Comscore Tracker

Yuk, Bikin Sendiri 6 Hair & Skin Care Lidah Buaya Ini di Rumah

Rambut lembut, kulit mulus...

Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya yang belakangan ini semakin viral adalah menjadikan kulit mulus dan glowing berkat kandungan air, mineral, vitamin, dan senyawa aktif di dalam lidah buaya sehingga tidak heran jika saat ini banyak produk perawatan rambut dan kecantikan, khususnya skin care memanfaatkan ekstrak atau gel lidah buaya sebagai salah satu bahan utamanya.

Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya kamu juga bisa membuat sendiri berbagai DIY hair dan skin care berbahan lidah buaya di rumah. Dibandingkan dengan produk kecantikan dan perawatan rambut yang biasa kamu beli, tentunya hasil DIY ini lebih alami karena tidak mengandung bahan kimia.

Yuk, simak DIY perawatan rambut dan kulit apa saja yang bisa dibuat menggunakan lidah buaya serta bagaimana cara membuatnya.

1. Aloe Vera Hair Spray

Daripada sibuk mencari referensi produk perawatan rambut yang bisa menyulap rambutmu menjadi lebih lembut dalam sekali pakai, lebih baik sekarang siapkan lidah buaya (secukupnya). Kamu bisa membuat sendiri hair spray yang akan membantumu mendapatkan rambut yang lebih lembut. DIY aloe vera hair spray ini juga bisa membantu membuat rambut tetap lembab seharian. Bermanfaat banget, kan buat kamu yang selama ini mengeluhkan masalah rambut kering.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat DIY aloe vera hair spray ini tidak lain adalah lidah buaya. Ya, kamu hanya membutuhkan lidah buaya (secukupnya), air, sendok, pisau, mangkuk/gelas, blender, dan botol spray.

Cara membuatnya juga sangat mudah lho, yaitu:

  1. Bersihkan duri yang ada pada daun lidah buaya, kupas kulitnya, kemudian ambil daging lidah buaya menggunakan sendok yang sudah kamu siapkan.
  2. Setelah daging lidah buaya kamu kumpulkan di dalam mangkuk/gelas, kamu harus memblendernya dengan air sampai teksturnya tidak terlalu kental.
  3. Diamkan beberapa saat sampai seluruh busa hilang.
  4. Saring dan masukkan ekstrak lidah buaya ke dalam botol spray.
  5. Aloe vera hair spray siap digunakan.

2. Aloe Vera Gel

Tertarik untuk membeli aloe vera gel? Kenapa kamu tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? 

Sebelum membuat DIY aloe vera gel, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan seperti:

  1. Lidah buaya (secukupnya).
  2. Juicer atau blender.
  3. Mangkuk sebagai wadah gel lidah buaya.
  4. Pisau.
  5. Jar untuk menyimpan DIY aloe vera gel.

Setelah semua alat dan bahan kamu siapkan, pastikan kamu sudah mencuci lidah buaya yang akan digunakan dan ikuti langkah selanjutnya seperti di bawah ini:

  1. Potong bagian gerigi atau duri lidah buaya.
  2. Pisahkan bagian daging dan kulit lidah buaya.
  3. Setelah daging lidah buaya terkumpul sesuai keinginanmu, masukkan ke dalam juicer atau blender.
  4. Jika kamu menggunakan blender, saring terlebih dahulu untuk memisahkan ampas (daging lidah buaya) dengan gel lidah buaya. Lewati langkah ini jika kamu menggunakan juicer.
  5. Simpan aloe vera gel ke dalam jar dan diamkan selama 1 minggu sebelum digunakan.

Meskipun alami, jika setelah 1 minggu gel mengeluarkan bau menyengat atau terlihat tidak layak digunakan, lebih baik dibuang dan buat yang baru. Namun, jika kondisinya tetap segar, kamu bisa segera menggunakannya sebagai pelembab maupun masker wajah.

3. Eyebrow Gel

Kamu pernah menggunakan pensil alis dalam bentuk gel atau eyebrow gel? Ya, eyebrow gel ini bisa membantu alismu tetap tertata dengan rapi dalam berbagai kondisi. Sayangnya, eyebrow gel dari sejumlah merek ternama dijual dengan harga yang tidak murah. Nah, supaya lebih hemat sekarang saatnya kamu membuatnya sendiri di rumah menggunakan lidah buaya.

Bahan dan alat yang kamu perlukan cukup simple kok, yaitu lidah buaya dan kuas maskara. Sedangkan cara menggunakannya adalah:

  1. Cuci bersih lidah buaya, ambil satu potongan kecil sepanjang kurang lebih 1 cm.
  2. Lekatkan gel lidah buaya ke permukaan kuas maskara dan sapukan perlahan pada alis.

Kamu juga bisa membuatnya menjadi aloe vera gel terlebih dahulu dan campurkan dengan pewarna makanan seperti hitam atau coklat.

4. Masker Wajah

Kamu juga bisa menyulap lidah buaya menjadi DIY masker wajah lho. Selain lidah buaya, kamu juga bisa menambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Bukan hanya bermanfaat untuk mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan kulit, campuran tiga bahan ini juga bisa membantu mengatasi jerawat.

Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu:

  1. Ambil daging lidah buaya (secukupnya), lalu haluskan menggunakan blender.
  2. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu.
  3. Aduk hingga merata dan masker siap digunakan.

Untuk menggunakannya kamu bisa langsung mengoleskan masker ke permukaan wajahmu secara merata. Tunggu selama kurang lebih 10 menit supaya kandungan masker meresap ke dalam kulit, lalu bilas menggunakan air bersih.

5. Face Mist & Toner

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai face mist sekaligus toner. Tapi, untuk membuatnya kamu juga membutuhkan tiga bahan tambahan, yakni perasan jeruk nipis, ekstrak mentimun, dan air mawar.

Untuk membuat face mist sekaligus toner lidah buaya, ikuti petunjuk yang ada di bawah ini:

  1. Siapkan gel lidah buaya dan ekstrak mentimun (blender mentimun lalu buang ampasnya).
  2. Campurkan air ekstrak mentimun dengan gel lidah buaya.
  3. Tambahkan perasan jeruk nipis dan air mawar. Aduk merata.
  4. Masukkan campuran gel lidah buaya, ekstrak mentimun, perasan jeruk nipis, dan air mawar dalam botol spray.
  5. Gunakan kapas untuk mengoleskan toner ke wajah.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai face mist, pastikan teksturnya tidak terlalu kental sehingga lebih mudah untuk disemprotkan ke wajah.

6. Aloe Vera Body Scrub

Tentunya kamu sudah tahu bukan jika body scrub membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih lembut dan sehat? Nah, sekarang siapkan setengah mangkuk lidah buaya, satu mangkuk gula, dan dua sendok makan air perasan jeruk nipis untuk membuat DIY aloe vera body scrub.

Membuat DIY aloe vera body scrub ini sangat mudah lho. Kamu hanya perlu mencampur semua bahan yang sudah disiapkan dan aduk hingga merata. Kemudian, aplikasikan sebagai scrub ke seluruh tubuhmu selama kurang lebih 10 menit. Gunakan 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dia DIY hair & skin care menggunakan lidah buaya yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu sudah pernah coba?

Reksita Galuh Wardani Photo Verified Writer Reksita Galuh Wardani

Menulis adalah bekerja dalam keabadian - Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You