Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumah

Hemat dan kreatif dalam mempercantik rumah

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekoruma

Unsur dekoratif di rumah adalah hal penting, tapi kadang terlupakan atau sengaja diabaikan. Salah satu alasan yang paling umum adalah biaya yang mahal untuk membeli dekorasi-dekorasi yang apik dan cocok untuk rumah. Membeli dekorasi untuk rumah memang bisa tidak ramah di kantong, maka dari itu alternatifnya kamu bisa membuat sendiri dekorasi rumah. 

Barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa disulap menjadi ornamen yang cantik untuk dipajang. Barang-barang ini juga bisa datang dari mana saja. Produk elektronik tidak terpakai, baju atau kain yang sudah lama tidak digunakan, atau peralatan masak. 

Banyak alat-alat masak yang tidak kamu sangka bisa diubah menjadi dekorasi. Dengan cara yang benar, barang-barang sederhana bisa membuat suasana rumah semakin indah dan menyenangkan. 

Untuk tahu apa saja barang-barang yang bisa diubah menjadi dekorasi dan bagaimana cara mentransformasinya, Dekoruma punya enam cara mengubah alat masak lama yang sudah tidak terpakai menjadi dekorasi yang bagus dan berfungsi. 

1. Gantung barang-barang dengan tutup panci

Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumahtheownerbuildernetwork.co

Daripada dibuang, tutup panci yang sudah usang bisa dialihfungsikan menjadi gantungan untuk perlengkapan dapur lainnya. Kaitkan tutup panci di papan kayu yang menjadi dasar untuk ditempelkan di dinding. Pada tahap ini, kamu bisa berkreasi dengan bebas, baik membiarkan warna dasar tutup panci atau mewarnainya dengan warna lain. 

Jika sudah jadi, gantungkan segala jenis barang di ujung pengangkat tutup panci. Celemek, lap piring, atau lap tangan bisa digantung di situ. Bukan hanya di dapur, desain ini bisa diletakkan hampir di semua ruangan untuk menggantung dekorasi lain atau barang-barang yang ada di ruangan tempatnya diletakkan. 

2. Sendok sup sebagai wadah lilin

Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumahdesignintuition.co

Sendok sup yang sudah berkarat dan tidak dipakai lagi bisa diubah menjadi wadah lilin aromaterapi. Kalau kamu ingin mempertahankan tampilan vintage dan alami dari warna stainless steel bernoda, langsung gantung saja sendok sup dan taruh lilin favoritmu di sana. 

Alternatif lain adalah mewarnai sendok-sendok sup tersebut untuk tampilan yang lebih baru dan modern. Kamu juga bisa cocokan dengan berbagai warna dari lilin aroma milikmu. 

3. Membuat ruangan terang dengan parutan

Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumahkluchit.com

Merasa lampu gantung yang ada di pasaran bermodel gitu-gitu aja? Coba buat sendiri dengan menggunakan parutan. Tidak ada batasan untuk jumlah parutan. Kalau sudah terkumpul, sambungkan dengan kabel untuk memasang bohlam di dalam parutan-parutan tersebut. Kemudian, pasangkan ke pondasi yang akan dipakai untuk digantung. 

Untuk suasana yang lebih hangat, gunakan lampu berwarna kuning dan fondasi menggunakan kayu. Jika ingin lebih kontemporer, pondasi bisa diganti dengan yang berbahan plastik atau besi. 

Baca Juga: 10 DIY Wall Sticker untuk Kamar Kos, Modal Selotip Saja

4. Tanam tanaman favorit dengan sangku nasi

Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumahhomesteadbrooklyn.com

Sulap sangku nasi yang tidak terpakai menjadi wadah untuk menanam tanaman yang kamu idam-idamkan. Kamu hampir tidak perlu melakukan aktivitas yang rumit karena kamu hanya perlu memasukkan tanah ke dalam sangku nasi, letakkan bibit tanaman yang kamu pilih, dan rawat dengan baik. Pot sangku nasi juga tidak hanya bisa diletakkan di dalam rumah, tapi juga di luar rumah. 

5. Buat sendiri jam dinding pakai penggorengan

Daripada Dibuang, Sulap Alat Masak Lama Jadi 5 Dekorasi Rumahvinterior.co

Penggorengan yang sudah penuh goresan sudah seharusnya diganti untuk keamanan dan kesehatan makanan. Namun, alih-alih membuang penggorengan lama, kamu bisa sulap penggorengan jadi jam dinding cantik. Gunakan bagian bawah dari penggorengan, beri warna, dan lukis.

Mesin jam bisa diletakkan di bagian atas atau wadah yang menjadi tempat memasak makanan. Kemudian, sambungkan dengan jarum yang gayanya disesuaikan dengan kreasimu. 

Daripada jadi sampah, lebih baik alat-alat masak yang enggak terpakai lagi diubah jadi dekorasi yang berguna, ‘kan? Selain cara-cara yang direkomendasikan, kamu juga bisa berkreasi sendiri dengan alat-alat lainnya. Tidak ada batas dalam berkreasi untuk membuat dekorasi rumah sendiri!

Baca Juga: 10 DIY Hiasan Dinding dari Embroidery Hoop, Anak Kos Wajib Coba!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You