Comscore Tracker

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!

Kamu gak perlu lagi bayar mahal

Sekarang lagi zaman punya warna rambut yang nyeleneh. Nggak hanya cewek aja, cowok pun gak jarang ngecat rambut dengan warna nyentrik seperti hijau, biru, atau abu-abu. Nah buat kamu yang mau rambut bagus tapi takut mahal ke salon, tenang dulu. Kamu pun bisa melakukannya sendiri di rumah dan caranya gak ribet!

Ini bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

1. Obat bleaching

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!omlazeni.cz

Kalau kamu mau warna terang dan menyala, biasanya rambut kamu perlu di-bleaching terlebih dahulu agar warnanya bisa masuk. Selalu tanyakan pada penjual pewarna rambut kamu, perlu di-bleaching atau tidak, dan bila perlu, berapa kali bleaching. Bila rambut kamu masih perawan (baca: belum pernah disemir sebelumnya), biasanya proses bleaching perlu dilakukan beberapa kali, jadi siapkan secukupnya ya.

2. Oksidan

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!yankeecontainers.com

Krim oksidan digunakan untuk campuran obat bleaching yang berbentuk bubuk. Selain itu, krim ini juga diperlukan untuk campuran beberapa pewarna rambut (ada beberapa pewarna rambut yang tidak membutuhkan campuran oksidan). Kadarnya biasanya 3-12 persen. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin terang warna yang kamu dapat. Pokoknya, tanya sebanyak-banyaknya deh ke penjual obat bleaching dan pewarna rambut kamu.

3. Pewarna rambut

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!indcandescentduality.com

Pewarna rambut ada yang permanen dan semi-permanen. Kini banyak yang memilih yang semi-permanen seperti Manic Panic dan Directions, karena penggunaannya praktis (tidak perlu campuran apapun, langsung oles ke rambut) dan dapat berganti-ganti warna rambut dengan lebih cepat. Tanyakan dulu ke penjual, apa pewarna rambut kamu memerlukan oksidan. Bila iya, siapkan oksidan lebih.

4. Mangkok

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!georgiagardengirl.com

Siapkan mangkok untuk mencampur obat bleaching dengan oksidan, serta satu lagi jika pewarna rambut perlu dicampur dengan oksidan.

5. Sisir salon yang dilengkapi kuas

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!pusatkosmetik.com

Daripada pakai kuas cat tembok, pakai yang praktis dong langsung ada sisirnya. Jadi gampang untuk mengatur rambut kamu saat mengaplikasikan bleaching maupun pewarna rambut.

6. Sarung tangan

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!huffingtonpost.co.uk

Untuk menghindarkan kulitmu dari iritasi dan warna-warna yang tidak diinginkan, siapkan sarung tangan.

7. Shower cap

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!aliexpress.com

Gunakan shower cap yang bersifat sekali pakai saja, yaitu yang berupa plastik tipis. Kamu gak mau kan shower cap kesayanganmu jadi berwarna tidak jelas karena sering kamu pakai menyemir rambut?

8. Handuk hitam atau berwarna gelap, berukuran kecil dan besar

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!rodebath.com

Handuk yang kecil diperlukan untuk melingkari daerah bahu kamu saat mengaplikasikan obat bleaching maupun pewarna rambut dalam rangka mencegah tetesan-tetesan yang tidak diinginkan. Sedangkan handuk besar digunakan untuk mengeringkan rambut kamu setelah terkena pewarna rambut. Berwarna gelap agar tidak terkena lunturan warna rambut baru kamu, setidaknya sampai beberapa hari ke depan.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ampas Kopi Ternyata Punya 9 Manfaat Ajaib Ini!

Baca juga: Trik Mudah Menghilangkan Plak Gigi dengan Bahan Alami & Murah Meriah!

 

9. Hairdryer

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!greenandtidy.wordpress.com

Sudah jelas kan, fungsinya.

10. Koran bila perlu

Mudah & Murah, Mewarnai Rambut Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah Lho!detiklgminews.com

Takut lantai indah di rumahmu terkena warna-warna cantik yang tidak diinginkan? Gunakan koran sebagai alas di sekitar tempat kamu menyemir rambut.

Nah sekarang, cara mengaplikasikannya.

Cara bleaching:

1. Pastikan rambut kamu sudah keramas dan sudah kering ya. Akan lebih baik jika rambut kamu dalam keadaan yang sehat, karena proses bleaching akan cukup merusak rambut kamu.
2. Campurkan bubuk bleaching dan krim oksidan di mangkok dengan takarannya 1:2 (krim yang lebih banyak). Aduk dengan kuas sisir hingga menjadi cairan yang sedikit kental. Dicoba dulu sedikit, kalau sekiranya sudah cukup untuk bagian rambut yang ingin kamu semir, lanjut ke langkah selanjutnya.
3. Pakai sarung tangan dan pasangkan handuk kecil di bahu.
4. Oleskan campuran pada bagian rambut yang ingin kamu semir. Kalau kamu ingin menyemir bagian tertentu saja, kamu bisa menggunakan penjepit rambut sebagai pembatas. Jangan lupa oleskan secara merata, sisi depan dan belakang, kiri dan kanan, atas dan bawah!
5. Jika sudah teroleskan secara merata, tutup rambut dengan shower cap, diamkan selama 15-20 menit. Jangan terlalu lama, karena rambut bisa cepat kusut dan rusak.
6. Setelah itu, copot shower cap kamu dan keramaslah dengan shampo.
7. Keringkan dengan hairdryer.
8. Lihatlah, apabila warna sudah cukup terang untuk dimasuki pewarna rambut*, maka lanjutkan ke proses mewarnai rambut. Apabila belum, ulangi proses di atas dari awal.

*Tips: kamu bisa mencoba dulu dengan test strand, yaitu dengan mewarnai beberapa helai rambut kamu saja. Dari situ, kamu bisa melihat apakah proses bleaching kamu sudah cukup.

Cara mewarnai rambut sebenarnya hampir sama dengan proses bleaching:

1. Pastikan rambut kamu sudah keramas dan sudah kering.
2. Apabila kamu memakai pewarna rambut yang memerlukan oksidan, campurkan pewarna rambut dan krim oksidan di mangkok dengan takaran 1:1. Aduk dengan kuas sisir hingga menjadi cairan yang sedikit kental. Dicoba dulu sedikit, kalau sekiranya sudah cukup untuk bagian rambut yang ingin kamu semir, lanjut ke langkah selanjutnya.
3. Jangan lupa pakai kembali sarung tangan dan handuk kecil di bahu.
4. Oleskan campuran pada bagian rambut yang ingin kamu semir secara merata.
5. Jika sudah teroleskan secara merata, tutup rambut dengan shower cap, diamkan selama minimal 30 menit. Apabila kamu ingin hasil yang lebih intense, kamu bisa menunggu lebih lama.
6. Setelah itu, copot shower cap kamu dan keramaslah dengan shampo. Untuk pewarnaan dengan Manic Panic atau Directions, tidak perlu menggunakan shampo.
7. Keringkan dengan hairdryer.
8. Selesai!

Jangan keramas minimal selama tiga hari ke depan, hindari aktivitas yang terlalu berkeringat. Alasi bantal dan kursi kerja kamu dengan kain atau kaos hitam agar tidak terkontaminasi warna rambut kamu yang masih baru. Selamat mencoba!

 

Topic:

  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya