Comscore Tracker

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepala

Rasakan khasiatnya, ampuh banget!

Rambut merupakan aset penting bagi pria maupun wanita. Aktivitas seperti mewarnai rambut, mencatok, mengikat rambut dalam waktu lama, bekerja dalam ruangan ber-ac, dan aktivitas lain yang menimbulkan keringat berlebih dapat merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala gatal.

Tidak hanya itu, sikap coba-coba pada merek perawatan rambut juga berisiko fatal apabila tidak cocok dengan karakteristik rambut dan kulit kepala. Kalau sudah gak sehat kamu pasti akan terganggu dan merasa tidak nyaman. Berikut 6 bahan alami yang aman untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala.

1. Kemiri

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepalayoutube.com

Kemiri dapat digunakan untuk melembapkan rambut, menumbuhkan rambut lebih cepat, membuat rambut hitam dan berkilau. Untuk pengaplikasiannya pada rambut, kemiri harus diproses dengan beberapa tahap. Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa membelinya di toko ramuan tradisional atau toko lainnya. Beginilah proses mudah pembuatan minyak kemiri yang bisa kamu praktikkan di rumah.

  1. Siapkan kemiri yang sudah terlepas dari cangkangnya
  2. Sangrai kemiri hingga mencoklat atau matang
  3. Haluskan kemiri atau ulek pada cobek hingga mengeluarkan minyak
  4. Jangan buang ampas kemiri, lalu masukkan wadah
  5. Boleh ditambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun
  6. Minyak kemiri siap digunakan
  7. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
  8. Pijat-pijat agar minyak dapat meresap sempurna, lalu diamkan 30 menit - 1 jam
  9. Cuci rambut hingga bersih
  10. Gunakan tiga kali dalam satu minggu

2. Lidah buaya

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepalaapothecuryous.com

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat memperkuat akar rambut dan menyegarkan kulit kepala. Untuk saran penggunaannya, ambil lidah buaya disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Cuci dengan air bersih lalu hilangkan durinya. Potong menjadi beberapa bagian dan kupas kulit pada salah satu bagian. Cabik-cabik badannya hingga mengeluarkan air. Oleskan lidah buaya mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Pijat agar meresap lalu diamkan. Dan yang terakhir, cuci rambut hingga bersih.

3. Seledri

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepalathekitchn.com

Selain untuk menyedapkan masakan, seledri juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. Manfaat seledri antara lain untuk menyuburkan rambut, mengurangi kerontokan, dan menghilangkan ketombe. Cara pembuatannya cukup mudah.

  1. Ambil seledri sesuai kebutuhan
  2. Cuci hingga bersih lalu potong kecil-kecil
  3. Campurkan putih telur atau madu 
  4. Tambah sedikit air dan aduk hingga merata
  5. Oles pada rambut dan kulit kepala, diamkan 1 jam
  6. Cuci rambut hingga bersih

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Dapatkan Rambut Sehat Berkilau, Sudah Melakukannya? 

4. Teh basi

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepalacouponing101.com

Teh basi atau teh yang dibiarkan satu sampai dua malam ternyata juga memiliki manfaat untuk rambut loh! Manfaatnya yaitu mengurangi minyak berlebih, merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Cara penggunaannya cukup mudah dengan mengoleskan teh basi pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Ampas teh yang masih tersisa juga dibalurkan menyeluruh pada batang rambut. Diamkan 30 menit - 1 jam lalu cuci rambut hingga bersih.

5. Minyak kelapa

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepalastylecraze.com

Minyak kelapa dapat mencegah rambut kusut, menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, mengkilaukan rambut dan mencegah ketombe. Bahan ini bisa kamu beli di pasar tradisional atau toko lainnya. Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama letakkan minyak kelapa sesuai kebutuhan dalam suatu wadah. Siapkan air hangat dan letakkan wadah itu di dalamnya, tunggu hingga minyak meleleh. Oleskan minyak pada kulit kepala dan rambut, lalu sisir. Diamkan selama 30 menit lalu cuci hingga bersih.

6. Minyak zaitun

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit KepalaSteve Buissinne dari Pixabay" target="_blank">Pixabay/SteveBuissinne

Minyak zaitun mengandung vitamin dan protein yang dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut. Selain itu, minyak zaitun juga berguna untuk menghaluskan dan mengurangi rambut bercabang. Cara penggunaannya yaitu oleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala. Pijat hingga merata lalu diamkan selama 30 menit. Untuk masalah rambut bercabang, bisa dioleskan pada ujung rambut yang bercabang saja. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih.

Itulah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut dan kulit kepala. Gunakan secara rutin sesuai kebutuhan rambut untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Merawat Rambut, lho!

Rania Erin Oktiara Photo Writer Rania Erin Oktiara

Enjoy it! And have fun!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya