernhouseandhome.com/

Material untuk lantai pada desain rumah modern dapat menggunakan keramik dengan bahan granit atau marmer dengan variasi warna yang menyesuaikan dengan seleramu. Gunakan keramik dengan ukuran lebar agar rumah tampak lebih luas dikarenakan sedikitnya garis-garis pada keramik.

4. Membuat sistem pencahayaan yang mendukung

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modern7decorideas.com/

Rumah modern biasanya dipasangi dengan jendela-jendela berukuran besar, karena jendela besar akan menampilkan kesan kekokohan pada desain rumah. Selain itu juga jendela yang besar berfungsi untuk memberikan cahaya sinar matahari yang banyak ke dalam ruangan sehingga rumah tidak memiliki kesan suram dan tidak lembab.

Pencahayaan pada rumah modern dapat menggunakan sistem pencahayaan accent lighting. Sistem pencahayaan tersebut digunakan untuk menonjolkan detail pada desain yang ingin difokuskan dengan menggunakan lampu bervoltase rendah. Pencahayaan jenis ini sering terabaikan, padahal accent lighting dapat menciptakan tekstur pada interior rumah dan menonjolkan detail yang tidak terduga.

5. Perhatikan desain eksterior rumah

Gak Bisa Asal-asalan, Ini 5 Tips Penting Membangun Rumah Modernalcune.co

Bagian eksterior pada desain rumah modern juga wajib diperhatikan. Caranya adalah dengan menghadirkan garasi, teras, taman, dan pagar yang disesuaikan dengan konsep modern itu sendiri. Teras pada rumah modern biasanya dibuat tidak terlalu besar. Karena itu kamu harus menyesuaikan furnitur yang tepat bagi terasmu.

Kamu dapat menggunakan meja dan kursi dengan desain yang simpel untuk rumah modern minimalis. Sedangkan furnitur untuk taman dapat dilengkapi dengan lampu taman bergaya retro dan kursi taman yang juga simpel. Pemilihan lampu taman dengan gaya retro akan menambah sedikit kemeriahan untuk rumah minimalis modern yang cenderung kaku.

Sementara itu, kamu juga harus memerhatikan warna cat eksterior rumah. Jangan gunakan warna-warna neon untuk rumah modern minimalis, melainkan pilih warna-warna monokrom seperti hitam, putih dan abu-abu.

Demikian tips-tips membangun rumah modern dengan konsep minimalis. Tips di atas dapat disesuaikan dengan kreativitas dan kepribadian kamu sendiri. Karena pada dasarnya, konsep rumah akan mencerminkan kepribadianmu. Selamat membangun rumahmu, ya!

Baca Juga: 7 Ide Storage Hacks untuk Rumah Mungil, Biar Rumah Jadi Lebih Lega 

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya