Comscore Tracker

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen Putih

#SuperWhiteCement Lebih harmonis kalau dibuat bareng orang tersayang

Hari Raya Idul Fitri identik dengan libur panjang maupun berkumpul hangat dengan keluarga. Biasanya, momen seperti ini juga digunakan untuk memperbarui tatanan rumah supaya memiliki nuansa yang anyar pula. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana rumah adalah dengan membangun kolam ikan.

Namun, kolam ikan ini bukan kolam ikan yang besar, mahal nan mewah. Kolam ikan ini adalah kolam ikan mini sederhana yang bisa dikerjakan bersama-sama keluarga tercinta.

Selain bisa memupuk rasa kebersamaan, keluarga juga bisa membina kekompakan sehingga menjadi keluarga yang kokoh tak tertandingi. Karena dikerjakan bersama-sama, maka seluruh anggota keluarga pun bisa menyumbang hasil kreasi semen putih do it yourself (DIY) mereka masing-masing.

1. Semen Gresik Super White Cement

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen Putihbisniskokoh.com

Untuk mendapatkan hasil bangun yang berkualitas, pastikan untuk menggunakan produk semen putih Super White Cement dari Semen Gresik. Pasalnya, Super White Cement telah memenuhi standar ISO 9001 tentang sistem manajemen mutu.

Selain itu, Super White Cement telah melalui kontrol kualitas dengan teknologi x-ray fluorescence (XRF) maupun X-Ray Diffraction (XRD). Hal-hal tersebut membuat Super White Cement memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dari produk semen putih lain yang ada di pasaran.

Tak perlu bingung mencari produk unggulan Semen Gresik ini. Dengan jaringan distribusi yang kuat, Super White Cement telah tersedia di 23.293 toko yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan.

2. Ukuran dan tata letak

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen PutihFlickr.com/Gabriel Serafini

Kolam ikan ini bisa dibangun di dalam maupun di luar rumah. Pasalnya, pekerjaan ini tak memerlukan ruang yang terlampau lapang untuk dikerjakan. Karena mini, luas 1 x 1 meter persegi sudah cukup memadai.

Disarankan untuk dibangun di sudut halaman atau di sudut ruangan sehingga kabel-kabel yang nantinya terpasang pada pompa air tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah.

3. Ayah mengerjakan kolam

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen PutihFlickr.com/metanoia_cw

Ayah, tentu saja harus menanggung pekerjaan paling berat. Ayah bisa memulainya dengan mencangkul tanah dengan luas 1 x 1 meter persegi dengan kedalaman minimal 25 cm. Kemudian, ayah harus melapisi dasar kolam dengan plastik, terpal atau bahan lain yang tak tembus air. Sekaligus menjepit plastik atau terpal, dibangun bantaran kolam setinggi 10 cm saja, cukup menggunakan semen putih.

Kalau dibangun di dalam rumah, ayah perlu membangun pinggiran atau bantaran kolam setinggi minimal 25 cm dengan semen putih. Dasar kolam tetap menggunakan tekel rumah.

Setelah bentuk kasar kolam selesai, saatnya membuat gunung tepat di tengah kolam yang menjulang dari dasar kolam hingga ke atas permukaan air menggunakan Super White Cement. Pipa atau selang saluran air ditempatkan di dalam perut gunung hingga muncul sedikit di puncaknya. Jadi, ketika pompa air dinyalakan, air akan menyembur dari puncak seolah-olah gunung itu meletus memuntahkan lava.

Setelah membentuk gunung, ayah melanjutkannya dengan memoles seluruh permukaan kolam sekaligus membentuk bagian bantaran dan dinding latar belakang kolam dengan bentuk-bentuk yang diinginkan menggunakan Super White Cement. Sebagai contoh adalah bentuk potongan pohon atau mural sederhana.

4. Ibu membuat pot tanaman

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen PutihPexel/rawpixel.com

Selama ayah sibuk mengerjakan tugasnya, ibu mendapat tugas untuk membuat pot tanaman dalam berbagai bentuk dan ukuran menggunakan semen putih. Pot-pot ini nantinya akan diisi dengan tanaman hias sesuai selera, contohnya adalah bonsai.

Bonsai maupun tanaman hias lain yang ditanam di pot-pot cantik ibu ini sedianya akan diletakkan baik di sekeliling kolam maupun digantung di dinding latar belakang.

5. Kakak dan adik membuat bangun ruang kreatif

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen PutihFlickr.com/*omnia*

Sementara kakak dan adik bisa diberi tanggungjawab untuk membuat item-item pendukung ringan sesuai seleranya. Misalnya saja membuat bangun-bangun ruang kreatif dalam berbagai ukuran menggunakan semen putih. Setelah itu, anak-anak mewarnai bangun ruang kreatif yang mereka buat dengan cat warna-warni.

Sama dengan pot kreasi ibu, bangun ruang karya kakak dan adik menggunakan semen putih ini nantinya akan diletakkan di dalam dan sekeliling kolam.

6. Menyatukan hasil kreasi

Yuk! Bikin Kolam Ikan Mungil nan Cantik dari Semen PutihFlickr.com/scrapkat1

Setelah kolam, pot dan bangun ruang kreatif semuanya selesai, maka waktunya untuk menyatukan semuanya. Kolam ayah yang sudah siap dengan teratai dan ikan-ikan hias, dikelilingi oleh pot-pot cantik ibu serta bangun ruang kreatif karya kakak dan adik.

Nah, sudah jadi kolam ikan mungil nan cantik kebanggan karya keluarga kokoh yang siap dipamerkan saat momen istimewa berkumpul hangat bersama keluarga besar.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You