Comscore Tracker

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedap

Trik favorit kamu yang mana, nih?

Wadah plastik kerap digunakan untuk beragam keperluan. Misalnya, menyimpan makanan. Sayangnya, beberapa makanan kadang malah meninggalkan noda menguning yang cenderung sulit dihilangkan. Tak hanya itu, aromanya pun tak sedap.

Eits, jangan panik, coba saja trik berikut untuk mengatasinya!

1. Perasan lemon dan sinar matahari

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedaphuffpost.com

Peras lemon, kemudian gosokkan ke wadah plastik yang diinginkan. Selanjutnya, jemur wadah plastik tersebut selama 1-2 dua hari di bawah sinar matahari.

Usut punya usut, kombinasi antara kandungan asam pada lemon dan sinar matahari ternyata ampuh untuk menghilangkan noda membandel, bahkan membunuh bakteri yang menempel pada wadah plastik.

2. Pasta baking soda

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedapthebestfacialproducts.com

Buatlah pasta baking soda melalui campuran baking soda dan sedikit air. Kemudian, gosokkan pasta tersebut pada bagian yang bernoda hingga bersih.

Nah, jika ingin menghilangkan bau tak sedap, cukup taburkan saja baking soda pada wadah plastik, lalu tutup rapat, dan biarkan semalaman. Selanjutnya, buanglah baking soda tersebut dan cuci wadah plastik hingga bersih.

3. Koran

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedapboingboing.net

Kandungan karbon dalam koran ternyata efektif untuk menyerap aroma tak sedap pada wadah plastik, lho. Cucilah wadah plastik beserta tutupnya dengan sabun, lalu keringkan.

Setelah itu, masukkanlah koran yang sudah diremukkan ke dalam wadah platik tersebut, kemudian tutup wadah dengan rapat dan biarkan selama 2-3 hari. 

4. Sabun cuci piring cair dan spons non-abrasif

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedaptime.com

Praktisnya, cucilah wadah plastik dengan sabun cuci piring cair dan spons non-abrasif. Nah, sabun cuci piring cair tersebut berfungsi menghilangkan lemak sisa makanan yang merupakan penyebab bau tak sedap dalam wadah plastik, dan spons non-abrasif akan membantu menyerap sisa-sisa aroma yang masih tertinggal.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabric

5. Air hangat

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedapsnapguide.com

Rendam wadah plastik menggunakan air hangat untuk membantu meluruhkan lemak dan noda, serta mengurangi bau menyengat. Kemudian, gosoklah wadah plastik dengan sikat gigi atau spons sabun cuci piring. Lakukan hingga lemak atau noda tersebut hilang, lalu bilas dengan air bersih.

6. Pemutih

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedapwonderopolis.org

Campurkan satu sendok makan pemutih (bleaching) dengan satu gelas air, lalu rendamlah wadah plastik yang terkena noda selama 2 jam. Selanjutnya, cucilah wadah plastik tersebut dengan air bersih dan keringkan.

7. Kain dan garam

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedapnews.yale.edu

Lumuri kain dengan garam, lalu gosokkan kain tersebut pada wadah plastik yang diinginkan. Lanjutkan dengan menggosoknya kembali dengan air hangat. Lakukanlah dengan berulang hingga noda menghilang.

8. Cuka putih

8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedappakaroti.com

Campurkanlah satu sendok cuka ke dalam segelas air, lalu rendam wadah plastik selama 1-2 jam. Tunggulah hingga noda menghilang, kemudian cuci wadah plastik tersebut hingga bersih. Usut punya usut, cuka putih ternyata efektif untuk menghilangkan noda membandel serta membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada wadah plastik, lho.

Kalau kamu lebih suka pakai cara yang mana, guys?

Baca Juga: Arti 7 Kode Daur Ulang pada Kemasan Plastik, Kamu Sudah Hafal Belum?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya