Comscore Tracker

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!

#ANGPOIN Yuk, raih target Ramadanmu!

Bullet journal atau yang populer disebut bujo adalah jurnal harian untuk merekam dan mencatat segala peristiwa, jadwal, rencana, aktivitas, dan lain sebagainya. Tujuan utama dari jurnal harian yaitu untuk mengorganisir segala kegiatan atau rutinitas berulang agar kita lebih produktif.

Jurnal juga bisa membuat kita makin semangat dalam mencapai target yang ingin kita capai, lho. Seperti di bulan ramadan ini, pasti banyak target spiritualitas yang ingin kamu capai, bukan? Nah, agar kamu lebih bersemangat, membuat Jurnal Ramadan bisa banget bantu kamu.

Kalau kamu masih bingung, lihat inspirasi-inspirasi jurnal ramadan di bawah ini, yuk!

1. Membuat layout sederhana untuk tracker

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!aminoapps.com/Snow BJ

Komponen yang paling sering ditemui pada jurnal yakni tracker atau pemantauan aktivitas berulang. Membuat layout tracker sederhana, seperti shape atau bentuk masih populer sampai saat ini. Jadi, walau sederhana, tetap gak akan mengurangi kesan estetik jurnal yang kamu buat.

Kamu juga bisa menambahkan highlighter atau warna-warna sesuka hatimu. Untuk layout tracker ini, kamu bisa mengisinya dengan rutinitas ramadan yang sifatnya berulang, seperti puasa, tarawih dan tadarus. Yuk, penuhi targetmu!

2. Ingin coba layout tracker lain? Bisa dengan daily chart

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!ramadanrecepten.nl

Daily chart atau tracker dengan layout grafik juga bisa kamu pilih untuk memantau segala rutinitasmu di bulan ramadan. Desain daily chart pun bisa kamu buat sederhana, yakni dengan ruang shape yang mirip kalender.

Seperti biasa, warnai layout daily chart untuk menambah kesan estetik jurnalmu. Jangan lupa diisi terus, ya!

Baca Juga: 8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahu

3. Mencatat rencana aktivitas harian ramadan dalam daily schedule

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!ramadanlegacy.com

Daily schedule atau jadwal harian berguna banget untuk mengorganisir segala rencana yang akan kamu kerjakan di satu hari penuh. Sub-jurnal ini juga bisa jadi pengingatmu ketika kamu lupa dan malas terhadap apa yang akan kamu kerjakan selanjutnya.

Jika semua rencana sudah terpenuhi, kamu tinggal centang-centang saja kolom rencana yang sudah kamu tulis. Bagaimana, asyik sekali, bukan?

4. Membuat layout goals ramadan satu bulan penuh

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!aminoapps.com/cornflaces

Ramadanmu kali ini dipenuhi oleh target? Bikin jurnal saja biar gak repot. Yup, layout goals ramadan bisa membuatmu tambah bersemangat dalam memenuhi target ramadanmu selama satu bulan penuh.

Dimulai dari target khatam Al-Qur'an, full tarawih, rajin bersedekah, hingga menantikan malam lailatul qadar, bisa kamu tulis dalam goals jurnal ramadanmu taun ini. 

Seperti biasa, layout goals bisa kamu buat secara sederhana dengan desain shape yang dipadukan dengan warna-warna kesukaanmu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa gambar atau stiker sesuka hatimu. Jangan lupa membuat lettering atau font judul yang menarik, ya!

5. Mengkombinasikan beberapa sub-jurnal dalam satau halaman

5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!papercrabs.com | instagram.com/simplyincontrol

Jika kamu ingin membuat beberapa komponen jurnal terlihat minimalis namun estetis, bisa banget dengan mengombinasikannya dalam satu halaman. Pilihlah sub-jurnal beserta desainnya sesuai keinginanmu, lalu gabungkan menjadi satu.

Penambahan kolom quote islami juga bisa membuat tampilan jurnalmu jauh lebih menarik. Agar lebih asik ketika mengisinya, menyertakan rencana makanan sahur dan berbuka pun tak ada salahnya. Tumpahkan segala kreativitasmu dalam jurnalmu!

Ide jurnal ramadan sederhana di atas bisa menemani dan menyemangati puasamu tahun ini. Layout yang sederhana tapi menarik menjadi daya tarik tersendiri agar kamu giat mengisinya. Yuk, jadikan ramadan kali ini lebih berkesan!

Baca Juga: Bikin Diary-mu Kece, Kepoin 7 Akun Instagram Journaling Ini!

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya